Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Arzeti Bilbina Bicara Kesetaraan Perempuan dari Segi Budaya dan Politik

Baca di App
Lihat Foto
TRIBUNNEWS.com/JEPRIMA
Arzeti Bilbina Huzaimi Setiawan atau Arzeti Bilbina ditemui pada konferensi pers Puteri Muslimah Indonesia 2015 di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (11/5/2015). Arzeti merupakan juri dari ajang pemilihan Puteri Muslimah Indonesia 2015 bersama Yeni Wahid, Opick, Chand Parwes, dan Nurulita.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Arzeti Bilbina berbicara tentang peran perempuan di Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap 8 Maret.

Arzeti yang merupakan Ketua Panitia Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP-RI) mengatakan, sejak dulu perempuan sudah berjuang untuk mendapat kesetaraan haknya.

Baca juga: Arzeti Bilbina Minta Kemenkes Penuhi Hak Kesehatan Pasien Covid-19

"Kita diingatkan bagaimana sejarah perempuan mendapatkan kesetaraan haknya baik dari segi budaya maupun politik," kata Arzeti Bilbina dalam keterangan tertulis, Selasa (9/3/2021).

Dalam pameran foto bertajuk "Kiprah Perempuan Parlemen, Jalan Harapan Bangsa" di Kompleks Parlemen, Arzeti mengajak seluruh undangan untuk mengingat bagaimana perjuangan perempuan dalam berbagai isu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Peringatan Sumpah Pemuda, Arzeti Bilbina Ajak Pemuda Bangkit dan Patuhi Protokol Kesehatan

Isu tersebut mulai dari memperjuangkan pengupahan yang layak, partisipasi dalam pemilihan umum hingga menjadi pejabat publik.

"Dari kerja keras para perempuan itulah, maka kaum perempuan saat ini dapat memperoleh hak-haknya tersebut," ujar anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB.

Ia juga mengingatkan peran penting perempuan di dalam parlemen yang semakin aktif dan partisipatif.

Baca juga: Arzeti Bilbina Ajarkan Anak Tarian Tradisional Sejak Dini

Terbukti untuk jabatan Anggota DPR Periode 2019-2024 kali ini total anggota dewan yang perempuan mencapai 118 orang, juga untuk pertama kalinya Ketua DPR RI dijabat oleh perempuan.

"Saya ucapkan Selamat Hari Perempuan untuk Perempuan Indonesia di mana pun berada. Semangat terus menggapai cita-cita dan menjadi perempuan penting untuk kemajuan bangsa," ucap Arzeti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Editor: Tri Susanto Setiawan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi