Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

8 Fakta Menarik Boneka Annabelle yang Sempat Dikabarkan Kabur dari Museum

Baca di App
Lihat Foto
Tony Spera
Boneka Annabelle yang berada di museum Warrens di Connecticut
|
Editor: Novianti Setuningsih

JAKARTA, KOMPAS.com - Boneka Annabelle belum lama ini membuat heboh karena diberitakan menghilang dari Waren Occult Museum di Connecticut.

Tetapi, menantu dari paranormal penyelidik ternama Ed dan Lorraine Warren, Tony Spera telah membantah kabar kaburnya boneka Annabelle.

Kenapa boneka ini bisa membuat heboh karena dikabarkan menghilang? Untuk mengingatkan apa dan bagaimana cerita boneka ini, yuk simak fakta menarik tentang boneka Annabelle.

Nyata

Kalau berpikir Annabelle hanya boneka biasa salah besar. Dia benar-benar nyata, tidak hanya sebuah karakter dalam film.

Annabelle sekarang ada di Warren Occult Museum di Monroe, Connecticut, dan disimpan dalam kotak kayu lengkap dengan salib dan tulisan peringatan untuk tidak disentuh.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbeda dengan boneka porselen yang ada di film, versi asli Annabelle merupakan boneka kain buatan Raggedy Ann yang antik.

"Kami memiliki pendeta yang datang dan memberkati museum, termasuk Annabelle, "kata Lorraine Warren, yang suaminya meninggal pada tahun 2006.

Baca juga: Heboh Boneka Annabelle Dikabarkan Kabur dari Museum, Ini Faktanya

Kado ulang tahun

Tidak seperti di filmnya, yang menggambarkan seorang suami dan istri yang memiliki Annabelle, boneka aslinya dikabarkan merupakan milik seorang siswa keperawatan bernama Donna.

Boneka itu kado dari ibunya saat dia berulang tahun ke-28 tahun.

Rupanya ibunda Donna membeli boneka Annabelle di toko Raggedy Ann.

Setelah beberapa hari memiliki boneka tersebut, teman sekamar Donna, Angie, adalah orang pertama yang menyadari boneka itu "aneh."

Bisa bergerak sendiri

Tak lama setelah dihadiahi boneka, Donna dan Angie menyadari kalau boneka itu bisa berubah posisi sepanjang hari, seperti menyilangkan kaki dan lengannya.

Berjalannya waktu, mereka mengklaim kalau boneka itu mulai bergerak ke lokasi berbeda di rumah mereka.

"Beberapa kali Donna meletakkan boneka di suatu tempat sebelum kerja, ketika kembali dia akan menemukan boneka itu ada di kamarnya lagi di atas kasur dengan pintu tertutup," kata Warrens.

Menulis pesan

Meskipun tidak memiliki kertas perkamen di rumah mereka, gadis-gadis itu akan menemukan catatan yang ditulis dengan pensil dari Annabelle di seluruh apartemen mereka.

Warrens mengklaim bahwa boneka itu akan menulis "Bantu Kami" dalam tulisan tangan seorang anak kecil.

Baca juga: Berbeda dengan Film, Begini Kisah Nyata di Balik Sosok Boneka Annabelle

Ada arwah Annabelle Higgins

Setelah berbulan-bulan tinggal dengan boneka yang bergerak itu, dan percaya bahwa semua kejadian itu mungkin hasil dari pembobolan, suatu malam Donna pulang ke rumah dan menemukan bahwa Annabelle memiliki darah di tangan dan dadanya.

Karena ketakutan, teman sekamarnya menghubungi seorang medium untuk membantu memecahkan misteri tersebut.

Selama pemanggilan arwah, seorang medium menemukan roh bernama Annabelle Higgins, seorang gadis berusia 7 tahun yang meninggal di properti itu.

Donna dan Angie memberikan izin kepada Annabelle untuk menghuni boneka mereka setelah roh tersebut memberi tahu medium bahwa ia merasa nyaman tinggal bersama gadis-gadis itu

Warrens Tiba

Keluarga Warrens, yang dikenal karena memberantas kejahatan di rumah Horor Amityville dan hantu Conjuring, juga terlibat dalam kasus Annabelle.

Pasangan tersebut, yang tampaknya digantikan oleh seorang pendeta dalam film tersebut, menemukan bahwa boneka itu tidak kerasukan tetapi dimanipulasi oleh roh yang menciptakan ilusi bahwa boneka itu hidup.

Keluarga Warrens mengatakan bahwa roh itu, yang hanya berpura-pura menjadi gadis muda untuk menipu Donna dan Angie, pada akhirnya ingin memiliki tubuh manusia.

Untuk mengatasi roh jahat tersebut, keluarga Warrens meminta seorang pendeta melakukan pengusiran arwah jahat dan membawa boneka itu bersama mereka pulang ke Connecticut.

Baca juga: YouTuber Ini Nge-Prank Jadi Annabelle di Bioskop, Apa yang Terjadi Selanjutnya?

Roh tetap hidup

Warrens mengklaim, boneka itu terus menunjukkan perilaku angker saat dalam perawatan mereka, seperti melayang.

Meski disimpan di fasilitas di luar rumah mereka, Warrens mengatakan boneka itu diketahui muncul kembali di berbagai daerah tempat tinggal mereka.

Diangkat ke layar lebar

Tak asing dengan film Conjuring dan Annabelle bukan? Film-film tersebut memang terinspirasi dari kisah nyata pasangan Ed dan Lorraine Warren.

"Kami tahu kami memiliki sesuatu yang istimewa ketika orang-orang berusaha keras untuk menghindari Annabelle di lokasi syuting, "kata sutradara Conjuring, James Wan.

"Dia benar-benar memberikan getaran yang pada dasarnya menyeramkan," imbuhnya.

Baca juga: Oktober 2014, Solitaire Siap Hadapi Annabelle

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi