Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Duka Dunia Hiburan: 16 Artis Indonesia yang Berpulang pada 2019

Baca di App
Lihat Foto
Kolase foto
Kolase foto artis yang berpulang pada 2019.
|
Editor: Dian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2019 dunia hiburan tanah air kehilangan sejumlah pesohornya.

Kabar duka tersebut menyelimuti kalangan penyanyi, artis peran, hingga komedian baik senior maupun junior.

Berikut ini kaleidoskop yang dirangkum Kompas.com untuk mengenang selebritas Indonesia yang berpulang sepanjang tahun 2019.


1. Torro Margens

Aktor senior Torro Margens meninggal dunia pada hari Jumat (4/1/2019) dini hari dalam usia 68 tahun.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut putranya, Toma Margens, sang ayah sempat muntah darah sebelum menghadap Tuhan yang Maha Kuasa.

"Iya sepulang syuting di Yogya terus anfal, muntah darah. Terus diurusin sama kru sana, empat hari atau lima hari tuh di rumah sakit. Sementara sudah selesai syutingnya," kata Toma saat dihubungi wartawan, Jumat (4/1/2019).

Baca juga: Uka Uka The Movie: Nini Tulang Jadi Film Terakhir Mendiang Torro Margens

Sesudah mendapat perawatan tersebut, Torro pulang lalu pergi ke Sukabumi, Jawa Barat. Beberapa hari berselang Torro kembali masuk rumah sakit dan tak bertahan lama.

Dalam karier seni peran, aktor kelahiran Pemalang ini terkenal dengan karakter antagonis yang dimainkannya. Sampai 2018 lalu almarhum masih terlibat dalam film berjudul Love For Sale bersama Gading Marten.


2. Robby Tumewu

Setelah kurang lebih sembilan tahun berjuang melawan penyakit stroke, aktor Robby Tumewu berpulang dalam usia 65 tahun. Robby Tumewu meninggal pada Senin (14/1/2019) pukul 00.15 WIB.

Aktor sekaligus desainer busana ini juga pernah menjalani operasi otak. Namun setahun terakhir menurut sahabat dekatnya, desainer Carmanita, Robby mengalami infeksi paru dan dirawat di rumah.

"(Robby meninggal) di rumah, jadi Mas Robby itu sudah enggak mau dibawa ke rumah sakit, kita lihat kondisi fisiknya setahun belakangan yang makin parah dan enggak ada respons lagi," ucap Carmanita dikutip dari Kompas.com, Senin (14/1/2019).

Baca juga: Alasan Keluarga Ingin Jenazah Robby Tumewu Dikremasi

Jenazah Robby dikremasi lalu abunya dilarungkan ke laut di Tanjung Pasir, Tangerang. Salah satu alasan dikremasi adalah karena tak ada keluarga Robby di sini.

"Kremasi karena (Robby) enggak ada keluarga di sini, mau menyambangi kuburan siapa yang mau menyambangi kuburan mending dikremasi," ucap Renee Tumewu, kakak tertua Robby, Selasa (15/1/2019).


3. Gebi Ramadhan

Di usia yang baru menginjak 24 tahun, komika Gebi Ramadhan meninggal dunia pada Selasa (15/1/2019).

Kabar duka ini diketahui dari sutradara film Ernest Prakasa lewat akun Instagram pribadinya.

"Di tengah perjuangannya berperang melawan kanker hati, @gebi_ramadhan menyanggupi ajakan gw untuk main di @millymametmovie. Sekarang Gebi udah pergi. Selamat jalan, Geb. Kita semua sayang sama lo," tulis Ernest di akun @ernestprakarsa dikutip dari Kompas.com Selasa (15/1/2019).

Baca juga: Komika Gebi Ramadhan Meninggal Dunia

Gebi pertama kali dinyatakan mengidap kanker hati awal tahun 2018. Dirinya juga sempat berhenti dari aktivitas komika.

Lahir di Serang, Banten, 22 April 1994 Gebi memulai kariernya dengan mengikuti berbagai komunitas di sejumlah daerah. Pada tahun 2016 ia berkesempatan menjadi finalis Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) musim keenam yang ditayangkan di KompasTV.

 

4. Saphira Indah

Masih di bulan Januari 2019, pada Rabu (30/1/2019) artis peran Saphira Indah tutup usia. Mirisnya pemain film Eiffel I'm in Love itu sedang mengandung enam bulan anak pertamanya.

Rico Hidros Daeng, suami Saphira Indah mengungkapkan sang istri sesak napas lima hari sebelumnya dan sudah dirawat di rumah sakit.

"Sebenarnya enggak ada sakit yang gimana. Cuma sesak (napas) biasa doang. Tapi selama lima hari, hari kelima fatal. Jadi ada masalah pernafasan di paru paru," kata Rico dikutip dari Kompas.com, Kamis (31/1/2019).

Baca juga: Suami Ungkap Penyebab Saphira Indah Meninggal Dunia

Menurut Rico selama kehaliman istrinya sering memeriksa kesehatan dan tak ada kendala berarti. Sementara itu Saphira Indah dimakamkan bersama calon bayinya yang berjenis kelamin perempuan karena sudah mendambakan kehadiran anak sejak tiga tahun menikah dengan Rico.

"Dia pengin banget (anak) karena sudah tiga tahun kosong kan (belum hamil)," ucap Rico.

5. Nana Krip

Komedian senior Nana Krip (73) sempat menjalani perawatan pada Kamis (14/2/2019), di RS Islam Cempaka Putih, Jakarta Timur karena infeksi paru-paru.

Namun sayangnya anggota grup lawak Sersan Prambors ini menghadap Ilahi pada Rabu (20/2/2019).

Ali Akbar, anak kedua Nana mengatakan infeksi paru tersebut baru ketahuan setelah ayahnya dirawat. Kondisinya sempat membaik setelah beberapa hari mengikuti perawatan medis.

"Hari Senin (18/2/2019), Ayah sudah kelihatan lebih sehat, sudah bisa duduk. Pada saat itu Ayah ribut mau minta pulang, tapi kami tidak berani mengizinkan karena tim dokter tidak mengizinkan," ungkap Ali dikutip dari Kompas.com, Rabu (20/2/2019).

Dimakamkan di TPU Kemiri, Utan Kayu, Rawamangun, Jakarta Timur, Nana meninggalkan empat anak dan dua cucu.

6. Nur Tompel

Pelawak senior Muhammad Nur alias Nur Tompel meninggal dunia, Sabtu (2/3/2019) di Jakarta.

Nur Tompel meninggal dunia pada usia 64 tahun karena sakit.

Nur Tompel diketahui sebagai orang pertama yang melawak dengan bicara gagap.

7. Didik Mangkuprojo

Salah satu legenda grup lawak, Srimulat, Didik Mangkuprojo, meninggal dunia pada Kamis (28/2/2019) malam.

Didik meninggal dunia pada usia 81 tahun setelah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina, Gresik.

Pria kelahiran Malang pada 28 Agustus 1938 dengan nama asli Dondi Sunardi Hadi Siswoyo tersebut dimakamkan di TPU Ngagel, Surabaya, Jumat (1/3/2019) pagi.

8. Mus Mulyadi

Pelantun "Rek Ayo Rek" yang melegenda, Mus Mulyadi meninggal pada Kamis (11/4/2019) dalam usia 73 tahun.

Mus Mulyadi yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 14 Agustus 1945 punya riwayat diabetes. Eric Haryadi, putra Mus Mulyadi membeberkan ayahnya sempat dilarikan ke Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan karena gula darahnya tinggi.

Sementara itu menurut sang istri Helen Sparingga, Mus Mulyadi tidak pernah mengeluh dengan keadaan.

"Enggak marah, enggak pernah ngeluh, selalu ikhlas. Dia buta, tapi hati dan matanya terang," ungkap Helen dikutip dari Kompas.com, Kamis (11/4/2019).


9. Eddy Riwanto

Senin (29/4/2019) sore hari, aktor senior Eddy Riwanto masih menjalani syuting sinetron Cinta Suci di Buperta, Cibubur.

Dikabarkan Eddy sedang tidur dan menunggu giliran pengambilan gambar di lokasi syuting.

Aktris Dinda Kanya Dewi yang main satu sinetron menyatakan lewat fitur Insta Story akun Instagramnya bahwa Eddy meninggal saat dalam perjalanan dari lokasi syuting ke Rumah Sakit Melia, Cibubur

"Innalillah Wa'innailaihi rojiuun telah berpulang ke rahmatullah Bpk EDDI RIWANTO pada hari Senin tgl 29 April 2019 Jam 16.26 dalam perjalanan dari lok Cinta Suci ke RS Melia Cibubur.. semoga segala amal ibadah Beliau di terima Allah SWT...," tulis Dinda seperti dikutip Kompas.com, Selasa (30/4/2019).

Renalda, anak Eddy menduga ayahnya meninggal karena kelelahan. Selain itu Eddy juga memiliki riwayat penyakit jantung.

10. Robby Sugara

Di pertengahan tahun 2019, aktor senior Robby Sugara mendadak pergi meninggalkan orang-orang tercinta untuk selamanya.

Anak bungsu Robby Sugara, Juan Bernard, menyampaikan kabar duka tersebut akibat serangan jantung pada Kamis (13/6/2019) sekitar pukul 00.10 WIB dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Adhyaksa, Jakarta Timur

Patricia Grace, anak keempat Robby juga mengungkapkan ini merupakan yang kedua ayahnya terkena serangan jantung.

"Sebelumnya punya riwayat (penyakit jantung) dan ini kedua kalinya. Sempat dirawat memang sebelumnya. Kedua ini baru deh, yang kedua enggak berhasil sembuh," ucap Patricia.

11. Jacky Zimah

Jacky Zimah, pedangdut senior era 1980-an dan pernah membintangi film Dilihat Boleh Dipegang Jangan.

Beberapa karyanya di antaranya "Cinta Berawan", "Makan Hati", "Jangan Rayu-Rayu", "Hallo Dang-Dhut", "Cinta Setengah Mati", dan "Keujung Cinta".

Mantan suami dari pedangdut lawas Rita Sugiarto ini meninggal dunia pada Selasa (2/7/2019) malam.

Jacky sempat menjalani perawatan intensif di RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur karena komplikasi. Pedangdut Agung Kiwi, teman Jacky mengatakan awalnya almarhum menderita diabetes.

"Awalnya dia itu (menderita) gula (diabetes), terus ada infeksi di paru-parunya (komplikasi)," ujar Agung dikutip dari Kompas.com, Rabu (3/7/2019).


12. Arswendo Atmowiloto

Arswendo Atmowiloto (70), seorang multitalenta dengan sejumlah bidang pekerjaan meninggal dunia pukul pada 17.50, Jumat (19/7/2019) di rumahnya kawasan Jakarta Selatan.

Pria kelahiran 1948 ini merupakan penulis naskah film Keluarga Cemara, juga seorang wartawan senior, sastrawan, seniman, dan budayawan.

Sebelum akhir hayatnya Arswendo berjuang melawan kanker prostat sejak April 2019. Menurut seniman teater Rudolf Puspa, almarhum juga sudah dua kali menjalani operasi.

Sementaran itu kisah Keluarga Cemara yang sudah diangkat ke film layar lebar, putri Arswendo meyakini ayahnya sangat senang.

"Yang pasti Keluarga Cemara dijadikan film membuat dia senang tentunya," kata Tiara dikutip dari Kompas.com, Sabtu (20/7/2019).


13. Agung Hercules

Kepergian komedian Agung Hercules terjadi pada Kamis (1/8/2019), setelah berjuang melawan kanker otak stadium 4 yang dideritanya.

Menurut sang manajer, Peter, sebelum meninggal Agung sudah tiga hari koma saat di rawat di Rumah Sakit Dharmais,  Jakarta.

Juni 2019, diketahui tubuh kekar Agung Hercules menjadi semakin kecil dan kurus yang mengejutkan banyak pihak termasuk sesama teman artis.

Agung Hercules menitipkan pesan pada istrinya, Mira Rahayu, yang disampaikan oleh komedian Sinyorita.

"Teh Mira cuma minta sampein, minta maaf buat seluruh pecinta mas Agung di mana pun berada. Buat sahabat-sahabat rekan artis juga kalau Mas Agung punya salah mohon dimaafkan," kata Sinyorita, di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

14. Ida Laila

Penyanyi dangdut legendaris Ida Laila meninggal dunia, Kamis (12/9/2019) dini hari.

Almarhumah yang terkenal dengan lagu "Keagungan Tuhan" itu mengembuskan napas terakhir di usia 76 tahun di kota Madiun, Jawa Timur.

Sejak 8 tahun terakhir, Mulyno sang suami menceritakan Ida Lalila sudah mengidap penyakit diabetes dan kolesterol.

Ida Laila adalah artis lawas era 60-an, yang seangkatan dengan Rhoma Irama dan Muksin Alatas.

Selama berkarier, Ida telah mewarnai belantika musik dangdut Indonesia dengan merilis puluhan album serta kolaborasi bersama musisi tanah air lainnya.

15. Djaduk Ferianto

Seniman serba bisa, Djaduk Ferianto meninggal dunia dalam usia 55 tahun, Rabu (13/11/2019) pukul 02.30 WIB karena serangan jantung.

Kabar menyedihkan kala itu mengejutkan banyak orang. Sehari sebelumnya Djaduk masih melakukan rapat Ngayogjazz dan dijadwalkan bakal tampil di Ngayogjazz pada Sabtu (16/11/2019) di Godean, Yogyakarta.

Usai rapat pukul 24.00 WIB, adik seniman Butet Kartaredjasa ini pulang ke rumah dan tidur. Menurut sang keponakan yang tinggal  bersama, Djaduk sempat terbangun dan merasa kesakitan.

"Saat bangun, beliau merasa kesemutan di tubuh dan bicaranya sudah enggak jelas," kata Board Creative Ngayogjazz, Novindra Dirantara, dilansir dari Kompas.com, Rabu (13/11/2019).

Salah satu pesan terakhir Djaduk ialah seniman di Yogyakarta harus menjalankan dengan tulus saat membuat sebuah pergelaran festival.

16. Cecep Reza

Pemeran Bombom dalam sinetron Bidadari ini meninggal saat masih tertidur pada Selasa (19/11/2019) pukul 14.50 WIB.

Diketahui, pemilik nama asli Mochamad Syariful Zanah (31) tersebut memang memiliki catatan penyakit jantung. Belum lama sebelumnya, Cecep Reza bahkan telah melewati tahap pemasangan ring jantung.

Cecep Reza meninggalkan seorang istri, Reitha Ananda dan seorang putri yang masih berusia 4,5 tahun.

Saat itu pula sang putri hendak membangunkan Cecep Reza. Namun tak kunjung merespon, sang anak melapor ke ibunya dan orang rumah.

Belakangan ini dirinya lebih banyak alih profesi dengan menjadi fotografer profesional. Bahkan sehari sebelum kepergiannya, ia masih sempat melakukan pemotretan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi