Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Bayu Skak Bicara Pensiun dari YouTube dan Syuting Film Yowis Ben 3 Terdampak Pandemi

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNG
Bayu Skak berpose saat media visit film Yowis Ben 2 di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (27/2/2019). Film Yowis Ben 2 dirilis di bioskop 14 Maret 2019 mendatang.
Penulis: Firda Janati
|
Editor: Andika Aditia

JAKARTA, KOMPAS.com – Komedian dan sineas Bayu Skak memberikan tanggapan berkait kabar yang menyebut dia sudah pensiun dari dunia YouTube.

Selain itu, Bayu Skak juga menceritakan film garapannya berjudul Yowis Ben 3 yang harus tertunda syuting karena pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan ketika Bayu menjadi bintang tamu di kanal YouTube Raditya Dika, berikut rangkumannya.

1. Jawab kabar pensiun dari YouTube

Raditya Dika penasaran melihat wajah Bayu terpampang sebagai salah satu YouTuber yang akan pensiun dari YouTube selain Andovi dan Jovial da Lopez. 

Baca juga: Disebut Pensiun dari YouTube, Bayu Skak Siapkan Peluru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayu kemudian menjelaskan alasan banyak orang menyebut dirinya sudah undur diri dari YouTube.

"Jadi orang menganggap aku pensiun mungkin karena aku sudah enggak kayak dulu lagi, kayak bikin video full komedi, vlog yang ditambahin sketsa," kata Bayu.

2. Ingin buat konten yang bermanfaat

Bayu melanjutkan, saat ini dia memutuskan hanya ingin membuat konten yang memberikan makna atau sesuatu yang bermanfaat bagi para penonton.

"Kebanyakan pengin aku kayak dulu, aku ya lebih baik seperti yang Jovi Dovi lakukan, aku akan fokus nyajikan konten yang gado-gado, enggak mau ngikutin pasar," ujar Bayu. 

Baca juga: Bayu Skak Jawab Kabar Pensiun dari YouTube

Pria bernama asli Bayu Eko Moektito itu mulai terjun ke dunia YouTube pada 2009 lalu. Bayu bersama teman-temannya membentuk grup lawak bernama Skak.

3. Tengah siapkan series

Bayu telah menyiapkan konten spesial yang akan diunggah melalui kanal YouTube-nya.

"Channel-ku ini bisa jadi bukan aku yang isi nantinya tapi aku save beberapa peluru, kayak web series yang nantinya bukan ke OTT, tapi ke YouTube aku," tuturnya.

Bintang film Yowis Ben itu mengatakan, dia akan menjadi orang di balik layar dalam serial tersebut.  

Baca juga: Bayu Skak Sebut Yowis Ben 3 Siap Syuting Lagi September 2020

"Series yang simple-simple mengenai anak desa, aku hanya sebagai penulis skenario atau direct, tapi enggak main," ucapnya.

4. Syuting Yowis Ben 3 tertunda

Proses syuting film yang Bayu sutradarai bersama Fajar Nugros itu harus tertunda karena pandemi Covid-19.

"Baru tiga hari syuting. Jadi aku sama Fajar Nugros (sutradara) sudah sepakat, kami telepon produser, kalau dilanjutkan enggak bisa nih," kata Bayu.

Bayu mengungkapkan saat itu harus syuting di Malang, tetapi Walikota Malang sudah mengumumkan akan membatasi wilayahnya.

"Karena waktu itu Walikota Malang sudah umumin mau ditutup, lebih baik kami hentikan aja. Padahal persiapan sudah ready semua," tuturnya. 

Baca juga: Fajar Nugros Hentikan Proses Syuting Film Yowis Ben 3

Meski kini proses syuting telah kembali dilakukan dengan protokol kesehatan, Bayu merasa saat ini belum tepat untuk melanjutkan proses syuting.

"Kami sudah siapin semua dari Banyuwangi sampe Solo, ada adegan manggung di sana, kalau maksain syuting, aneh ngeband yang nonton ada jaraknya, pakai masker harus duduk, aduh enggak asik, jadi harus nunggu dulu nih," tuturnya.

5. Siap syuting kembali September

Bayu menjelaskan ada beberapa alasan yang membuat proses produksi film terakhir dari trilogi Yowis Ben ini dilakukan pada bulan September.

Salah satunya adalah kondisi para pemain seperti Brandon Salim yang akan segera meninggalkan Tanah Air dan Cut Meyriska yang akan melahirkan anak pertama. 

Baca juga: Bayu Skak Sebut Yowis Ben 3 Siap Syuting Lagi September 2020

"Karena Brandon juga sudah rencanain dia mau kuliah di luar negeri di Oktober jadi kita harus mikir itu juga," tutur Bayu.

"Cut Meyriska juga kan nanti akan ada lagi, nah dia sekarang lagi hamil, jadi nunggu lahiran dulu dan lahiran pun enggak bisa langsung. Jadi nunggu sebulan dua bulan," katanya.

Bayu tak memungkiri kondisi pandemi membuat perencanaan produksi film Yowis Ben 3 berantakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi