Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Wishnutama Berbagi Cerita di Balik Pengangkatannya Jadi Menteri

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.
|
Editor: Novianti Setuningsih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio berbagi cerita mulai dari di angkatnya menjadi menteri sampai perbedaan ketika menjadi CEO NET.

Hal itu dirinya ungkapan dalam video di akun YouTube acara Ini Talkshow yang dikutip Kompas.com, Minggu (10/11/2019), sebagai berikut.

1. Tak Hadir Wisuda Putrinya dan Pilih Dilantik Jadi Menteri

Wishnutama harus rela tidak hadir dalam acara wisuda putrinya, Sakina Adjani Wishnutama.

Baca juga: Momen Haru Wishnutama Tak Hadir Wisuda Putrinya, Pilih Dilantik Jadi Menteri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantaran, wisuda Sakina jatuh di hari yang sama ketika Wishnutama dilantik menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Mengenai hal itu, Wishnutama mengaku telah memberi pengertian kepada Sakina.

"Ya itu berbarengan dengan waktu saya dilantik ya. Dan saya sudah memberi pengertian kepada Sakina walaupun ini adalah sebuah momentum yang..," kata Wishnutama.

Wishnutama menjelaskan, perjuangannya meniti karier hingga berada di titik sekarang merupakan bagian dari upaya membahagiakan istri dan anak-anak agar mendapat hidup yang lebih baik.

Di sisi lain, ia juga sangat sedih karena tidak bisa hadir dalam momentum yang telah dinantikannya itu.

Baca juga: Wishnutama Akan Permudah Izin Syuting Film Hollywood, Ernest Prakasa: Bagus, Tapi...

"Saya kerja kan dari bawah ya. Saya kerja dari keluarga yang biasa-biasa saja dan modal saya cuma kreativitas jadi saya berjuang, bekerja keras. Tapi kerja keras itu kan buat supaya anak saya bisa sekolah dengan baik," tutur Wishnutama.

"Dan momen graduation Sakina itu adalah momen yang saya tunggu-tunggu dari sejak saya masih nimang-nimang Sakina. Memang cukup sedih tapi alhamdulilah anak-anak dan istri mengerti," sambungnya.

Wishnutama menambahkan, Sakina tak menunjukan kekecewaannya. Sebaliknya, sang putri dikatakan bisa mengerti situasinya saat itu.

"Sakina kelihatan baik-baik saja ya. Mengerti," tambah Wishnutama.

Baca juga: Setelah Jadi Menteri, Wishnutama: Anak-anak Saya Tetap Naik Kendaraan Umum

2. Anaknya Tetap Naik Kendaraan Umum

Wishnutama mengatakan, tak ada yang berubah setelah dirinya diangkat menjadi Menteri. Ia dan keluarga tetap menjalani kehidupannya seperti biasanya.

"Untungnya anak dan istri biasa-biasa saja saat saya diangkat jadi menteri, di rumah biasa-biasa aja, nothing special, enggak ada yang berubah," kata Wishnutama.

"Anak-anak saya tetap naik kendaraan umum, enggak ada yang jadi lebih beda dari yang dulu," sambungnya.

Menurut Wishnutama, justru anak-anaknya selalu diajarkan untuk memulai semua dari bawah dan bekerja keras untuk mencapai apa yang mereka inginkan.

"Tetap jadi orang biasa-biasa saja. Bukan sesuatu hal yang apa ya, justru mereka harus belajar dari bawah, proses, kerja keras, kejujuran itu yang saya selalu tanamkan," ujar Wishnutama.

Baca juga: Wishnutama Ungkap Perbedaan Saat Jadi CEO NET dengan Menparekraf

3. Perbedaan Jadi CEO NET dan Menparekraf

Wishnutama mengungkapkan perbedaan yang dia rasakan ketika menjadi CEO NET dengan posisi yang kini dijabatnya.

"Kalau di sini waktu saya menjadi CEO, kalau kita mau mengubah sesuatu, ya hari ini juga bisa selesai. Kalau birokrasi kan banyak aturan dan lain sebagainya, lebih ribet," kata Wishnutama.

Namun, hal itu tak akan menghalanginya untuk melakukan banyak perubahan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang kini menjadi tanggung jawabnya.

"Tapi itu bukan halangan untuk melakukan perubahan. Saya berkali kali bilang sama teman-teman deputi di Kemenparekraf kita harus berani bikin terobosoan untuk maju," ucap Wishnutama.

Baca juga: Saat Wishnutama Iri terhadap Menteri PUPR

Wishnutama menuturkan, dia ingin berusaha keras untuk memberikan hasil yang maksimal dengan cara dan pola pemikiran yang baru.

"Jadi kalau kita masih menggunakan cara masa lalu enggak akan kita pernah berhasil. Jadi seperti Pak Presiden bilang jangan hanya berorientasi pada proses tapi hasil, bukan sent tapi deliver," tuturnya.

"Pada akhirnya orang lebih mementingkan proses bukan hasil. Itu yang harus kita ubah, bagaimana mencapai hasil yang nyata. Saya kerja di swasta aja kerja keras apalagi buat negara," tandas Wishnutama.

Baca juga: Wishnutama Akan Permudah Izin Syuting Film Hollywood, Ernest Prakasa: Bagus, Tapi...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi