Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Terkenal di Kalangan Penonton, Berikut 10 Psikopat Paling Populer dalam Film

Baca di App
Lihat Foto
Lions Gate Films
Christian Bale berperan sebagai bankir berdarah dingin, Patrick Bateman, dalam American Psycho (2000).
|
Editor: Mikhael Gewati

KOMPAS.com – Sosok pembunuh berantai dalam film mungkin identik dengan karakteristik psikopat, yaitu pembunuh berdarah dingin yang tidak memiliki emosi dan belas kasihan.

Dilansir Psychiatric Times, Rabu (8/10/2014), Psikiater Willem H J Martens mengatakan, psikopat memiliki beberapa karakter, seperti sikap manipulatif, tidak memiliki empati atau perasaan bersalah, tidak bisa mengontrol emosi, kerap berbohong, serta sikap berani dan tanpa ragu.

Dalam beberapa film, psikopat sering digambarkan sebagai sosok yang sinting atau gila. Namun, kenyataannya, psikopat memahami sifat dan kepribadian manusia lebih baik dari kebanyakan orang. Hal inilah yang membuat seorang psikopat sangat berbahaya.

Merangkum The Cinemaholic, Selasa (2/2/2021), berikut sepuluh psikopat paling populer dalam film yang perlu Anda ketahui.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Sinopsis Film Emelie, Kisah Horor 3 Anak dan Pengasuh Psikopat

Alex DeLarge – A Clockwork Orange (1971)

Film yang disutradarai Stanley Kubrick ini menceritakan tentang dunia kriminal yang distopia atau suram di masa depan. Kisahnya diadaptasi dari novel populer karya Anthony Burgess dengan judul sama.

Berlatar di Inggris, film ini menceritakan kisah Alex DeLarge (Malcolm McDowell), penjahat kelas teri yang memimpin geng beranggotakan tiga orang.

Selain hobi merampok dan memperkosa wanita, Alex juga kerap memunjukkan ciri-ciri menggangu yang berbahaya.

Karena sifatnya tersebut, pemerintah memutuskan untuk menyembuhkan kegilaan Alex menggunakan teknik Ludovico. Teknik ini bertujuan untuk membuat para tahanan jera setelah melakukan kejahatan.

Baca juga: Sinopsis Less Than Evil, Perang Psikologis Detektif dan Psikopat

Hannibal Lecter – The Silence of the Lambs (1991)

Berkat perannya sebagai psikopat kanibal bernama Hannibal Lecter, Anthony Hopkins berhasil memenangkan penghargaan Oscar 1992 sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik untuk film The Silence of the Lambs.

Sama dengan Anthony, Jodie Foster yang memerankan karakter Clarice Starling di film ini juga diganjar penghargaan Oscar untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.

The Silence of the Lambs menceritakan tentang usaha anggota Federal Bureau of Investigation (FBI) muda Clarice Starling dalam menangkap pembunuh sadis yang hobi menguliti para korbannya.

Untuk menyelesaikan kasusnya, Clarice mengunjungi Hannibal Lecter di penjara untuk menanyakan beberapa hal demi melancarkan misi penangkapan pembunuh berantai yang dikenal dengan nama Buffalo Bill (Ted Levine).

Baca juga: Anthony Hopkins dan Jodie Foster Ungkap 7 Rahasia di Balik The Silence of the Lambs

Sosok Lecter yang diperankan oleh Hopkins memiliki karakter psikopat menyeramkan, yakni lancar berbicara, pandai mengintimidasi, dan penuh taktik.

Anton Chigurh – No Country for Old Men (2007)

Film karya sutradara Joel dan Ethan Coen ini memberikan gambaran utuh tentang psikopat di dunia nyata melalui sosok Anton Chigurh (Javier Bardem).

Dilansir Business Insider, Selasa (2/1/2018), psikiater asal Belgia, Samuel Leistedt mengungkapkan bahwa karakter Anton Chigurh merupakan psikopat paling realistis di dunia nyata.

“Anton merupakan karakter yang kebal terhadap segala bentuk emosi dan perasaan manusia. Pembawaannya juga normal dan biasa, seperti kebanyakan psikopat dalam dunia nyata,” ungkap Leistedt.

Baca juga: Sinopsis No Country for Old Men, Josh Brolin Bawa Kabur Uang Haram

No Country for Old Men menceritakan kisah Llewelyn Moss (Josh Brolin) yang tidak sengaja menyaksikan aktivitas transaksi narkoba antara dua kelompok.

Sayangnya, dua kelompok tersebut justru terlibat aksi baku tembak. Mereka meninggalkan setumpuk narkoba di dalam mobil dan uang sebesar dua juta dollar Amerika Serikat (AS) di dalam sebuah koper.

Melihat ada banyak uang tertinggal, Moss mengambil dan membawanya pulang ke rumah.

Tidak terima uangnya diambil, pihak bandar narkoba mengutus pembunuh bayaran berdarah dingin, Anton Chigurh, untuk mengambil uang tersebut dari Moss.

Baca juga: Aktor Javier Bardem Ubah Piala Oscar Miliknya Jadi Lampu Tidur

Berkat perannya sebagai Anton, Javier Bardem berhasil membawa pulang penghargaan Peran Pendukung Pria Terbaik dalam ajang Oscar 2008.

Oh Dae Su – Oldboy (2003)

Oldboy mengisahkan sosok Oh Dae Su, pria yang diculik selama 15 tahun tanpa alasan jelas. Hingga pada suatu hari, ia secara tiba-tiba dibebaskan untuk memburu orang yang telah menjebak dirinya.

Film ini memperoleh pujian atas citra grafis yang menampilkan adegan berdarah-darah secara apik sekaligus mengerikan.

Selain itu, tema misteri yang kental membuat penonton penasaran, apa sebenarnya motif si penangkap Oh Dae Su.

Baca juga: Sinopsis Film Oldboy, Josh Brolin Disekap Selama 20 Tahun, Malam Ini di TransTV

Film yang digawangi sutradara kondang Korea Selatan Park Chan Wook ini mendulang rating memuaskan di situs IMDb, yakni sebesar 8.4. Sementara itu, Rotten Tomatoes mengganjar film ini dengan skor 82 persen.

Patrick Bateman – American Psycho (2000)

Sosok pria narsistik dan egosentrik Patrick Bateman mungkin menjadi psikopat paling ikonik dalam film.

Karakter yang diperankan aktor Christian Bale itu merupakan sosok sempurna dan memiliki segalanya. Namun, ia merasa tidak pernah puas dan menginginkan sesuatu untuk diberikan kepada iblis di dalam tubuhnya.

Secara karakter, Patrick Bateman menunjukkan tanda-tanda psikopat, seperti obsesi pada diri sendiri, rasa kurang percaya diri, dan menilai orang lain berdasarkan kesombongan.

Baca juga: Sinopsis American Psycho, Sisi Gelap Kehidupan Seorang Bankir

Meski tampil ciamik, beberapa publik dan kritikus film menyayangkan absennya Christian Bale dari bursa nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik Oscar 2001.

Norman Bates – Psycho (1960)

Kurang lengkap rasanya jika tidak menempatkan Norman Bates di Psycho (1960) sebagai sosok psikopat paling populer dalam film.

Film garapan sutradara legendaris Alfred Hitchcock ini dibintangi oleh Anthony Perkins dan Janet Leigh.

Ceritanya mengisahkan sosok Marion (Janet Leigh) yang kabur dengan membawa uang perusahaan sebesar 40.000 dollar AS.

Baca juga: Sinopsis Knuckleball, Upaya Remaja Selamatkan Diri dari Psikopat

Di tengah perjalanan, Marion memutuskan beristirahat di Bates Motel. Motel ini dikelola seorang pemuda bernama Norman Bates (Anthony Perkins).

Sebagai salah satu pioneer genre psychological thriller, Psycho menawarkan ketegangan dengan sentuhan psikologi dan naskah yang penuh teka-teki.

Salah satu adegan ikonik dari film ini adalah pembunuhan yang terjadi di kamar mandi. Beberapa kritikus film juga memuji akting Perkins yang berhasil memerankan Norman Bates secara karismatik.

John Doe – Se7en (1995)

Film yang dibintangi Brad Pitt ini mengisahkan pembunuh berantai yang terobsesi dengan tujuh dosa utama mematikan (seven deadly sins) yang dilakukan umat manusia.

Baca juga: Sinopsis Film Se7en, Pembunuhan Berantai Didasari Seven Deadly Sins

Tujuh dosa utama mematikan tersebut, yaitu kerakusan, keserakahan, rasa malas, kemurkaan, kesombongan, nafsu, dan iri hati.

Kisahnya mengikuti perjalanan dua detektif, William R. Somerset (Morgan Freeman) dan David Mills (Brad Pitt).

Penyelidikan ini diawali dengan penemuan mayat seorang pria bertubuh gempal yang mati terikat di kursi dan dipaksa untuk makan banyak makanan sampai perutnya meledak.

Hingga pada akhirnya, kedua detektif tersebut menemukan nama John Doe (Kevin Spacey) di sebuah perpustakaan lokal. Menurut catatan penjaga perpustakaan, Doe terus-menerus mencari buku tentang seven deadly sins.

Baca juga: Sinopsis Film Fury, Ketika Brad Pitt Jadi Tentara AS Lawan Nazi

Sosok John Doe merupakan psikopat dengan perawakan mengerikan dan wajah tenang tanpa emosi.

Max Cady – Cape Fear (1991)

Max Cady merupakan salah satu karakter ikonik yang berhasil diperankan aktor kenamaan Hollywood, Robert De Niro.

Cape Fear berkisah tentang perjalanan seorang pengacara bernama Sam Bowden (Nick Nolte) yang mendapatkan klien bernama Max Cady (Robert De Niro).

Dalam kasusnya, Cady dituduh sebagai penjahat seksual terhadap perempuan. Atas tuduhan tersebut, Cady menemui Bowden untuk meminta bantuan.

Baca juga: Robert De Niro Bicara Karier, Anggap Penting Kritik dan Martin Scorsese

Namun, ketika proses peradilan, Bowden ternyata gagal membela Cady. Akibatnya, Cady harus mendekam di penjara selama 14 tahun.

Hal itulah yang kemudian memicu dendam Cady. Ia memutuskan untuk mencari Bowden dan mengikuti ke manapun Bowden pergi.

Amy Dunne – Gone Girl (2014)

Rosamund Pike mungkin menjadi salah satu psikopat wanita karismatik selain Sharon Stone di Basic Instinct (1992). Banyak kritikus memuji Pike karena berhasil memerankan karakter misterius Amy Dunne dengan sempurna.

Kisah dalam Gone Girl didasarkan pada novel laris garapan Gillian Flynn dengan judul yang sama.

Baca juga: Trending di Netflix, Gone Girl Menghadirkan Sisi Gelap Kehidupan Rumah Tangga

Film garapan David Fincher tersebut merupakan bukti kesuksesan Pike memerankan karakter psikopat, Amy Dunne. Berkat perannya ini, Pike bahkan diganjar nominasi Oscar 2015 untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Gone Girl menceritakan kemelut rumah tangga yang dialami Nick Dunne (Ben Affleck) dan Amy Dunne (Rosamund Pike). Hal ini tidak diketahui banyak orang karena keduanya terlihat bak pasangan sempurna di hadapan publik.

Konflik ini mencapai puncaknya ketika Amy Dunne menghilang pada hari jadi pernikahan keduanya. Misteri mengenai sosok Amy Dunne pun terkuak perlahan-lahan.

Joker – The Dark Knight (2008)

Joker merupakan salah satu penjahat dalam dunia pahlawan super paling populer di seluruh dunia. Bagaimana tidak, sosok ini merupakan manipulator handal yang hobi menciptakan huru-hara di Gotham City.

Baca juga: Heath Ledger hingga Joaquin Phoenix, Ini Penampilan 5 Aktor sebagai Joker

Sosok paripurna di balik Joker dengan jiwa psikopatik diperankan secara epik oleh aktor Heath Ledger. Bahkan, berkat peran tersebut, Ledger berhasil membawa pulang penghargaan Aktor Pendukung Terbaik dalam perhelatan Oscar 2009.

Namun sayang, sebelum menerima penghargaan tersebut, Ledger ditemukan tak bernyawa pada 22 Januari 2008 di New York, Amerika Serikat.

Beberapa sumber mengatakan, tewasnya aktor asal Australia tersebut dikarenakan overdosis kombinasi obat penghilang rasa sakit, pil tidur, obat antikecemasan, dan obat resep lainnya.

Selama mendalami peran Joker dalam film Christopher Nolan tersebut, Ledger memang dikenal sering mengisolasi diri untuk bisa mendapatkan penjiwaan khas milik Joker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi