Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ini 7 Fakta Unik Film Horor Jeritan Malam, Berbiaya Termahal?

Baca di App
Lihat Foto
Aprillio Akbar
|
Editor: Novianti Setuningsih

JAKARTA, KOMPAS.com - Selalu ada yang menarik dibalik sebuah proses produksi sebuah film. Tak terkecuali film Jeritan Malam yang diangkat dari thread populer Kaskus.

Film yang dibintangi Herjunot Ali, Cinta Laura, Winky Wiryawan, dan Indra Brasco dari rumah produksi Soraya Intercine Films ini memiliki beberapa cerita unik yang dirangkum Kompas.com.

1. Salah satu film horor termahal

Disutradarai oleh Rocky Soraya serta penulis skenario Ferry Lesmana dan Donny Dhirgantoro, film ini tidak hanya menghadirkan cerita yang apik dan alur yang tidak mudah ditebak, tapi juga teknik sinematografi mumpuni.

Baca juga: Terlibat di Jeritan Malam, Herjunot Ali Tangkap Pesan Moral Ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

 

Hasilnya, aksi horor di Jeritan Malam diklaim lebih segar dan modern.

Kemudian, menggunakan lokasi berbeda dari film-film yang pernah ada sebelumnya, tak heran jika film ini disebut sebagai film horor dengan biaya produksi termahal.

"Lokasi syuting dilakukan di tempat yang belum pernah dijadikan lokasi syuting film sejenis. Tidak heran dana yang dikeluarkan sangat mahal," kata Sunil Soraya dalam keterangan tertulis Soraya Intercine Films.

2. Indra Brasco kehilangan aksen Jawa

Berperan sebagai Minto dalam Jeritan Malam membuat Indra Brasco menyadari bahwa ia telah kehilangan dialek Jawa-nya. Padahal, ia berdarah Jawa.

Oleh karenanya, suami Mona Ratuliu ini memerlukan usaha keras untuk terlibat akting di Jeritan Malam.

Baca juga: Comeback, Indra Brasco Dituntut Berdialek Jawa di Jeritan Malam

3. Indra Brasco lupa nama karakternya sendiri

Ada yang lucu terjadi ketika Indra pertama kali berkenalan dengan karakter Reza (Herjunot Ali). Indra yang berperan sebagai Minto, reflek lupa namanya dan menyebut nama Indra. Padahal nama karakter Indra dalam film ini justru diperankan oleh Winky Wiryawan.

"Pas dia pertama ketemu sama Winky ya. Nah ketemu sama gue kenalan kan. Loh kok nyebutin nama sendiri. Kan si Winky perannya jadi Indra. Gue jadi nyebutin nama sendiri. Loh salah gue," kata Indra saat berkunjung di Kompas.com, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (4/11/2019).

4. Pengalaman pribadi penulis thread

Buat anak Kaskus yang pernah membaca thread ini mungkin sudah menduga kalau kisah yang dibagikan penulis adalah kisah nyata yang dia alami.

"Karena karakter Reza itu sebenarnya dia, true story sih. Si Reza itu," kata Indra.

Baca juga: Sesak Napas Saat Syuting Jeritan Malam, Herjunot Ali Disangka Bercanda

5. Junot tak ingin melakukan ini jika jadi Reza

Meski mengaku karakter Reza tak berbeda jauh darinya, tapi ada satu hal yang pasti akan berbeda. Junot tidak akan menerima pekerjaan jika jauh dari rumah.

"Kalau saya sendiri ada di kejadian seperti itu sih mungkin ke pibadi, enggak sih kayaknya. Udah terlalu anak kota, mau kerja yang deket-deket rumah ajalah. Kalau, misalnya harus jauh-jauh janganlah," kata Junot.

Baca juga: Herjunot Ali dan Cinta Laura Beradu Ketegangan dalam Jeritan Malam

6. Dialog panjang-panjang dan adegan diambil tanpa dipotong

Tidak seperti film yang biasanya akan mengulang satu adegan yang salah, di film ini akan diulang dari awal. Padahal, naskah film ini cukup panjang.

"Kadang 4-5 halaman, dan ini sebelum-sebelumnya kalau ada yang salah cukup mengulang bagian itu saja. Dipotong-potong (adegannya) dan dipancing pemain sebelumnya, dialognya. Kalau ini enggak," kata Indra.

Indra kemudian menjelaskan bahwa adegan akan diulang dari awal jika ada yang salah meski itu bagian akhir.

"Kalau ini enggak, dialog udah sampai akhir. Tiba-tiba aku salah, diulang dari awal, bener-bener dari awal. Itu yang membuat jadi tantangan buat kita," tandas Indra.

Baca juga: Comeback, Indra Brasco Dituntut Berdialek Jawa di Jeritan Malam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi