Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Marcello Tahitoe Siap Lanjutkan Perjuangan Glenn Fredly di Bidang Musik

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/IRA GITA
Marcello Tahitoe saat ditemui usai jumpa pers Hodgepodge Superfest 2019 di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).
|
Editor: Novianti Setuningsih

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Marcello Tahitoe berniat melanjutkan cita-cita mendiang Glenn Fredly yang belum tercapai dalam dunia industri musik Indonesia.

"Doain saja. Kalau kamu tanya melanjutkan? Gua mau coba," kata Marcello Tahitoe saat melakukan siaran langsung dalam kanal YouTube Marcello Tahitoe Official, seperti dikutip Kompas.com, Senin (13/4/2020).

Kendati demikian, pria yang kini menolak disapa Ello ini mengatakan perjuangan tersebut butuh dukungan dari masyarakat Indonesia.

Pasalnya, Marcello Tahitoe menilai melanjutkan cita-cita mendiang Glenn Fredly bukan hal yang mudah untuk dijalankan.

Baca juga: Angga Dwimas Sasongko Ziarah ke Makam Glenn Fredly, Ucapkan Selamat Paskah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gua butuh dukungan kalian, karena enggak gampang, sangat-sangat enggak gampang. Tapi, kalau kalian mau bantu dalam doa dan bantu dalam support apapun, gua pasti mau," kata Marcello Tahitoe.

Untuk diketahui, Glenn Fredly memiliki banyak cita-cita untuk musik Indonesia. Salah satunya adalah Undang-undang Permusikan.

Glenn Fredly merupakan salah satu musisi yang merumuskan RUU Permusikan bersama Anang Hermansyah yang waktu itu menjabat sebagai anggota DPR Komisi X.

Selain itu, Glenn Fredly diketahui berperan dalam mempertahankan eksistenti Studio rekaman Lokananta di Kota Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Cerita Addie MS Berencana Rekam Lagu Kebangsaan Bersama Glenn Fredly

Melalui kampanye Save Lokananta, Glenn mencoba mengajak masyarakat untuk peduli dan menjaga agar Lokananta tetap terdengar gaungnya.

Kampanye Save Lokananta itu dia wujudkan dengan melakukan rekaman DVD bertajuk "Glenn Fredly and Bakuucakar Live from Lokananta", pada tahun 2012.

Glenn Fredly juga merupakan salah satu penggagas berdirinya M Bloc Space, tempat anak muda menyalurkan bakat seninya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Sayangnya, perjuangan Glenn Fredly mewujudkan industri musik yang lebih baik terhenti. Pelantun "Kasih Putih" ini mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan, pada 8 April 2020.

Glenn Fredly meninggal dunia setelah berjuang dengan penyakit menginitis atau radang selaput otak.

Baca juga: Addie MS: Glenn Fredly Tidak Asik dengan Dirinya Sendiri, Padahal Dia Tuh Besar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi