Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Over The Moon, Animasi Pengisi Libur Panjang tentang Legenda Dewi Bulan

Baca di App
Lihat Foto
Netflix
Salah satu adegan dalam film Over the Moon ketika Fei Fei (Cathy Ang) berhasil menemui Ratu Bulan Change (Phillipa Soo) untuk membuktikan satu hal.
|
Editor: Andika Aditia

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengisi libur panjang di masa PSBB Transisi ini, film animasi Over The Moon bisa jadi salah satu rekomendasi tontonan di rumah.

Over The Moon yang tayang di Netflix menawarkan visual yang menakjubkan, membuat penonton mungkin berkhayal untuk melihat langsung dunia Lunaria yang fantastis.

Film ini digarap sutradara pemenang Oscar sekaligus animator ternama, Glen Keane bersama tim kreatifnya.

Berikut beberapa fakta mengenai pembuatan film Over The Moon.

Penelitan ke negeri China

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film ini terinspirasi dari legenda Dewi Bulan asal China yang banyak diceritakan oleh para orangtua kepada anak-anak mereka saat perayaan Festival Musim Gugur.

Baca juga: 5 Alasan Film Animasi Over the Moon Wajib Ditonton

Melalui Over The Moon, para kreator ingin menceritakan legenda tersebut dengan cara yang baru dan unik untuk dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia.

Dalam proses pembuatannya, penulis naskah Audrey Wells bahkan pergi ke China langsung untuk mengamati keadaan sekitar, seperti lokasi, makanan, hingga orang-orangnya.

Inspirasi di balik kampung halaman Fei Fei

Para kreator juga memberikan perhatian khusus ketika menggambarkan kampung halaman Fei Fei, yang sebenarnya meniru kota air di Wuzhen, China.

Wuzhen merupakan kota yang kerap disebut sebagai "Venesia dari China" dan dikenal akan kanal, perahu, dan jembatannya yang indah.

Desainer Produksi Céline Desrumaux mendapatkan inspirasinya tidak hanya dari berbagai bentuk jalanan dan kanal, tetapi juga dengan melihat detail interior rumah-rumah di Wuzhen.

Baca juga: Cathy Ang Percaya Orang-orang Terhubung dengan Masalah di Film Over the Moon

Kenangan masa lalu

Glen Keane mengatakan salah satu elemen terpenting dalam membangun sebuah cerita adalah dengan mengenali karakternya secara mendalam.

Pada salah satu adegan film ini, ia membawa kenangan dari pesta ulang tahunnya yang ke-7 dulu, di mana sang ayah mengatakan bahwa ia telah membangun sebuah roket.

Walaupun akhirnya ia menyadari sang ayah hanya membawanya duduk di kursi taman dengan mata tertutup, Glen dapat mengingat betapa ia benar-benar percaya sedang berada di dalam sebuah roket.

Perasaan itu ia hidupkan lagi pada adegan ketika roket Fei Fei akan lepas landas dan meluncur ke bulan.

Visual Lunaria yang menakjubkan

Glen dan timnya menciptakan Lunaria dengan visual yang luar biasa untuk menggambarkan sisi lain dari bulan dan para penghuninya.

Baca juga: Kisah Cathy Ang Temukan Suara untuk Tokoh Animasi di Film Over the Moon

Mereka menyadari satu-satunya hal yang dapat menarik perhatian penonton adalah bentuk yang unik dan juga warna yang beragam.

Sampul album The Dark Side of the Moon dari Pink Floyd menjadi inspirasi untuk menggambarkan Lunaria.

Dewi bulan Chang'e menjadi sumber utama cahaya di kota tersebut dan para penghuni mengeluarkan cahaya berkat dirinya.

Elemen musik yang menghidupkan cerita

Di setiap adegan, instrumen tradisional China turut digunakan, termasuk guzheng (sitar China), pipa (kecapi China), dan xiao (seruling China).

Glen bekerja sama dengan penulis lagu Curtis dan Duffield yang menghadirkan musik bergaya broadway dan penulis lagu Helen Park yang membawa elemen baru dari Kpop.

Baca juga: Perankan Dewi Change di Over The Moon, Phillipa Soo: Mimpi Jadi Kenyataan

Para penulis lagu juga mengambil inspirasi dari beberapa nama besar seperti Queen, Tina Turner, Eminem, Lady Gaga, John Williams, Beyoncé, Katy Perry, dan musisi-musisi lainnya untuk menciptakan musik yang luar biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi