Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Band Armada Rilis Tiga Singel Sekaligus, Ini Fakta Menariknya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/IRA GITA
Band Armada saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).
|
Editor: Tri Susanto Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Band Armada memiliki cara yang tak biasa saat kembali menyapa para penggemar mereka dengan karya.

Rizal, Mai, dan Andit meluncurkan tiga singel baru sekaligus, yakni "Buah Hati", "Airmataku Bukan Untukmu", dan "Penjahat Berwajah Indah".

Kepada Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019), para personel mengungkapkan fakta-fakta menarik tentang perilisan tringle baru mereka.

Baca juga: Unik, Band Armada Rilis 3 Singel Baru dalam Satu Hari

1. Alasan rilis tiga lagu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tsandi Rizal Adi Pradana atau akrab disapa Rizal Armada mengungkapkan dua alasan Armada merilis tiga lagu baru sekaligus.

"Ada dua alasan, pertama ini compliment dari kami pribadi bahwa tahun ini tuh alhamdulilah bisa dibilang tahun yang produktif buat Armada," kata Rizal

Diketahui Armada telah melepas dua single "I Will" dan "Demi Tuhan Aku Ikhlas" featuring Ifan Seventeen di awal tahun ini. Kemudian menjelang bulan ramadhan lalu Armada meluncurkan single "Jangan Bersedih".

Baca juga: 2 Alasan Band Armada Rilis Tiga Lagu Baru Sekaligus

Menutup 2019 mereka kembali merilis tiga lagu sekaligus.

"Tiga lagu tersebut merupakan perayakan bahwa tahun ini alhamdulilah produktif bikin lagu, manggung apa segala macam," sambungnya.

Selain itu, Armada juga berencana merilis semua lagu yang masuk dalam album terbaru mereka yang rencananya dirilis 2020.

"Kedua kami pengin mengubah stigma bahwa kalau album itu maksimal single yang keluar cuma lima lagu, nah ini kami pengin semua lagu dalam album ini jadi singel semua," ucap Rizal.

Baca juga: Band Armada Sentil Para Bucin Lewat Dua Lagu Barunya

2. Lagu yang berbeda

Meski dirilis bersamaan, tiga lagu tersebut memiliki karakter yang berbeda satu sama lainnya, baik dari sisi aransemen musik mau pun liriknya.

Contohnya lagu “Buah Hati” yang bergenre ballad tentang kisah cinta orangtua kepada anaknya. Sementara “Airmataku Bukan Untukmu” adalah lagu upbeat yang bertemakan kisah cinta yang butuh kepastian.

Terakhir, “Penjahat Berwajah Indah” yang juga memiliki tempo cepat dan berkisah tentang cinta yang dipermainkan.

3. Rizal sambut kelahiran anak dengan "Buat Hati"

Sang vokalis, Rizal mengatakan, lagu "Buah Hati" dia ciptakan untuk putranya yang baru dilahirkan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Buah Hati, Kado Band Armada untuk Semua Anak di Dunia

"Kalau 'Buah Hati' itu memang lagu baru karena menyambut kelahiran saya baru punya anak," ucap Rizal.

"Jadi lagu ini saya bikin buat anak saya, biar nanti kalau dia besar dia tahu ada pesan dari bapak ibunya lewat lagu ini. Ini juga merepresentasikan Andit, Mai, dan istrinya mereka untuk anak mereka masing-masing," sambungnya.

4. Hadiah untuk anak sedunia

Bahkan, kata Rizal, lagu itu menjadi sebuah hadiah bagi semua anak-anak karena diluncurkan pada 20 November 2019 lalu, tepat di hari anak sedunia.

"'Buah Hati' ini kami penginnya jadi soundtrack-nya orangtua ke anak, bertepatan keluarnya 20 November itu hari anak sedunia," ucap Rizal.

Baca juga: Band Armada Bikin Web Series dari Singel Terbaru

"Jadi kami kayak kasih kado untuk semua anak-anak di seluruh dunia lewat lagu ini," sambungnya.

Armada juga mengajak seluruh penggemarnya untuk berpartisipasi dalam penggarapan video lirik "Buah Hati" dengan mengirimkan foto bersama anak mereka.

5. Untuk para budak cinta

Sementara dua lagu lainnya ditujukan untuk para bucin atau budak cinta. Rizal pun menjelaskan cerita di balik dua lagu tersebut.

"Kalau dua lagu lainnya khusus untuk para bucin-bucin sih, kalau 'Airmataku Bukan Untukmu' itu mereka yang hidupnya ribet bertahan sama kisah cinta yang itu-itu aja padahal enggak ada kejelasan, kali ini dia berontak tentukan lah pilihan, ini mengajarkan bucin-bucin untuk cepetan move on," tutur Rizal.

Baca juga: Band Armada Curi-curi Waktu untuk Rampungkan Si Doel Anak Betawi

"'Penjahat Berwajah Indah' ini bucin yang tertipu sama tampilan, cintanya karena fisiknya bagus, mukanya ganteng," lanjutnya.

6. Serial Buah Hati

Armada membuat serial dari lagu terbaru mereka bertajuk Buah Hati. Serial yang terdiri dari tiga episode itu telah dirilis di kanal Youtube Armada pada 23 November 2019 lalu.

Rizal sang vokalis mengatakan, serial itu merupakan pengembangan cerita dari lagu "Buah Hati" tentang pasangan suami istri yang menantikan kehadiran buah hati di tengah mereka.

"Web series ini kayak melebarkan cerita dari lagu. Ide cerita dari web series ini kita yang buat, alurnya seperti apa," ujar Rizal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi