Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Saat Ernest Prakasa Selipkan Unek-unek untuk Presiden Jokowi...

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/DIENDRA THIFAL RAHMAH
Ernest Prakasa sutradara film Imperfect saat promo film di di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta,Rabu ( 4/12/2019).
|
Editor: Andi Muttya Keteng Pangerang

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika dan pegiat film Ernest Prakasa merupakan salah satu selebritas Tanah Air yang berani mengemukakan pendapatnya tentang politik Indonesia.

Ernest pernah terang-terangan mengakui bahwa dirinya mendukung Presiden Joko Widodo pada pilpres tahun lalu.

Baca juga: Ernest Prakasa Putuskan Tak Rilis Film Akhir Tahun ini

Namun, ia juga tak segan memberikan kritik terhadap Jokowi dan kinerjanya selama menjadi orang nomor satu di negeri ini.

Kompas.com merangkumnya sebagai berikut:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Ungkapan kecewa di sela ucapan ulang tahun

Pada hari ulang tahun Presiden Joko Widodo, 21 Juni 2020, Ernest Prakasa menyelipkan keluh kesahnya atas kepemimpinan sang presiden.

Ucapan selamat ulang tahun itu disampaikan Ernest melalui video berdurasi 2 menit 15 detik yang diunggah di akun Instagram @ernestprakasa.

Baca juga: Penyebab Ernest Prakasa Batal Rilis Film Tahun Ini

"Selamat ulang tahun ke-59 Pak @jokowi. Ini ada sedikit ucapan plus uneg-uneg dari saya. Peace," tulis Ernest Prakasa dalam keterangan video di akun resmi @ernestprakasa, dikutip Kompas.com, Minggu (21/6/2020).

Pada awal videonya, Ernest mengaku sedikit berat hati ketika membuat video ucapan tersebut.

Bukan karena tidak ingin memberi selamat ulang tahun dengan kalimat yang indah, tetapi Ernest mengaku bingung dengan perasaannya saat ini.

"Bukannya saya enggak mau ngucapin, tapi saya bingung mau ngomong apa pak ngucapinnya, karena saya mix feeling, ingin 100 persen berbunga-bunga, tapi sejujurnya saya agak kecewa juga sama bapak selama jadi presiden," kata Ernest Prakasa.

Baca juga: Penyebab Ernest Prakasa Batal Rilis Film Tahun Ini

Sebagai orang yang pernah menjadi simpatisan Jokowi dalam dua kali pemilihan presiden, Ernest melihat masih banyak harapan yang terbengkalai di periode kedua kepemimpinan Jokowi.

2. Tetap optimistis dan harapan Ernest

Namun, Ernest Prakasa juga sadar bahwa pemerintahan Jokowi periode ini baru berjalan satu tahun dan masih ada waktu panjang untuk melakukan perbaikan.

Selain itu, Ernest juga menyadari akan lebih mudah memberikan komentar daripada menjalankannya.

Oleh karenanya, Ernest berharap ke depannya Jokowi bisa melakukan hal yang terbaik dalam mengambil keputusan untuk kepentingan rakyat banyak.

Baca juga: Ernest Prakasa Batal Bikin Film Tahun ini, Singgung Soal Budget

"Semoga Bapak sehat terus, semoga Bapak bisa memimpin Indonesia dengan baik melewati masa pandemi ini. Semoga sebagai pemimpin Indonesia bapak Jokowi diberikan nurani yang senantiasa jernih untuk melakukan hal-hal baik dan mengambil keputusan-keputusan yang berat demi kepentingan rakyat banyak, kata Ernest.

Tak lupa, Ernest Prakasa mengucapkan selamat ulang tahun untuk Presiden Jokowi.

"Itu saja pak semoga sehat, dan bahagia selalu, selamat ulang tahun bapak Jokowi," kata Ernest Prakasa pada akhir videonya.

3. Komentar Ernest tentang kabinet Jokowi-Maruf Amin

Sebelumnya, Ernest Prakasa pernah mengungkapkan pendapatnya tentang dilantiknya menteri dan kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

Baca juga: Batal Rilis Film Tahun Ini, Ernest Prakasa Fokus ke Serial Imperfect

Menurut Ernest, kabinet Jokowi masih didominasi oleh anggota partai politik, meskipun nama Nadiem Makarim dan Wishnutama masuk dalam jajaran menteri.

"Ya kalau secara keseluruhan terlalu banyak orang partai-lah, kirain dengan periode kedua yang konon tanpa beban ini bisa lebih...," kata Ernest saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/10/2019) lalu.

"Memang ada sih nama-nama kayak Pak Tama, Pak Diem, cuma nama-nama partainya masih terlalu banyak," sambungnya.

Suami penulis Meira Anastasia itu juga berkomentar tentang posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dijabat oleh Johnny G Plate.

Baca juga: Cerita Ernest Prakasa Batal Rilis Film Baru Tahun ini dan Serial Imperfect

Saat itu, Ernest menuturkan, dia tak ingin berharap banyak terhadap kabinet pemerintahan Jokowi di periode kedua ini.

"Ya lebih ke enggak berharap lebih sih, netral-netral aja. Gue kalau lihat kabinet seperti ini mendingan gue enggak berharap banyak daripada kecewa ya kan," ucapnya.

4. Kecewa karena Prabowo jadi menteri

Ernest juga mengaku kecewa dengan keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Menurut dia, keputusan tersebut mengecewakan para pendukung Jokowi, termasuk dirinya.

Baca juga: Ernest Prakasa Sedikit Berat Hati Ucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Jokowi

"Iya, gue hanya bisa bilang bahwa itu sebuah keputusan yang pasti akan mengecewakan banyak pendukung Jokowi. Sudah pastilah (kecewa), orang tadinya lawan kok sekarang tiba-tiba dirangkul," kata Ernest saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/10/2019).

Menurut dia, selama masa kampanye, pendukung berupaya memenangkan Jokowi dari Prabowo pada Pilpres 2014 dan 2019.

Namun, kini Jokowi justru menunjuk Prabowo sebagai Menteri Pertahanan.

"Kemarin kami mencegah bagaimana caranya supaya Pak Prabowo enggak menang. Setelah Pak Jokowi menang, dia tetap tanda kutip menang, kok jadi ada yang aneh ya," ujar Ernest Prakasa ketika itu.

Baca juga: [POPULER HYPE] Ernest Prakasa Berat Hati Ucapkan Ultah ke Jokowi | Ferdian Paleka Unggah Video Lagi

5. Ernest percaya dengan keputusan Jokowi

Meski demikian, Ernest meyakini Jokowi memiliki pertimbangan khusus menjadikan Prabowo sebagai menteri dalam jajaran kabinetnya.

"Cuma sampai saat ini Pak Jokowi sih bisa membawa kita di lima tahun ke belakang ya berjalan dengan aman. Mungkin dia punya visi besar di keamanan, kita enggak ngerti," tutur Ernest.

Sejauh ini, Ernest belum melihat blunder fatal yang dilakukan Presiden Jokowi.

Ia berharap semua yang diputuskan Jokowi terbaik untuk bangsa Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi