Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Perjalanan One Direction, Dibentuk Simon Cowell Menjadi Superstar Dunia

Baca di App
Lihat Foto
California. Kevin Winter / Getty Images / AFP
Personel One Direction Harry Styles, Niall Horan, Liam Payne, Louis Tomlinson dan Zayn Malik menerima penghargaan Pop / Rock Band / Duo / Group Favorit di atas panggung di American Music Awards 2014 di Nokia Theatre LA Live pada 23 November 2014 di Los Angeles,
|
Editor: Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Desember 2010, boyband One Direction (1D) dibentuk oleh Simon Cowell melalui acara kompetisi menyanyi The X Factor.

Grup yang terdiri dari Zayn Malik, Louis Tomlinson, Liam Payne, Niall Horan, dan Harry Styles itu menempati posisi ketiga pada musim tersebut.

Walaupun mereka tidak memenangi ajang tersebut, grup tersebut mencetak karier cemerlang.

Baca juga: Profil Liam Payne, dari One Direction hingga Solo Karier

One Direction merilis lima album dalam lima tahun, menggelar tur dunia dari tahun 2011 hingga 2015, dan memenangi berbagai penghargaan musik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merayakan 10 tahun karier mereka, simak perjalanan karier One Direction.

Solois yang disatukan

Zayn Malik, Harry Styles, Niall Horan, Louis Tomlinson, dan Liam Payne masih berusia 16 hingga 18 tahun ketika mengikuti X Factor di Inggris.

Mereka mengikuti audisi sebagai penyanyi solo, berharap bisa sukses sebagai solois.

Baca juga: Profil Harry Styles, Eks Personel One Direction yang Sukses Main Film Dunkirk

Cowell kemudian memanggil mereka pada 23 Juli 2010 dan menawarkan kesempatan untuk melanjutkan meraih mimpi, tetapi menjadi satu grup.

Kesuksesan menghampiri

Album debut mereka, Up All Night, dirilis di Inggris dan Irlandia November 2011. Up All Night menjadi album dengan penjualan tercepat di Inggris tahun itu.

Padahal, saat itu hanya dua lagu single yaitu "What Makes You Beautiful" dan "Gotta Be You" yang dirilis, tetapi One Direction sudah menjadi suatu fenomena.

Baca juga: Profil Zayn Malik, Mantan Personel One Direction dan Kekasih Gigi Hadid

Saat dirilis dirilis di Amerika Serikat pada Maret 2012, album langsung menempati posisi pertama Billboard 200 dengan meraih 170.000 kopi pada minggu pertama.

Pada bulan yang sama, ribuan penggemar bersorak ketika One Direction melewati Rockefeller Plaza New York dengan bus berhiaskan nama mereka.

The Today Show menjadi penampilan perdana mereka di televisi Amerika Serikat.

Baca juga: Profil Niall Horan, Gagal di X Factor tapi Sukses Bersama One Direction

Puncak popularitas

Tahun 2012 hingga 2014 merupakan tahun emas bagi One Direction. Tur dunia mereka semakin besar, meningkat ke level stadion, sehingga memberi lebih banyak kesempatan bagi penggemar untuk menonton penampilan mereka.

Tak terhitung lagi dokumenter, buku, album, penghargaan, acara pertunjukan, peluncuran parfum, dan sesi foto yang dijalani mereka.

Ketika album kedua Take Me Home (2012) bocor sekalipun, penggemar masih setia membeli album seakan belum pernah mendengarnya sebelumnya.

Baca juga: One Direction Siap Bikin Kejutan di Perayaan 10 Tahun

Saat lagu "Best Song Ever" dirilis dari album Midnight Memories (2013), penggemar tak berhenti memutarnya di berbagai gawai untuk memecahkan rekor Vevo.

Perjuangan penggemar pun berbuah manis. Klip "Best Song Ever" menjadi video Vevo paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam dengan 12,3 juta kali views.

Tahun 2014, mereka merilis album Four.  Pada album ini para personel One Direction berperan lebih besar selama proses pembuatan. Mereka berkontribusi dalam penulisan lagu hingga proses produksi.

Baca juga: Profil Louis Tomlinson, Personel One Direction yang Lebih Dulu Debut sebagai Aktor

Mereka mencatat sejarah sebagai grup pertama yang memiliki empat album debut pada posisi pertama.

Meskipun tidak pernah mendapat Grammy, One Direction memiliki penggemar setia. Itu yang membuat posisi mereka aman di puncak chart.

Ditinggal Zayn Malik

Tanggal 25 Maret 2015 akan selalu diingat penggemar One Direction. Hari itu, Zayn Malik mengumumkan keluar dari grup.

"Saya ingin meminta maaf kepada penggemar jika saya membuat siapa pun terpuruk, tetapi saya harus melakukan apa yang hati saya rasa benar," bunyi pengumuman tentang pengunduran diri Zayn.

Baca juga: One Direction Siap Beri Kejutan untuk Fans Rayakan Satu Dekade

Rupanya saat itu Zayn berjuang menghadapi anxiety ketika berada di grup.

Rilis album tanpa Zayn dan rencana rehat

Pada Juli 2015, lagu "Drag Me Down" dari album kelima, Made in the A.M., menjadi rilis pertama One Direction dengan empat anggota.

Bersamaan itu, diumumkan juga untuk pertama kalinya One Direction akan rehat selama 18 bulan.

Januari 2016, One Direction merilis video musik "History" yang memperlihatkan kilas balik grup mereka dan juga sukses yang berhasil mereka capai.

Baca juga: Liam Payne Sebut Zayn Malik Tak Akan Ikut Reuni One Direction, Kenapa?

Video musik ditutup dengan anggota One Direction saling memeluk di panggung di pertunjukan terakhir mereka sebagai grup.

Solo karier

Di tengah masa hiatus One Direction, para personelnya mulai mencoba bersolo karier.

Harry Styles, Niall Horan, Louis Tomlinson, Liam Payne, dan Zayn Malik termasuk sukses dengan proyek solo masing-masing.

Zayn Malik debut dengan single "Pillowtalk" yang berhasil menduduki posisi pertama Hot 100. Dia menjadi anggota One Direction pertama yang ada di posisi itu.

Kemudian, tahun 2019, Harry Styles melakukan debut dengan album Fine Line, serta Tomlinson dengan album Walls.

Sementara itu, Niall Horan memiliki dua album di posisi top 5, yakni Flicker (2017) yang berada di posisi pertama dan Heartbreak Weather (2020).

Sementara Liam Payne di top 10 hit dengan menyanyikan "You know, I used to be in 1D (now I'm out, free)" bagian dari "Strip That Down" feat Quavo yang sempat menjadi kontroversi.

Terlepas dari rehat yang tak berujung, One Direction masih membuat sejarah. Belum ada boyband yang setiap anggotanya meraih sukses ketika bersolo karier seperti One Direction.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Billboard
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi