Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ibunda Han So Hee Dikabarkan Lakukan Penipuan Uang Mengatasnamakan Anaknya

Baca di App
Lihat Foto
Hasil tangkap layar Youtube JTBC
Karakter Yeo Da Kyung yang diperankan oleh Han So Hee dalam drama The World of The Married.
|
Editor: Tri Susanto Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 18 Juli lalu seorang netizen berinisial "A" mengunggah cerita di sebuah forum online.

Dia dan sebuah kelompok telah ditipu oleh ibu dari seorang selebritas yang menjadi populer berkat drama “The World of The Married".

Baca juga: Han So Hee Minta Penggemar Menegurnya Jika Mulai Berulah

Sebagai bukti, "A" menyertakan teks percakapan antara mereka dan ibu yang dimaksud.

Dalam unggahannya, "A" menjelaskan dari Oktober 2015 hingga Agustus 2016 mereka telah bergabung ke dalam gye yang dijalankan oleh ibu itu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap bulannya mereka menyetorkan uang sebanyak 2,45 juta won.

Sebagai informasi, gye adalah semacam bank swasta tradisional yang populer di Korea, di mana para anggotanya mengumpulkan sejumlah kecil uang dan secara bergiliran menerima pembagian sekaligus.

Baca juga: Usai The World of The Married, Han So Hee Dilirik Bintangi Drama Terbaru Netflix

"A" mengatakan, pada September 2016, ketika mereka seharusnya menerima pembagian uang itu, sang ibu justru keluar dari kelompok mereka.

"A" berniat melaporkan ibu tersebut, tetapi akhirnya sang ibu menghubunginya.

"Dia bilang dia tidak punya uang. Dia telah menggunakan semua uangnya sendiri. Saya mengatakan bahwa saya akan menuntutnya, tetapi orang lain menghentikan saya. Saya mendapat surat janji dan dia berkata bahwa dia akan mencicil setiap bulan tetapi dia mengganti nomor teleponnya dan memutuskan kontak dengan saya," jelas A.

Ibu itu sempat mengatakan, ia akan mengembalikan seluruh uang jika putrinya telah terkenal nantinya.

Baca juga: Dapat Tanda Tangan Han So Hee, Jeon Jin Seo Akui Lebih Dihargai Teman Sekolahnya

"A" lalu mencari putri sang ibu ke agensinya di Seoul.

"Setiap kali saya melihat artis itu di TV, saya menjadi sangat marah. Saya tidak habis berpikir, 'Apakah dia menjadi terkenal dari uang saya?' Saya sudah hancur, tetapi selebritas itu berhasil bahkan ketika ibunya menipu orang," tulis A.

Total uang itu mencapai 40 juta won. Namun, sebagian telah dikembalikan oleh anggota lainnya.

"A" meminta sang ibu untuk membayarnya setiap bulan. Tetapi dalam empat tahun terakhir, "A" hanya mendapat 100-300 won dalam beberapa bulan.

Baca juga: Tanggapan Han So Hee Dapat Hujatan Netizen Indonesia gara-gara Peran Pelakor

"Saya menghubunginya lagi setelah artis itu tampil di The World of The Married, tetapi dia telah mengubah informasi kontaknya. Saya bertanya orang sekitar untuk mendapatkan informasi kontaknya, tetapi dia mengatakan bahwa dia tidak berhubungan dengan putrinya lagi dan membuat alasan bahwa dia akan membayar saya," tutur A.

Sementara itu, Han So Hee angkat bicara dan menulis pernyataan di blog miliknya.

"Halo ini Lee So Hee (nama aslinya). Pertama, meskipun saya tidak menganggap saya memahami semuanya, saya ingin meminta maaf kepada para korban yang menulis unggahan mereka sambil merasa seperti mereka berdiri di tepi tebing. Saya percaya mereka berada dalam situasi di mana saya tidak bisa mengatakan apa pun untuk menghibur mereka," tulis Han So Hee.

Han So Hee meminta maaf dengan sangat mendalam dan mulai menceritakan semuanya.

Baca juga: Dihujat Warganet Indonesia gara-gara Peran Pelakor, Han So Hee Malah Merasa Lucu

"Saya menanggung rasa malu ini dan menulis ini dengan harapan bahwa korban lain tidak akan muncul," imbuhnya.

"Ketika saya berusia sekitar lima tahun, orangtua saya bercerai dan saya dibesarkan oleh nenek saya. Saat saya mendaftar ke sekolah menengah atas, saya pindah sekolah ke Ulsan, tempat ibu saya tinggal, tetapi saya terus tinggal bersama nenek saya. Setelah lulus, saya pindah ke Seoul dan mulai mengejar jalur karier saya saat ini," ungkap Han So Hee.

Aktris kelahiran tahun 1994 ini mengatakan, ia sempat tidak berkomunikasi dengan ibunya.

"Jadi saya mempelajari tentang utangnya setelah saya berusia 20 tahun. Karena ibu saya adalah putri dari wanita yang membesarkan saya (neneknya) dan karena tugas moral hubungan orangtua-anak, saya membayar utang ibu sebanyak yang saya bisa sebelum saya melakukan debut," jelasnya.

Setelah debut, Han So Hee semakin menyadari bahwa ibunya mengutang dengan memakai namanya tanpa sepengetahuan ia sebelumnya.

Baca juga: Han So Hee Harus Turunkan Berat Badan untuk Drama The World of The Married

"Setelah debut, saya dikontak berbagai debitur, saya mengetahui bahwa dia memiliki lebih banyak utang yang belum dibayar yang dia pinjam atas nama saya. Saya juga mengetahui bahwa dia telah memasukkan nama saya di dokumen utang tanpa sepengetahuan saya dan bahwa nama saya terlibat dalam utang yang begitu besar sehingga saya tidak bisa menanganinya," tutur Han So Hee.

Han So Hee mengaku, saat itu dia masih muda dan masih belum dewasa dalam bertindak.

"Saya pikir satu-satunya solusi adalah membayar utang sebagai gantinya. Namun, saya pikir itu menyebabkan lebih banyak korban pada akhirnya, jadi saya minta maaf. Akhirnya, saya ingin menundukkan kepala dan meminta maaf sekali lagi kepada para korban dan mereka yang terluka oleh cobaan ini," tutup Han So Hee dalam tulisannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi