Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2023, 07:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak peduli seberapa hati-hatinya Anda dalam mencuci pakaian, bisa dikatakan bahwa pada akhirnya akan mengalami masalah warna pakaian memudar. 

Pakaian yang sangat sering dicuci lebih rentan terhadap pemudaran warna. Mengembalikan tampilan asli pakaian favorit Anda dapat dilakukan dengan beberapa metode. Namun, biasanya lebih efektif mencegah masalah ini sejak awal. 

Baca juga: Cara Menggunakan Cuka untuk Mencegah Warna Pakaian Memudar

Untungnya, warna pakaian yang pudar lebih mudah diperbaiki dari masalah pakaian yang lain seperti kain melar. Inilah sebabnya disarankan melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk meminimalkan risiko warna pakaian memudar

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (4/4/2023), berikut cara mengembalikan warna pakaian yang pudar

Gunakan cuka

Ilustrasi cuka, cuka putih.SHUTTERSTOCK/FOCAL POINT Ilustrasi cuka, cuka putih.
Cuka adalah metode yang dapat diandalkan jika warna pakaian yang pudar disebabkan  penumpukan detergen yang berlebihan.

Caranya, tambahkan sekitar 118 mililiter cuka putih ke dalam mesin cuci. Disarankan menambahkannya ke dalam cucian langsung ke drum mesin cuci, tetapi juga dapat menuangkannya ke dispenser untuk pelembut kain.

Pakaian pudar yang Anda rencanakan untuk diberi cuka harus dicuci dengan air dingin. Tidak perlu memilih siklus khusus, kecuali jika Anda mencuci kain halus seperti sutra.

Pencucian biasa dengan cuka juga bisa digunakan. Jangan khawatir tentang bau yang tertinggal karena cuka akan dibersihkan sepenuhnya oleh mesin cuci.  

Baca juga: Ini Durasi Waktu yang Dibutuhkan Mesin Cuci untuk Mencuci Pakaian

Garam 

Sama dengan metode cuka, garam juga dapat bekerja baik untuk menghilangkan penumpukan detergen yang menyebabkan warna pakaian memudar. 

Cukup cuci pakaian yang pudar dengan sekitar 118 mililiter garam yang ditambahkan langsung ke dalam drum.

Pastikan menggunakan garam meja standar atau jenis garam halus lainnya. Sebab, garam kasar mungkin tidak dapat larut sepenuhnya.

Garam memiliki kemampuan menghancurkan penumpukan detergen dan membuat warna pakaian menjadi lebih cerah. Dalam beberapa kasus, garam dapat membantu menghilangkan noda yang mengganggu.

Jika Anda sering mengalami masalah warna pakaian memudar setelah mencuci pakaian, sebaiknya mempertimbangkan beralih ke detergen cair. Detergen cair tidak akan meninggalkan banyak residu dibanding detergen bubuk. 

Baca juga: Hindari 9 Kesalahan Mencuci Pakaian Putih Ini, Bikin Kusam dan Rusak

Mewarnai pakaian

Ilustrasi mencuci pakaian dalam dengan tangan, mencuci bra. SHUTTERSTOCK/AMORNRACH CHAIYACHAT Ilustrasi mencuci pakaian dalam dengan tangan, mencuci bra.
Selanjutnya, cara mengembalikan warna pakaian yang pudar adalah mewarna pakaian. Pewarnaan ini direkomendasikan untuk pakaian yang warnanya telah memudar karena pemakaian biasa.

Meski merupakan solusi bagus, metode ini hanya berfungsi untuk pakaian yang terbuat dari kain yang dapat diwarnai. Selain itu, hasilnya dapat bervariasi, tergantung pada kualitas kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com