Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Sederet Musisi Tanah Air Buat Lagu Baru Terinspirasi Wabah Corona

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Dian Reinis Kumampung, KOMPAS.com/Revi C Rantung, Antara Foto/Aprillio Akbar, Instagram/Yuni Shara
Kolase foto Project Pop, Bimbo, Yuni Shara, Rhoma Irama, Alliyah Massaid
|
Editor: Dian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com- Banyak yang dilakukan musisi selama diberlakukan social distancing dan physical distancing karena pandemi virus corona (Covid-19).

Salah satunya adalah menulis lagu. Berikut ini daftar lagu baru yang tercipta di tengah kondisi pandemi.

1. Dewa Budjana dan 14 musisi

Gitaris band GIGI, Dewa Budjana, baru-baru ini merilis singel berjudul "Satu Jalan" guna membantu keluarga pasien dan ibu pengusaha kecil yang terdampak Covid-19. Singel itu merupakan hasil kolaborasi bersama 14 musisi Indonesia.

Di antaranya Trie Utami, Tompi, Fadly Padi, Once Mekel, Dira Sugandi, Lea Simanjuntak, dan Edo Kondologit.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada pula Sruti RespatiIvan Nestorman, Ayu Laksmi, Uyau Morris, Alvin Witarsa (Strings), Gev Delano (Bass), serta Mesty Ariotedjo (Harpa).

2. Bimbo

Grup musik Bimbo juga mengeluarkan lagu tentang virus corona (Covid-19). Lagu berjudul "Di Rumah Saja" itu dibuat Sam Bimbo sebagai respons atas imbauan karantina mandiri selama pandemi.

Awal keluar, lagu ini sempat membuat orang heboh karena disangka sudah ada sejak 30 tahun lalu.

Padahal menurut salah satu personel Bimbo, Acil, lagu itu merupakan karya terbaru Bimbo yang penggarapannya baru selesai belum lama ini.

"Baru selesai rekamannya juga, baru seminggu, belum mungkin seminggu juga," kata Acil.

3. Sabyan

Pelantun lagu-lagu religi, Nissa Sabyan baru saja mengunggah lagu terbarunya terkait pandemi corona atau Covid-19.

Bergabung dalam grup musik Sabyan Gambus, Nissa Sabyan merilis lagu terbarunya berjudul "Al-Wabaa" dalam kanal YouTube Sabyan.

Dalam lirik lagu tersebut, Nissa Sabyan juga turut mendoakan agar Indonesia terhindar dari kekurangan pangan akibat pandemi Covid-19.

4. Sandy Canester

Penyanyi Sandy Canester menciptakan lagu yang berjudul “Di Rumah Aja” yang diunggah lewat video di akun Instagram-nya, Maret lalu. Lagu tersebut menjadi sebuah ajakan untuk masyarakat agar berdiam diri di rumah demi melawan penyebaran virus corona baru, Covid-19.

5. Rhoma Irama

Raja dangdut Rhoma Irama baru saja merilis lagu berjudul " Virus Corona". "Virus Corona" bercerita tentang kesedihan, kegelisahan, dan ketakutan umat manusia di dunia akan virus corona.

Rhoma Irama berharap bisa menjadi penyemangat dan ajakan untuk masyarakat berintrospeksi diri dengan mengambil hikmah dari wabah yang sedang terjadi. Dalam tiga hari sejak dirilis 4 April 2020, video lagu ini sudah ditonton sebanyak 1,5 juta kali.

6. Judika

Penyanyi berdarah Batak ini membuat pula lagu dengan tajuk Indonesia menghadapi corona. Judika berharap, lagunya yang diberi judul "Tersenyumlah Sobat" itu bisa memberi semangat untuk menguatkan banyak orang.

Mulai dari tim medis, pasien yang terinfeksi virus Covid-19, pekerja yang masih harus bekerja di tengah situasi seperti sekarang

7. Susilo Bambang Yudhoyono dan musisi tanah air

Mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menulis lagu bertema corona.

Lagu berjudul "Cahaya Dalam Kegelapan" yang diciptakan oleh SBY ini menggandeng sejumlah musisi Tanah Air Indonesia. Mereka adalah Joy Tobing, Yuni Shara, dan Sandhy Sandoro, Ariyo Wahab, Ita Purnamasari, Lala Karmela, Andy Rif, dan Irang Perdana.

Lagu "Cahaya Dalam Kegelapan" ini juga di aransemen oleh gitaris jazz terkenal sekaligus penulis lagu, Tohpati Ario Hutomo.

Lagu ini dibuat untuk menyemangati masyarakat Indonesia dan para petugas medis di garda depan dalam berjuang melawan covid-19. SBY berharap, lagu yang diciptakannya dapat memberikan semangat dan harapan bagi seluruh orang, terutama yang tengah berjuang di garis depan berjuang melawan covid-19.

8. Ade "Govinda" dan 13 penyanyi

Ade "Govinda" menciptakan lagu berjudul "Menjaga Dunia". Lagu ini menjadi lagu pertama Ade yang direkam secara online.

Lagu ini dinyanyikan mulai dari Titi DJ, Anji, Vidi Aldiano, Lala Karmela, Rian "D'MASIV", Rizky Febian, Claudia Emmanuela, Ilham dan Neida "HiVi", Judika, Cita Citata, Ifan "Govinda", Pamungkas, serta didukung oleh Ade dan Jeje "Govinda" juga Dimas Joey.

9. Project Pop

Belum lama ini grup vokal Project Pop merilis lagu terbarunya yang berjudul "Gara-gara Corona" dan sudah dapat disaksikan melalui YouTube pada 24 Maret 2020 lalu.
“Gara-gara Corona” merupakan lagu yang terinspirasi dari pandemi corona atau Covid-19 yang tengah mewabah di dunia. Lagu ini pun adalah sebuah lagu parodi yang diambil dari lagu “Gara-gara Kahitna” yang dirilis pada 2013 lalu.

10. Aaliyah Massaid

Penyanyi Aaliyah Massaid juga hadir mempekenalkan single terbarunya yang berjudul "Saling Peduli". “Saling Peduli” sebuah single yang diciptakan Pika Iskandar, Music Producer dari MADE Entertainment yang kemudian dinyanyikan Aaliyah Massaid.

"Saling Peduli" menceritakan tentang keadaan yang menimpa Indonesia saat ini, dengan maksud untuk dapat memberikan energi positif kepada seluruh masyarakat yang terdampak pandemi corona.

11. Prilly Latuconsina

Artis peran Prilly Latuconsina juga ikut dalam sebuah lagu yang berjudul “Semua Kan Berlalu”. Lagu ini dibuat untuk memberikan semangat kepada para tenaga medis dalam menanggulangi virus corona atau Covid-19.

“Semua Kan Berlalu” merupakan lagu yang diinisiasi oleh Prilly Latuconsina, Aan Story, dan Shandy Purnamasari. Selain Prilly, rekan artis lain juga ikit terlibat, mereka adalah Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Anji Manji, Tissa Biani, Steffi Zamora, Iis Dahlia, dan masih banyak lainnya. Tak hanya artis, tokoh publik seperti Merry Riana hingga Sandiaga Uno ikut terlibat.

12. SLANK

Grup band Slank tengah mempersiapkan sebuah lagu untuk jadi penyemangat bagi mereka yang harus bekerja ke luar rumah di tengah pandemi Covid-19.

Bimbim ingin lagu gubahan Slank ini nantinya bisa disukai oleh banyak orang, terutama mereka yang tetap harus ke luar rumah untuk bekerja di tengah pandemi Covid-19.

13. D'Masiv

Latar belakang D’MASIV membuat lagu bertema corona karena melihat fenomena pandemi Covid-19 yang sedang terjadi. D'Masiv merasa setiap masalah pasti akan berakhir. Karena itu mereka ingin menyampaikan pesan itu lewat sebuah lagu berjudul "Bersama Kita Kuat".

Menurut Rian Ekky Pradipta atau Rian, vokalis, pada awalnya lagu ini ingin Ia ciptakan bersama rekan-rekan dalam nuansa religi.

14. Melly Goeslaw

Resah dengan kondisi saat ini, musisi Melly Goeslaw menciptakan sebuah lagu bertema corona yang diberinya judul "Berkumpul di Surga".

"Lagu ini lahir saat saya resah. Saat wabah covid melanda dunia khususnya di Indonesia. Ada rasa takut hadir di hati saya. Kalau saya kenalalu wafat, apakah nanti saya
Kalau saya kena lalu wafat, apakah nanti saya ketemu lagi sama suami dan anak-anak?" tulisnya di Instagram.

Meskipun diakuinya bahwa lagu ini tak seperti lagu-lagu hasil karyanya yang lain, Melly merasa justru mendapat spirit luar biasa ketika membuatnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi