Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Kasus Pesugihan, Kuasa Hukum Ruben Onsu Bicara Kemungkinan Roy Kiyoshi Jadi Tersangka

Baca di App
Lihat Foto
Baharudin Al Farisi
Minola Sebayang saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).
|
Editor: Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa Ruben Onsu, Minola Sebayang, berbicara tentang perkembangan kasus dugaan fitnah pesugihan yang menimpa Geprek Bensu, bisnis makanan milik kliennya.

Ditemui di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020), Minola juga menjawab pertanyaan seputar kemungkinan Roy Kiyoshi, Robby Purba, dan Dephienne menjadi tersangka dalam kasus itu

"Iya (mungkin) dong, pasti (mungkin) dong, karena kan mereka menyampaikan itu walaupun dengan inisial tapi dalam sebuah tayangan," kata Minola.

Baca juga: Pihak Ruben Onsu Tidak Akan Cabut Laporan Fitnah Pesugihan

Menurut Minola, pembicaraan Roy bersama Robby dan Dephienne menjadi referensi dalam penyidikan karena menimbulkan spekulasi yang berujung fitnah pada Ruben Onsu.

"Ketika itu dipertanyakan tentu dong referensinya pembicaraan Roy dengan Robby dan teman wanitanya (Dephienne) yang menyebut siapa aja pengusaha yang menggunakan pesugihan," tutur Minola.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dari situlah muncul inisial R untuk pengusahanya dan G untuk nama restorannya. Itu kan pasti akan dipertanyakan R itu siapa G itu siapa," lanjutnya.

Baca juga: Gara-gara Isu Pesugihan, Roy Kiyoshi Stres hingga Datangi Psikiater

Awal mula isu tersebut berembus dari sebuah video YouTube di kanal milik Robby Purba yang menampilkan perbincangannya dengan Roy Kiyoshi serta anak indigo bernama Dephienne.

Dalam video itu, Roy Kiyoshi membahas mengenai beberapa ciri-ciri restoran yang memakai pesugihan atau penglaris.

Robby Purba melontarkan pertanyaan mengenai siapa saja yang memakai pesugihan. Roy menjawab seorang pengusaha dengan inisial "R".

Kepada Dephienne, Robby juga meminta inisial restoran terkenal yang memakai pesugihan hingga kemudian muncul dengan inisial “G”.

Adegan itu kemudian ditampilkan oleh akun YouTube Hikmah Kehidupan yang langsung menyebut Ruben Onsu memakai pesugihan pada bisnis kulinernya.

Baca juga: Kesal Isu Pesugihan, Roy Kiyoshi Tetap Polisikan Akun Hikmah Kehidupan

Akun tersebut mengedit video Robby Purba.

Adik Ruben Onsu, Jordi Onsu bersama Minola kemudian melaporkan akun YouTube Hikmah Kehidupan atas dugaan fitnah kepada bisnis Ruben, Geprek Bensu, pada Senin (11/11/2019) lalu.

Laporan Minola diterima dengan nomor laporan LP/7252/XI/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus, dengan sangkaan pasal 27 Ayat 3 UU ITE juncto pasal 45.

Pihak Ruben menyerahkan seluruh penyelesaian kasus tersebut kepada polisi.

Baca juga: Klarifikasi Roy Kiyoshi soal Bisnis Ruben Onsu Dituding Pesugihan, Ingin Lapor Polisi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi