Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Cerita Ashanty soal Penyakit Autoimun dan Ambruk karena Gejala Meningitis

Baca di App
Lihat Foto
Bidik layar YouTube The Hermansyah A6
Ashanty menceritakan tentang penyakitnya dalam video berjudul BUNDA ASHANTY TANGGAPI KOMENTAR NETIZEN, DARI PENYAKIT HINGGA HAL MISTIS pada akun YouTube-nya, The Hermansyah A6.
|
Editor: Tri Susanto Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Ashanty kini tengah melawan penyakit autotmun. Bahkan beberapa waktu lalu, istri musisi Anang Hermansyah ini drop hingga dilarikan ke rumah sakit.

Ashanty kala itu mengalami bentol-bentol di sekujur tubuhnya sehingga harus menjalani serangkaian pemeriksaan penyakit autoimunnya ke rumah sakit.

Sebelum terkena penyakit autoimun, Ashanty rupanya sempat mengalami gejala penyakit meningitis hingga akhirnya dinyatakan sembuh.

Baca juga: Perasaan Ashanty Berkecamuk dan Terpukul Saat Tahu Kena Autoimun

Pernah ambruk karena gejala meningitis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ashanty pernah menderita gejala meningitis. Gejala itu dirasakan penyanyi 35 tahun ini tak lama setelah menikah dengan Anang Hermansyah.

Gejala penyakit meningitis ini sampai membuat Ashanty ambruk saat menunaikan shalat maghrib. Ashanty harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani segala macam perawatan.

“Waktu itu lagi syuting film, aku ingat banget waktu itu lagi break, sampai jatuh pas shalat maghrib. Dibawa ke rumah sakit mulai dari Gandaria, ke mana-mana, dikasih obat-obatan nyerinya enggak hilang," kata Ashanty dalam Vlog YouTube The Hermansyah A6 seperti dikutip Kompas.com, Senin (25/11/2019).

Baca juga: Penyakitnya Dikaitkan Hal Mistis, Ashanty: Aku Bisa Tambah Gila

"Sampai akhirnya dibawa ke MMC, disuntik di sini (tunjuk bagian kepala), sampai sebulan aku dirawat di MMC," sambung Ashanty.

Ashanty minta Anang Hermansyah tinggalkannya

Setelah dinyatakan sembuh dari gejala penyakit meningitis, Ashanty sempat meminta hal yang tak terduga kepada Anang Hermansyah untuk meninggalkannya. Namun, Anang Hermansyah tidak mengubrisnya.

"Ke Mas Anang saja aku sempat bilang, 'Sudah kamu tinggalin aku aja, aku, kan, penyakitan, aku mau mati'," ujar Ashanty dikutip dari Cumicumi, Minggu (13/10/2019).

Baca juga: Sebelum Kena Autoimun, Ashanty Pernah Ambruk karena Gejala Meningitis

Belum sadar kena Autoimun

Sudah sembuh dari gejala penyakit meningitis, Ashanty kembali dihadapkan dengan penyakit lain. Kini, Ashanty divonis menderita gejala penyakit autoimun.

Sebelum menderita penyakit tersebut, Ashanty sempat mengeluh susah tidur alias insomnia. Di sini, Ashanty belum tahu bahwa hal itu adalah pertanda awal gejala autoimun.

Sampai akhirnya Ashanty memutuskan berobat ke Dokter Terawan

"Tapi memang dokter Terawan itu menurut aku luar biasa, cuma ngecek yang buat DSA (Digital Subtraction Angiography) itu dia bisa tahu aku susah banget (tidur)," kata Ashanty dalam Vlog YouTube The Hermansyah A6, seperti dikutip Kompas.com, Senin (25/11/2019).

Baca juga: Sebelum Kena Autoimun, Ashanty Keluhkan Insomnia hingga Mood Swing

"Aku pikir aku insomnia, ternyata aku susah tidur karena ada gejala itu (autoimun),” lanjutnya.

Ashanty juga alami mood swing

Bukan hanya mengeluh susah tidur, Ashanty kerap kali merasakan perubahan mood dengan cepat. Penyanyi 35 tahun ini juga mengalami gangguan dari syarafnya lantaran sering lupa untuk sepersekian detik.

“Terus aku sekarang kayak gampang moody, mood swing banget,” ucap Ashanty.

"Tapi itu bukan sesuatu yang tiba-tiba datang, ternyata itu ada gangguan dari syaraf makanya bisa sampai begitu," tutur Ashanty lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi