Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Perasaan Ashanty Berkecamuk dan Terpukul Saat Tahu Kena Autoimun

Baca di App
Lihat Foto
Bidik layar YouTube The Hermansyah A6
Ashanty menceritakan tentang penyakitnya dalam video berjudul BUNDA ASHANTY TANGGAPI KOMENTAR NETIZEN, DARI PENYAKIT HINGGA HAL MISTIS pada akun YouTube-nya, The Hermansyah A6.
|
Editor: Tri Susanto Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Ashanty menjawab rasa penasaran warganet atas penyakit yang diderita setelah pulang dari rumah sakit.

Ashanty mengatakan, awalnya hanya mengikuti suaminya, artis musik Anang Hermansyah, yang menjalani pemeriksaan kesehatan Digital Substraction Angiography (DSA) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Dokter mengizinkan Anang untuk melanjutkan proses DSA, sementara Ashanty justru tidak diperbolehkan karena saat itu dicurigai mengidap gejala autoimun.

Baca juga: Aurel Sebut Hasil Pemeriksaan Ashanty Akan Dikirim ke Amerika

"Dokter tidak mengizinkan aku tes DSA, Mas Anang boleh, karena ternyata Mas Anang sehat, bagus semuanya, tapi aku ternyata tidak boleh karena dokter mendiagnosa ada gejala autoimun," kata Ashanty dalam tayangan Vlog YouTube The Hermansyah A6, Senin (25/11/2019).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ashanty akhirnya melakukan serangkaian tes untuk mendapat kepastian gejala autoimun yang dicurigai oleh dokter. Setelah hasilnya keluar setelah lima hari, dokter memastikan bahwa Ashanty terkena gejala autoimun.

"Dan keluar (hasil) dari RSPAD, aku kena gejala autoimun, yaitu inflamasi usus," ujar Ashanty.

Baca juga: Ashanty Sakit Autoimun: Bentol di Sekujur Tubuh, Dilarang Makan Nasi, Jaringan Usus Diperiksa

Ashanty tidak pernah menduga akan didiagnosis penyakit tersebut. Ashanty mengaku sempat merasa terpukul.

Ketika Ashanty mencoba mencari informasi terkait penyakit yang diderita di dunia maya, banyak yang menyebut penyakitnya tidak bisa disembuhkan bahkan bisa berujung pada kematian.

"Aku tidak pernah tahu autoimun penyakit apa, dari mana, terus aku Googling bahwa enggak bisa sembuh, bisa mematikan, awalnya sempat drop banget," kata Ashanty.

Baca juga: Kena Autoimun, Ashanty Dilarang Makan Nasi

Banyak hal terlintas dalam pikirannya saat itu, dari anak-anak hingga dosa yang pernah diperbuat.

"Kalau misalnya aku nanti kenapa-kenapa, siapa yang jagain (anak-anak)? Banyak banget deh berkecamuk banget perasaan enggak enak itu," kata Ashanty.

Namun saat kembali masuk rumah sakit beberapa waktu lalu, Ashanty merasa jauh lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan hal-hal seperti saat awal didiagnosis terkena gejala autoimun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi