Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ceritakan Pengalaman Diperlakukan Rasis, BTS Dukung #StopAsianHate

Baca di App
Lihat Foto
Twitter @bts_bighit
BTS
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Boyband BTS unggah dukungan untuk #StopAsianHate di Twitter bahkan hingga trending Twitter.

Mereka menyoroti insiden penembakan yang terjadi di Atlanta dan menyebabkan delapan orang meninggal dunia dimana enam diantaranya merupakan wanita Asia.

Melalui akun Twitter mereka, BTS berusaha meningkatkan kesadaran akan pentingnya melawan kekerasan terhadap orang Asia-Amerka dan penduduk kepulauan pasifik (AAPI).

"Kami mengirimkan belasungkawa terdalam kami kepada mereka yang telah kehilangan orang yang mereka cintai. Kami merasakan kesedihan dan kemarahan," tulis BTS.

Lebih lanjut, grup beranggotakan RM cs ini menceritakan pengalaman diskriminasi yang mereka hadapi sebagai orang Asia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kami ingat saat-saat kami menghadapi diskriminasi sebagai orang Asia. Kami telah menahan umpatan tanpa alasan dan diejek karena penampilan kami. Kami bahkan ditanya mengapa orang Asia berbicara dalam bahasa Inggris," kata mereka.

Rasa sakit yang mereka rasakan ketika menjadi subyek kebencian dan kekerasan dengan alasan seperti itu tidak bisa lagi mereka ungkapkan hanya dengan kata-kata.

"Pengalaman kami sendiri tidak penting dibandingkan dengan peristiwa yang terjadi selama beberapa minggu terakhir. Tapi pengalaman ini cukup untuk membuat kita merasa tidak berdaya dan kehilangan harga diri kita," kata BTS.

"Apa yang terjadi saat ini tidak bisa dilepaskan dari identitas kita sebagai orang Asia," lanjut pelantun 'Dynamite' itu.

Diperlukan waktu dan kehati-hatian untuk membahas hal itu dan mereka merenungkan cara menyuarakan pesan mereka, tapi yang jelas, suara mereka harus diungkapkan.

"Kami menentang diskriminasi rasial. Kami mengutuk kekerasan. Anda, saya dan kita semua memiliki hak untuk dihormati. Kita akan berdiri bersama," tulis mereka di akhir pesan.

Unggahan tersebut semakin membuat ramai tagar #StopAsianHate #StopAAPIHate #StopAsianHateCrimes hingga menjadi trending topic Twitter dunia termasuk di Indonesia.

"BTS bicara tentang pengalaman mereka sendiri yang membuatku hancur, tidak bisa kita jelaskan," tulis @RidaArmy_Ot7.

"Terima kasih BTS, aku sangat bangga pada kalian dan kita akan berdiri bersama-sama," tulis @LoveBTSbyARMY.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Hollywood Reporter
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi