Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ketika Para Selebritas Dunia Berdonasi Tangani Kebakaran Hutan Australia

Baca di App
Lihat Foto
YouTube
Grup musik Metallica tampil di acara bincang-bincang The Tonight Show yang dipandu Jimmy Fallon, Rabu (16/11/2016).
Penulis: Andika Aditia
|
Editor: Kurnia Sari Aziza

JAKARTA,  KOMPAS.com - Kebakaran hutan yang melanda tiga negara bagian di Australia dilaporkan menewaskan 24 orang, dengan lebih dari 2.000 rumah hancur.

Musibah ini menarik simpati dari banyak pihak, termasuk artis internasional.

Mereka sukarela mendonasikan uang agar Negeri Kanguru itu bisa segera pulih.

Baca juga: Titik Api dan Asap Kebakaran Hutan Australia Terlihat hingga Luar Angkasa

Berikut Kompas.com merangkum publik figur yang berdonasi untuk bencana kebakaran hutan Australia: 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metallica

Legenda heavy rock, Metallica, mengirimkan lebih dari sekadar doa kepada mereka yang berjuang menghadapi darurat kebakaran hutan di Australia.

Para rocker Bay Area menyumbangkan uang senilai 750.000 dollar Amerika atau Rp 10,4 miliar kepada NSW Rural Fire Service dan kepada Country Fire Authority di Victoria untuk mendukung upaya penanggulangan bencana.

"Kami benar-benar kewalahan oleh berita tentang kebakaran hutan yang menyapu jutaan hektar di seluruh Australia, dengan dampak besar di New South Wales dan Victoria," demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh band tersebut.

Baca juga: Kebakaran Australia, 1 Miliar Hewan Diperkirakan Mati Dilumat Api

Industri musik Australia dan para seniman serta organisasi di seluruh dunia bahu-membahu mengirimkan donasi atau bantuan ke Australia.

Mereka membantu petugas pemadam kebakaran dan mereka yang berisiko kehilangan segalanya karena kebakaran hutan, yang telah menghanguskan lebih dari 12 juta hektar tanah di sana.

Setidaknya 24 orang kehilangan nyawa karena kebakaran tersebut dan sejumlah pertunjukan musik telah dibatalkan karena kondisi berbahaya, termasuk konser Cold Chisel dan Lorne leg of Falls Festival.

Baca juga: Metallica Donasi Rp 10,4 Miliar untuk Tangani Kebakaran Hutan di Australia

Chris Hemsworth

Bintang film Thor, Chris Hemsworth menambah daftar selebriti dunia yang menggalang dana untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia.

Melalui akun Instagram-nya, pada 6 Januari 2020, Hemsworth mengunggah video bahwa ia berjanji bakal mendonasikan satu juta dollar Amerika atau setara dengan Rp 13,9 miliar.

“Seperti diketahui, kebakaran semak di Australia telah membuat kerusakan besar dan mereka terus terbakar. Akan ada cuaca yang lebih hangat dan kita tetap di sini,” kata Hemsworth.

Baca juga: Usai Dikritik, Kylie Jenner Sumbang Rp 13,9 Miliar Atasi Kebakaran Hutan di Australia

Oleh karena itu, Hemsworth mengajak pengikutnya di Instagram dan penggemarnya untuk menyisihkan sedikit penghasilannya untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia.

Menurutnya, setiap dollar Amerika yang terkumpul akan sangat membantu para pemadam yang berada di garda depan dan para korban, manusia atau pun binatang.

Sebagai keterangan video, aktor asal Australia ini menulis bahwa sumbangan sebesar Rp 13,9 miliar berasal dari keluarganya.

Baca juga: Donasi Chris Hemsworth untuk Krisis Kebakaran di Australia

Teranyar, Nicole Kidman dan Keith Urban menyumbang 500 ribu dollar Amerika atau sekitar Rp 7 miliar untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia.

Kylie Jenner

Tak mau ketinggalan, bintang televisi Kylie Jenner turut menyumbang untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia.

Kylie Jenner menyumbang sebesar satu juta dollar Amerika atau setara dengan Rp 13,9 miliar untuk mengatasi dan korban kebakaran hutan di negeri Kanguru tersebut.

Tetapi, dilansir dari Eonline, Selasa (7/1/2020), sebelum memberikan sumbangan, perempuan 22 tahun ini menjadi sorotan dan dikritik di media sosial.

Baca juga: Chris Hemsworth Sumbang Rp 13,9 Miliar Bantu Atasi Kebakaran Hutan di Australia

Sebab, netizen menganggap ibu dari Stormi Webster ini mengunggah hal yang dianggap tidak sejalan dengan apa yang dikampanyekannya.

Diberitakan CBN News, sekitar 12,35 juta hektar lahan di Australia terbakar.

Kebakaran hutan itu disebut merusak lebih dari 1.400 rumah.

Selain itu, belakangan diberitakan bahwa kebakaran hutan di Australia juga merenggut nyawa lebih dari setengah miliar hewan liar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi