Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Iis Dahlia Disomasi Dua Kali dan Rumahnya Didatangi Puluhan Driver Ojek Online

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG
Penyanyi dangdut Iis Dahlia saat ditemui di acara Mom and Kids Awards 2018 di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (21/7/2018).
|
Editor: Novianti Setuningsih

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini nama pedangdut Iis Dahlia menjadi sorotan lantaran berkisruh dengan ojek online atau ojol.

Sebagaimana diketahui, kisruh Iis Dahlia dan sejumlah ojek online bermula dari pernyataan Iis Dahlia yang membandingkan profesi suaminya sebagai pilot dengan ojek online.

Kisruh ini sebagai buntut dari suami Iis Dahlia yang terseret kasus penyelundupan barang mewah motor Harley dan sepeda Brompton yang juga menyeret nama mantan Dirut Garuda, Ari Askhara.

Sebagai informasi, suami Iis Dahlia adalah pilot yang menerbangkan pesawat yang berisi barang mewah tersebut.

Baca juga: Puluhan Driver Ojol Hujan-hujanan Serahkan Surat Somasi untuk Iis Dahlia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berangkat dari sini, para netizen menuding suami Iis Dahlia, Satrio Dewandono mendapatkan tip kala menerbangkan pesawat dengan barang seleundupan itu.

Tak terima, Iis angkat bicara dan lantas menyebut kalau suaminya bukan supir ojol yang mendapat tip setelah menyelesaikan tugasnya.

Mendengar hal itu, pihak driver ojek online yang dipimpin oleh Ketua Presidium Garda (Gabungan Aksi Roda Dua), Igun Wicaksono bersuara hingga melayangkan somasi pada Iis Dahlia.

Baca juga: Tak Bermaksud Sindir Ojol, Iis Dahlia Tulis Surat Terbuka

1. Layangkan somasi sedua ke kediaman Iis Dahlia

Ketua Presidium Garda, Igun Wicaksono bersama sejumlah ojek online menyambangi kediaman Iis Dahlia untuk memberikan somasi kedua.

Sekitar 50 pengemudi ojek online yang rela hujan-hujanan datang untuk memberikan surat ke rumah Iis Dahlia di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Jumat (27/12/2019).

Sebelumnya, Igun Wicaksono telah melayangkan somasi dan dianggap belum ada jawaban resmi dari Iis Dahlia.

“Kami lagi mau antar surat ke rumah Iis Dahlia. Sekitar ada 50 temen-temen (ojol) yang mengawal. Kita ingin mengantarkan sepucuk surat, surat klarifikasi kedua,” kata Igun.

“Jadi, kita pertama sudah kirim surat namun sampe kemarin batas waktunya 24 Desember enggak ada jawaban. Artinya, belum ada itikad baik dari mbak Iis. Ini yang kedua, kita berharap mbak Iis bisa menjawab surat klarifikasi ini,” ujar Igun.

Baca juga: Kesal Keluarganya Dibully, Iis Dahlia: Kenapa Harta Gue Diudul-udul

2. Pertemuan ojol dan pihak Iis Dahlia dikawal kepolisian

Pedangdut Iis Dahlia tak menerima surat somasi kedua itu secara langsung, melainkan diwakilkan oleh kuasa hukum yang bernama Aldila Warganda.

Pihak Iis Dahlia pun sudah menerima surat somasi tersebut dengan dijaga oleh pihak kepolisian agar situasi tetap aman terkendali.

“Pihak kepolisian telah memberikan pengamanan terhadap kami, karena Ini negara hukum, itu yang harus digarisbawahi. Ini tidak boleh main hakim sendiri, tidak boleh memprovokasi, tidak boleh memberikan ancaman," tutur Aldila.

“Yang jelas ya, berdasarkan informasi di media sosial siapapun itu yang merasa dirugikan, namanya warga masyarakat kita harus lindungi,” tambah Kapolsek Cilandak Kompol Martson Marbun.

Baca juga: Iis Dahlia Bikin Surat Terbuka Lewat Instagram, Pihak Ojol Tak Terima

3. Pihak ojol belum terima surat terbuka Iis lewat Instagram

Igun Wicaksono kembali memberikan somasi kedua karena belum terima surat permintaan maaf terbuka Iis Dahlia lewat Instagram.

Menurut Igun, ada baiknya Iis Dahlia membalas surat somasi yang mereka layangkan secara tertutup.

“Silahkan Iis mau menyampaikan lewat mana silahkan. Namun, silahkan juga berikan surat klarifikasi untuk kita juga,” kata Igun.

“Kami sudah dua kali kirimin surat, yang pertama dan yang kedua hari ini. Kita inginkan juga dijawab secara tersurat kepada kuasa hukum kita,” kata Igun melanjutkan.

Baca juga: Pertemuan Ojol dan Pihak Iis Dahlia Dikawal Kepolisian

4. Pihak Iis Dahlia berharap tak ada pengerahan massa ojol lagi

Pihak Iis Dahlia yang diwakilkan oleh kuasa hukumnya, Aldila Warganda berharap agar tak ada pengerahan massa ojek online lagi.

Dia dan kliennya, Iis Dahlia bakal membalas surat somasi kedua yang dilayangkan oleh sejumlah ojek online.

“Kami mohon tidak ada lagi cara menggalang massa karena ini, kan, juga kediaman pribadi, ada anak-anak juga jadi saling menghargai," ucapnya.

Aldila menambahkan bahwa tak ada niatan dari kliennya untuk menghina profesi ojek online.

“Atas nama klien kami keluarga (Iis Dahlia) dan tim kuasa hukum tidak ada maksud sama sekali menghina, memojokkan, membandingkan, kemudian merendahkan driver ojek online," kata Aldila.

Baca juga: Pihak Iis Dahlia Minta Tak Ada Lagi Pengerahan Massa Ojek Online

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi