Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Dulu Gagal Berkali-kali, 5 Bukti Perjuangan Claudia Juara The Voice of Germany

Baca di App
Lihat Foto
YouTube/The Voice of Germany
Claudia Emmanuela Santoso tampil di babak semifinal The Voice of Germany.
|
Editor: Dian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada yang menyangka kalau dara asal Cirebon, Jawa Barat, Claudia Emmanuela Santoso bisa menang di ajang The Voice of Germany 2019.

Perjuangannya juga tak mudah untuk bisa sampai di titik sekarang ini.

Dirangkum Kompas.com, berikut lima fakta menarik bukti bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil dari seorang Claudia Emmanuela Santoso.

Baca juga: Bawakan Lagu Whitney Houston, Claudia Emmanuela Santoso Juara The Voice of Germany 2019

1. Pernah dapat kritikan pedas di Indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedangdut Saiful Jamil pernah memberi kritik cukup pedas pada Claudia.

Gadis yang biasa disapa Audi ini membawakan lagu "Mencintaimu Sampai Mati" milik Utopia di ajang pencarian bakat Mamamia 2014.

Saat itu, Saiful membandingkan suara Audi dengan es batu yang dianggap dingin dan keras.

"Kalau kamu merasakan makan es batu yang keras, kaku, dingin, linu, sama (dengan) perasaan saya waktu nge-dengar suara kamu. Kaku, linu, keras, eeeh.." ujar Ipul seperti dikutip Kompas.com dari YouTube yang diunggah akun The Great XR, Senin (11/11/2019).

Baca juga: 5 Fakta Alice Merton, Coach Claudia Santoso Sang Pemenang The Voice Jerman

2. Gagal di banyak ajang pencarian bakat di Indonesia

Sejak namanya terdengar sebagai finalis The Voice of Germany 2019, tak sedikit yang mulai mencari tahu masa lalunya. Dan ternyata dulu, Audi pernah mengikuti Akademi Fantasi Indosiar (AFI) Junior, Idola Cilik, dan Mamamia.

"Aku tuh lumayan sering ikut lomba. Makanya yang anak ajang di Indonesia itu aku banyak kenal," ujar Claudia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (20/9/2019).

Audi juga mengikuti berbagai audisi yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta, dari ajang kompetisi tingkat kota, tingkat provinsi, hingga tingkat nasional.

Baca juga: Claudia Emmanuela Pernah Dikritik Kaku Kayak Es Batu oleh Saipul Jamil

3. Perjuangan orangtua

Kedua orangtua Audi menyadari kalau anaknya tertarik di dunia musik lantaran Audi tidak akan tidur sebelum bernyanyi dan mendengarkan musik. Setelah mengetahui Audi begitu suka bernyanyi, Christin berusaha mencarikan tempat belajar menyanyi untuk Audi.

Christin menyekolahkan audi di sekolah musik sejak usia empat tahun.

“Saya masukkan Audi ke les atau sekolah musik mulai sejak usia empat tahun di dalam dan juga luar Cirebon. Kita tuh berjuangnya lumayan keras. Hingga kelas II SMA atau selama sekitar 11 atau 12 tahun kursus musik,” kata Christin.

Christin kemudian menyekolahkan Audi di TK-SD-SMP hingga SMA di BPK Penabur Kota Cirebon.

Baca juga: Claudia Santoso Juara The Voice Jerman, Baim Wong: Indonesia Bangga Punya Kamu

4. Gagal masuk universitas berbuah manis

Niat awal datang ke Jerman adalah untuk melanjutkan kuliah di Jerman. Namun ternyata, Audi gagal ikut tes masuk di musim panas da baru diperbolehkan mencoba ujian ulang di semester musim dingin.

Dikutip Radar Cirebon, Claudia awalnya ingin kuliah di jurusan Company Business atau Communication. Dan di sela aktivitas mempersiapkan kuliah, Audi mencoba peruntungan lewat The Voice of Germany.

Lagu "Never Enough" dari The Greatest Showman sukses membuat empat juri, Alice Merton, Sido, Rea Garvey dan Mark Foster berebut untuk mendapatkan Claudia.

5. Hampir menyerah di The Voice

Berada di negara asing menjadi tantangan sendiri bagi Claudia, terlebih itu kali pertama dia ada di negara asing. Ibu dari Claudia, Christin Gunawan (47), mengaku bahwa anaknya sempat ingin mundur dari audisi The Voice of Germany.

Menurutnya, ada banyak sekali rintangan yang hampir membuat Audi hampir menyerah.

Kesehatan Audi juga dikabarkan sempat menurun akibat cuaca bersalju di Jerman. Audi sempat sakit karena mengantre di udara dingin.

Baca juga: Gagal di Idola Cilik dan Mamamia, Kini Claudia Emmanuela Santoso Juarai The Voice of Germany

"Saya dorong terus, kasih semangat agar terus berjuang," ujar Christin Gunawan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (17/9/2019), seperti dilansir Tribun Jabar.

Tak hanya soal iklim yang berbeda, masalah pengurusan Visa juga jadi halangan sendiri bagi Audi. Visa yang digunakan adalah visa studi, sementara dia akan mengikuti ajang pencarian bakat.

Mengundurkan diri karena masalah visa. Ini bisa dimengerti karena ia pergi ke Jerman dengan visa untuk sekolah (studi), bukan untuk ikut ajang. Soal begini Jerman memang ketat!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi