Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Kumpulan Fakta Tudingan Kekerasan Seksual Shia LaBeouf oleh FKA Twigs

Baca di App
Lihat Foto
AFP/TIZIANA FABI
Aktor Shia Lebeouf berpose untuk film The company you keep yang diputar di 69th Venice Film Festival di Venice Lido, pada 6 September 2012.
|
Editor: Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com- Sudah putus dari Shia LaBeouf sejak pertengahan tahun 2019, penyanyi FKA Twigs kini melaporkan mantan kekasihnya itu atas tindak kekerasan seksual.

Aktor 34 tahun itu dilaporkan telah melakukan kekerasan secara seksual, fisik, dan mental. Berikut rangkuman fakta terkait pelaporan tersebut.

Tudingan terhadap Shia LeBeouf juga didukung penyanyi Sia, yang mengaku pernah mengalami hal yang serupa.

Baca juga: Shia LaBeouf Didakwa Mencuri dan Lakukan Kekerasan

FKA Twigs beri sejumlah bukti

Penyanyi dengan nama lahir Thaliah Debrett Barnett ini menyertakan sejumlah bukti kekerasan yang diduga dilakukan Shia LaBeouf.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam dokumen laporannya, yang didaftarkan tanggal 12 Desember, dia menyebut sejumlah kekerasan fisik dan emosional oleh bintang Transformers itu. 

FKA Twigs sebelumnya menyebut Shia LaBeouf meremas tangannya hingga memar, melarangnya mengenakan baju saat hendak tidur dan kerap bertengkar di malam hari.

Baca juga: FKA Twigs Laporkan Shia LaBeouf atas Tudingan Kekerasan Seksual

Shia LaBeouf juga dilaporkan memiliki senjata api di samping tempat tidurnya yang membuat FKA Twigs ketakutan bahkan saat henak ke toilet pada malam hari.

"Shia LaBeouf menyakiti seorang wanita. Dia menggunakan mereka, Dia menyiksa mereka, secara fisik dan mental. Dia berbahaya," kata FKA Twigs.

Alasan baru melapor

Mantan kekasih Robert Pattinson ini mengaku tak melaporkan semua kejadian yang dialami karena kariernya hancur. Selain itu dia khawatir tidak ada orang yang mempercayainya.

Baca juga: Dukung FKA Twigs, Sia Tuding Shia Labeouf Sosok Penipu yang Telah Melecehkannya

"Aku pikir tak akan ada satu orang pun yang akan mempercayaiku. Karena aku tidak biasa. Dan aku adalah orang kulit hitam perempuan," ucapnya.

Sempat bagikan cerita di media sosial

Melalui akun media sosialnya, FKA Twigs menceritakan yang dialami selama menjalani hubungan dengan Shia LaBeouf. Dia menekankan pentingnya untuk korban berbicara dalam situasi seperti dirinya.

Baca juga: FKA Twigs Ceritakan Kekerasan yang Dialaminya Saat Bersama Shia LaBeouf

"Saya tidak pernah mengira hal seperti ini akan terjadi pada saya. Itulah sebabnya saya memutuskan bahwa penting bagi saya untuk membicarakannya dan mencoba membantu orang lain memahami bahwa ketika Anda berada di bawah kendali, paksaan dari seorang pelaku kekerasan atau dalam hubungan intim dengan pasangan yang penuh kekerasan," ungkap FKA Twigs.

LaBeouf akui sering berperilaku kasar

Dalam beberapa email yang dikirimnya kepada The Times, LaBeouf menjawab tudingan yang dialamatkan padanya.

"Saya tidak punya pembenaran untuk masalah kecanduan alkohol atau kekerasan yang saya lakukan, hanya rasionalisasi. Saya telah kasar pada diri saya sendiri dan semua orang di sekitar saya selama bertahun-tahun, "tulisnya kepada The Times.

"Saya memiliki sejarah menyakiti orang-orang terdekat saya. Saya malu dengan sejarah itu dan prihatin kepada mereka yang saya sakiti. Tidak ada lagi yang bisa saya katakan," tulis LaBeouf.

LaBeouf sebut tak semua tudingan benar

Dalam email berbeda, LeBe0uf mengatakan tidak semua tuduhan yang ditujukan padanya itu benar.

Dia mengatakan banyak tudingan tidak benar. Namun dia memberi kesempatan kepada para perempuan itu untuk memberi penjelasan dan (LeBeouf) bertanggung jawab atas hal yang sudah dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: People
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi