Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Banyak Artis Jadi YouTuber, Anang: Jangan Mengejek Konten Lain

Baca di App
Lihat Foto
YouTube The Hermansyah A6
Anang Hermansyah mencoba kendaraan Komodo yang diproduksi PT Pindad.
|
Editor: Dian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com- Musisi Anang Hermansyah dan Ashanty memberi pandangan mereka melihat adanya ketidakharmonisan antara YouTuber dengan selebriti yang mulai menjajal dunia YouTube.

Apalagi di masa pandemi corona (Covid-19) seperti sekarang, di mana aktivitas orang terbatasi, Ashanty memaklumi jika akhirnya banyak selebriti yang ikut terjun di dunia YouTube.

Menurutnya, sah-sah saja jika tujuannya sama-sama menghibur, mendidik, asal bukan konten-konten seperti memberi bingkisan sampah seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cerita di Balik Kolaborasi Artis di YouTube, Akhirnya Jawab Rasa Penasaran Netizen

Sekalipun ada gimik di dalamnya, penonton juga masih bisa bebas memilih apakah memang mereka mau menontonnya atau tidak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Andaipun ada YouTuber pakai gimik, kalau penontonnya memang mau nonton, jangan karena kita iri dengan kesuksesan konten seseorang akhirnya kita menjatuhkan," kata Ashanty, dikutip dari vlog The Hermansyah A6, Rabu (12/8/2020).

Terkait keragaman konten YouTube, Anang kemudian menambahkan, YouTube dan pemerintah memiliki aturan yang jelas, bagaimana konten YouTube itu sebaiknya digunakan untuk hal positif.

Baca juga: Ketika Ashanty Minta Anang Bersikap Romantis, tapi Malah Berujung Kesal

Lewat vlog berjudul "Menjawab Pertanyaan Netizen untuk Keluarga Asix" Anang menilai semua konten baik, yang membedakan hanya mungkin kreativitas tiap pemilik kanal YouTube.

"Pembikinan konten terserah teman-teman, yang penting jangan menyakiti, jangan mengejek bahwa konten yang lain lebih bagus dari konten yang lain, semua konten bagus," ujar Anang.

"Asal tidak melanggar hukum dan bermanfaat buat orang lain, dengan niat baik bahwa aku ingin menghibur, memberi masukan pada orang, memberi ilmu, silakan enggak apa-apa juga, enggak bisa menyamaratakan," sambung Anang menjelaskan.

Seperti konten-konten keluarga Anang Hermansyah, apa yang mereka sajikan adalah kehidupan mereka sesungguhnya, dan mereka tidak memaksa orang harus menonton.

"Tinggal orang mau nonton apa enggak, kalau mau nonton silakan kalau enggakpun kita enggak memaksakan harus nonton," timpal Ashanty.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi