Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Sembilan Tahun, Rumah Tangga Anang dan Ashanty Hampir Gagal Dua Kali

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG
Penyanyi Ashanty didampingi suaminya, Anang Hermansyah di Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu (31/7/2019).
|
Editor: Novianti Setuningsih

JAKARTA, KOMPAS.com - Selalu terlihat romantis dan jauh dari gosip miring, ternyata rumah tangga Anang Hermansyah dan Ashanty sempat berada di ujung kehancuran.

Ujian menerpa pasangan musisi dan penyanyi ini di awal pernikahan. Bahkan, Ashanty sempat berpikir untuk mengakhiri pernikahannya dengan Anang Hermansyah.

Seperti apa kisahnya, berikut rangkuman Kompas.com.

Baca juga: Ternyata Ashanty Sempat Ingin Cerai dari Anang Hermansyah, Kenapa?

1. Tinggal di ruko dan sering cekcok di tahun pertama pernikahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau pasangan lain masih menikmati indahnya bersama di tahun pertama pernikahan, tidak demikian dengan Ashanty. Penyanyi 35 tahun ini justru menghadapi ujian besar di tahun pertama pernikahan.

Ujian tersebut bahkan hampir membuatnya menyerah menjalani rumah tangga bersama Anang Hermansyah.

"Setahun pertama. Namanya dulu enggak pernah tinggal bareng, terus tinggal bareng, banyaklah cekcok. Itu kan tinggal di ruko setahun, keguguran gara-gara naik turun tangga," kenang Ashanty dalam tayangan YouTube Okay Bos seperti dikutip Kompas.com, Selasa (5/11/2019).

Ashanty kemudian mengatakan bahwa cobaan di tahun pertama itu yang kemudian membuatnya mengucap keinginan untuk berpisah.

"Stres mungkin ya. Jadi, itu pertama kali memutuskan, "udah kita kayaknya cerai aja"," kata Ashanty.

Baca juga: Alasan Ashanty Mau Menikah dengan Anang

2. Membangun pondasi kuat

Dalam pandangan Anang Hermansyah, cobaan dalam kehidupan berumah tangga bisa datang dari segala arah.

Apabila tak memiliki akar yang kuat, maka rumah tangga tersebut akan mudah goyah dan roboh. Akibatnya, mudah bagi orang untuk mengucap kata perceraian.

"Cobaan di mana-sama saja, laki-perempuan sama saja, yang penting dalam menghadapi masalah, sebesar apapun, kita harus tetap punya komunikasi yang baik," ucap Anang.

Tetapi, yang terpenting bagi Anang adalah dalam menghadapi cobaan, cintalah yang harus menang. Bahkan, dibalik kata perceraian, masih ada rasa cinta yang tersembunyi di dalamnya.

"Karena saat punya cobaan besar, pasti kita terucap, kalau anak muda, gampangnya "ya sudah cerai, (ya sudah) putus", gampang banget. Tapi sebetulnya, dibalik kata-kata itu sebetulnya ada cinta," kata Anang Hermansyah.

Baca juga: Anang Hermansyah: Saat Ada Cobaan Besar, Gampang Terucap Ya Sudah Cerai

3. Ashanty tekankan pentingnya menikah di usia yang tepat

Perempuan terkadang kurang realistis di hadapan cinta. Kaum hawa hanya melihat apa yang ingin dilihat, sehingga tak jarang akhirnya salah memilih pasangan. Sebab, apa yang dilihat sudah salah sejak awal.

Kematangan usia, menurut Ashanty adalah faktor penting dalam memilih pasangan yang tepat. Termasuk, pada dirinya saat itu.

"Kalau aku kenal dia di usia yang masih 21-22, aku pasti milih maunya yang kaya, mau gini gitu. Waktu itu, aku nikah udah telat, umur 28," kata Ashanty.

"Makanya aku selalu ingetin ke anak-anakku dan yang lain ya, kita menikah harus benar-benar di umur yang mapan," sambung ibu dari empat anak ini.

Baca juga: Azriel Ucapkan Selamat Ulang Tahun, Ashanty Mewek

Ternyata, saat itu, yang menjadi pertimbangan Ashanty bersedia dinikahi Anang adalah karena terpesona pada sosok mantan suami Krisdayanti tersebut.

Dalam pandangannya, Anang adalah sosok pria yang memiliki iman kuat, bertanggung jawab dan sayang pada anak-anaknya.

Sementara itu, Anang mengaku kesulitan menaklukkan hati Ashanty saat itu. Namun, menurutnya itu wajar karena sebagai wanita memang harus seperti itu.

Kini, rumah tangga Anang Hermansyah dan Ashanty sudah berlangsung selama 9 tahun. Dari pernikahan itu, keduanya telah dikaruniai dua anak, Arsy Addara Musicia Nurhermansyah, Arsyana Akbar Pemuda Hermansyah.

Baca juga: Suara Bergetar, Aurel Cerita soal Anang Hermansyah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi