Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Sic Mynded Tandai Kebangkitan Lewat Album Jelaga 2020

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ Dokumentasi narasumber
Dokumentasi narasumber.
|
Editor: Dian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com- Grup band industrial asal Jakarta, Sic Mynded, kembali merilis album terbaru mereka yang berjudul Jelaga 2020.

Album ini menandai kebangkitan band yang sempat hiatus lebih dari 13 tahun ini.

Dalam album ini, Sic Mynded turut menceritakan perjalanan band tersebut yang mana terjadi segala perubahan di dalamnya yang membuat musik mereka semakin matang dan punya ciri khas tersendiri.

Dan single “Jelaga 2020”, “Triggerdance”, “Save Your Kiss” dan juga “Peace Within” menjadi beberapa lagu andalan Sic Mynded dalam album tersebut.

Beberapa lagu itu telah diluncurkan di penghujung Februari 2020 lalu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Album ini bedanya dengan Jelaga dulu, Jelaga 2020 adalah rangkuman perjalanan itu. Kenapa? mungkin dipasar Indonesia lagu Jelaga lah yang dikenal, mungkin di Indonesia itu jelas, makanya jadi single terdepan,” kata Oddie Octaviadi dalam konfrensi pers via Zoom, Kamis (9/7/2020) malam.

Sementara itu, dengan hadirnya album ini setidaknya sudah ada empat album dan lima buah lagu yang dihasilkan Sic Mynded.

Di samping itu, menurut Oddie Jelaga 2020 menjadi perkenalannnya kembali dengan para pendengar musik Tanah Air.

“Album Jeaga 2020 ini semacam kita introduction, dan lengkap dengan sejarah, seperti layaknya kenalan aja,” ucap Oddie lagi.

Bersamaan dengan peluncuran Jelaga 2020, Sic Mynded turut memperkenalkan personel baru mereka yakni Marcell Siahaan, Gatot Alindo, Aldi Pagaruyung dan Adra Karim.

Marcell berujar bahwa Jelaga 2020 mempunyai musik yang sudah sangat mumpuni.

Dia pun hanya yang memoles kembali menjadikan lagu Jelalaga lebih familiar hingga mudah didengar oleh banyak orang.

“Di kepala gue saat mem-produce ulang ketika lagu ini cepat lekat dikuping kita. Karena ada beberapa hal secara tidak langsung template di kepala gue, lagu ini jangan bertele-tele,” ucap Marcell Siahaan.

“Gimana cara menjembatani lagu ini ke banyak orang. Harapannya tidak menghancurkan aslinya, ini lagunya keren banget. Gimana caranya cepat melekat, mengambil begitu banyak pasar baru supaya orang dengar, dan pesannya sampai,” sambung Marcell.

Sekedar diketahui, Sic Mynded sendiri merupakan grup band yang berdiri pada 1995 di Amerika Serikat yang beranggotakan Oddie Octaviadi dan Rudi Soedjarwo.

Hingga akhirnya Sic Mynded berhasil memproduksi demo pertama mereka yang berjudul “Room” pada 1993 yang berisi tiga buah kaset lagu.

Kemudian adapula album Insight di penghujung tahun 1995 yang dirilis oleh Sic Mynded.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi