Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ahok Sempat Ingin Bikin Galeri Aula untuk Koleksi Batiknya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hadir saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.
|
Editor: Novianti Setuningsih

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau lebih dikenal Ahok akan melelang 19 koleksi baju batik yang menemaninya dalam sidang penistaan agama.

Sebelumnya, Ahok pernah berniat membuat hall gallery atau galeri pameran khusus untuk koleksi baju-baju batiknya tersebut.

Namun, rencana itu urung dilakukan Ahok sehingga akhirnya dilelang agar uang yang terkumpul bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Melalui BTP Foundation, Ahok membuat aplikasi Jangkau yang bisa mempertemukan orang yang ingin membantu dan orang yang sedang memerlukan bantuan.

Baca juga: Wawancara Ahok, Daniel Mananta Disuruh Baca Buku dan Cecar soal Film

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tadinya mau saya taruh di rumah saja, tadinya mau saya bikin hall gallery, ditempelin, supaya orang ngelihat ini dipakainya tanggal berapa, kejadiannya di mana. Cuma kemudian kita bikin Jangkau dan saya melihat banyak kebutuhan dana yang dipakai," kata Ahok dalam konferensi pers virtual lelang batik Ahok, Senin (29/6/2020).

Dalam setiap minggunya, benihbaik.com dan BTP Foundation akan mengeluarkan tiga batik yang pernah digunakan oleh Ahok dalam persidangan kasus penistaan agama.

Tiga batik pertama yang akan dilelang ke publik adalah batik yang digunakan pada sidang perdana tanggal 13 Mei 2016, 20 Desember 2016, dan saat sidang putusan 9 Mei 2017.

Batik yang digunakan Ahok tanggal 13 Mei 2016 akan dibuka dari harga pertama yang cukup spesial, yakni Rp 54.

Angka tersebut sengaja dipilih karena sesuai dengan usia Ahok saat ini.

Baca juga: Ahok Siap Bubuhkan Tanda Tangan di Setiap Batik yang Dilelang

Bagi peserta lelang yang ingin mendapatkan batik ini harus menambahkan kelipatan Rp 500.000 di setiap tawarannya.

Sementara batik yang dipakai Ahok dalam sidang tanggal 20 Desember 2016, dibuka dengan harga lelang Rp 296. Angka ini sesuai dengan tanggal kelahiran BTP yang jatuh pada 29 Juni.

Sayangnya, BTP Foundation belum menentukan harga awal untuk batik terakhir yang digunakan pada sidang putusan 9 Mei 2017.

Bagi Anda yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam lelang batik Ahok, bisa langsung mendaftar ke laman benihbaik.com.

Uang yang terkumpul dari hasil acara lelang ini akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam platform Jangkau.

Baca juga: Ahok Lelang 19 Baju Batiknya di Platform Ini, Minat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi