Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Isi Waktu di Rumah Saja, Arifin Putra Berkebun

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Aktor Arifin Putra saat promo film Si Manis Jembatan Ancol di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Selasa (19/11/2019). Film garapan sutradara Anggy Umbara akan mulai tayang di bioskop mulai 26 Desember 2019 mendatang.

KOMPAS.com - Aktor Arifin Putra mengisi waktu luangnya dengan berkebun selama berada di rumah menyusul imbauan pemerintah untuk jaga jarak (physical distancing) hingga bekerja dari rumah (work from home).

"Banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah, seperti 'hidup hijau di dalam rumah'," kata Arifin dalam konferensi pers virtual Earth Hour di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

"Hal paling simpel ketika banyak waktu kosong di rumah, aku di apartemen ada kompos kecil dengan sampah-sampah organik, dan aku juga punya kebun hidroponik," lanjut bintang Mantan Manten tersebut.

Baca juga: Di Rumah Saja karena Corona, Tommy Kurniawan Bersyukur Bisa Lihat Perkembangan Anak

Arifin mengaku aktif berkebun secara hidroponik dengan menanam tanaman buah tomat ceri, yang telah dua kali ia lakukan di tempat tinggalnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Aku menanam tomat ceri sudah yang kedua kalinya. Rasanya enak, cuma enggak semanis tomat yang biasa kita beli di supermarket," ujar pemain film Foxtrot Six (2019) itu.

Meski tomat hasil kebunya tidak terlalu manis, Arifin merasa mendapat kepuasan tersendiri ketika tomat ceri yang ia tanam dipanen dan dinikmati bersama keluarga dan kerabatnya.

Baca juga: Samuel Zylgwyn Bikin Tempat Cuci Tangan di Depan Rumah, Fans Terinspirasi

Selain berkebun, aktor berusia 32 tahun itu juga mengatakan, memasak bisa menjadi hobi baru yang menyenangkan untuk dipelajari.

"Kita juga bisa belajar masak lebih banyak di rumah, apalagi masakan yang mengandung plant-based karena itu bisa membantu carbon footprint (jejak karbon) kita," ujar dia.

Tak hanya itu, Arifin yang juga aktif dalam aksi mengenai kelestarian alam dan bumi itu juga mengatakan, masyarakat yang tinggal di rumah bersama keluarga bisa ikut menghemat energi dengan cara-cara sederhana.

Baca juga: Social Distancing, Cinta Laura Lahap Makan di Rumah Saja

"Yang bisa kita lakukan juga dengan keluarga, kita bisa menjadi 'polisi' di rumah untuk cek dan mematikan alat elektronik di rumah yang tidak perlu dipakai. Banyak hal yang bisa kita buat produktif, ya, di dalam rumah," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Antara
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Editor: Kistyarini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi