Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Sedang Patah Semangat, 6 Serial Ini Bisa Jadi Inspirasi

Baca di App
Lihat Foto
IMDb
Poster serial Girlboss (2017), streaming di Netflix.
|
Editor: Mikhael Gewati

KOMPAS.com – Menonton film atau serial televisi mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mencari inspirasi dan kreativitas.

Aktivitas tersebut juga terbilang simpel dan murah untuk dilakukan di waktu yang mepet atau saat Anda malas keluar rumah.

Karakter fiksi di serial televisi, misalnya, dapat membantu Anda mendapatkan ide baru dalam menjalani pekerjaan atau rutinitas sehari-hari.

Beberapa tokoh fiktif di serial televisi, mulai dari pengusaha sukses, kehidupan rumah tangga inspiratif, hingga perjuangan seniman atau atlet meraih mimpi, bisa menjadi inspirasi yang membuka mata para penonton.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika tertarik menonton serial televisi untuk inspirasi kehidupan sehari-hari, berikut enam rekomendasi yang bisa Anda coba, seperti dirangkum dari EU Startups, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Sinopsis Rocketman, Perjalanan Karier Elton John, Segera di Netflix

1. Self-Made: Inspired by the Life of Madam C J Walker

Serial Netflix berisi empat episode ini mendapuk aktris Olivia Spencer untuk berperan sebagai Madam C J Walker, pengusaha keturunan Afrika-Amerika yang sukses membangun bisnis perawatan rambut terkemuka di Amerika Serikat (AS).

Self-Made menceritakan usaha jatuh bangun Madam Walker membangun bisnis dari hobi dan keahliannya dalam menata rambut.

Berkat kreativitas, keuletan, dan kerja keras tersebut, Madam Walker berhasil menjadi jutawan wanita pertama di AS.

Kisah Madam Walker ini bisa menjadi inspirasi bagi setiap wanita, khususnya yang bergelut di dunia wirausaha.

Selain itu, akting paripurna Olivia Spencer juga memberikan nilai tambah dalam serial ini. Spencer merupakan aktris pemenang Best Supporting Actress dalam ajang Oscar 2011.

Baca juga: Mark Ruffalo hingga Octavia Spencer Apresiasi Aksi Heroik Bocah 6 Tahun Selamatkan Adiknya

Serial ini disutradarai oleh Kasi Lemmons dan DeMane Davis. Naskahnya ditulis oleh Nicole Jefferson Asher dan A’Lelia Bundles.

2. Spinning Out

Spinning Out mengisahkan tentang perjuangan fisik dan mental Kat Baker (Kaya Scodelario), pemain seluncur es asal Idaho, AS.

Sejak jatuh di ring es, ia mengalami trauma berat. Setelah kejadian itu, performanya dalam berlaga pun menurun.

Selain masalah trauma berat, Kat juga dihujami masalah kesehatan mental. Ia diketahui mengidap penyakit bipolar yang diwarisi dari sang ibu, Carol Baker (January Jones).

Gangguan mental itu menyebabkan Kat sulit berkonsentrasi dan sering uring-uringan. Hal inilah yang turut menyumbang penurunan performanya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Interaktif Netflix, Penonton Atur Jalan Ceritanya

Tak hanya masalah bipolar dan kemampuan menurun, ia juga kehilangan dukungan dari sang ibu yang lebih peduli akan karier selancar sang adik, Serena (Willow Shields).

Hingga akhirnya Kat mendapatkan tawaran untuk kembali berlatih di ring es bersama partner yang doyan gonta-ganti wanita, Justin Davis (Evan Roderick). Meski enggan, Kat akhirnya setuju.

Spinning Out tidak hanya bercerita tentang perjuangan Kat untuk pulih dari cedera masa lalu dan bangkit kembali, tetapi juga berisi banyak isu kemanusiaan yang dialami para tokohnya.

Isu-isu tersebut, di antaranya LGBT, kesehatan mental, pelecehan seksual, hingga isu rasial di AS.

3. Family Business

Ditulis Decider, Jumat (28/6/2019), Family Business menceritakan tentang ide gila Joseph Hazan (Jonathan Cohen) untuk membangkitkan bisnis daging keluarganya yang terancam bangkrut.

Baca juga: Sinopsis Family Business, Ide Gila Selamatkan Bisnis Keluarga

Ide bisnis tersebut awalnya terbesit di benak Joseph setelah berbincang dengan Clementine (Luise Coldefy). Saat itu Clementine mengatakan bahwa ayahnya akan menjabat sebagai Menteri Kesehatan baru di Prancis.

Hal pertama yang akan dilakukan ayah Clementine adalah melegalisasi ganja yang saat itu masih dilarang di Prancis.

Mendengar hal tersebut, Joseph pun ingin mengubah toko daging Gerard menjadi kedai kopi yang menyediakan ganja. Ia pun mengajak keluarganya untuk merealisasikan bisnis ini.

Menonton serial ini akan membuat Anda paham konsekuensi dari berbisnis bersama keluarga. Meski demikian, terdapat hal menakjubkan dari relasi para tokohnya.

Baca juga: Sinopsis Godzilla Singular Point, Segera di Netflix

4. Workin’ Moms

Serial orisinal Netflix asal Kanada ini menceritakan perjuangan empat orang ibu pekerja kantoran. Keempat ibu ini menghadapi dunia kerja yang kompetitif dan serba cepat masa kini.

Mereka dituntut untuk cermat dalam membagi waktu antara bekerja, mengurus anak, menyenangkan atasan, serta mengejar asmara dan tetek bengek kehidupan lain di Toronto, Kanada.

Selain itu, mereka juga dituntut untuk bisa menyeimbangkan kehidupan dan menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga masing-masing.

Serial ini memberikan wawasan gamblang tentang realitas berkarier bagi wanita saat ini. Para penonton akan memahami bagaimana menyeimbangkan kehidupan profesional dengan pribadi, seolah-olah perubahan hormonal tubuh, mental, dan pribadi saja tidak cukup.

Baca juga: Netflix Garap Film Dokumenter Chadwick Boseman

Workin’ Moms dibintangi oleh Catherine Reitman, Dani Kind, dan Juno Rinaldi. Serial ini kini tengah memasuki musim keempat.

5. GirlBoss

GirlBoss merupakan serial orisinal Netflix yang didasarkan pada autobiografi karangan Sophia Amoruso dengan judul sama. Kisahnya berkutat pada perjuangan Amoruso dalam membangun bisnisnya, Nasty Gal.

Diceritakan, tokoh protagonis dalam serial ini, Sophia Marlowe (Britt Robertson), mengidap depresi dan sindrom Tourette sejak duduk di bangku sekolah dasar. Kondisi ini mengharuskan Sophia untuk homeschooling.

Selepas perceraian kedua orangtuanya, Sophia memutuskan keluar dari rumah dan tinggal di apartemen. Selama tinggal mandiri, ia kesulitan mendapatkan pekerjaan karena pernah kecanduan mengutil.

Baca juga: Sinopsis Girlboss, Kisah Sophia Amoruso Membangun Bisnisnya Sendiri

Sampai akhirnya ia divonis hernia. Kondisi ini membuatnya harus mencari pekerjaan dengan penghasilan jelas untuk bisa membayar polis asuransi kesehatan.

Kejelian akan model dan tren fesyen Sophia akhirnya menginspirasinya untuk membuat Nasty Gal, toko pakaian online via eBay yang menjual pakaian-pakaian vintage.

Toko online miliknya pun berkembang dan mendapatkan banyak pelanggan baru. Dari situlah pundi-pundi dollar dan kesuksesan Sophia mulai terlihat.

Dengan menonton serial ini, Anda akan mendapat gambaran mengenai semangat hidup seseorang ketika berhasil menemukan passion atau hal yang mereka sukai di dalam hidup.

Baca juga: Tayang Hari Ini di Netflix, Berikut Profil Pemain Drakor Law School

6. Mad Men

Hingga saat ini, Mad Men sering disebut sebagai salah satu serial televisi tersukses sepanjang masa, berjajar bersama Breaking Bad, Game of Thrones, Friends, dan Sherlock Holmes.

Mad Men bercerita tentang sebuah agensi iklan di Manhattan, New York, AS bernama Sterling Cooper. Setting waktu serial ini berada di era 1960-an.

Jalan ceritanya berkutat pada sebuah agensi iklan pada era tersebut yang berkutat untuk meraup budget promosi dari klien dan menampilkan presentasi memukau di hadapan para klien.

Tokoh utamanya adalah Don Draper (Jon Hamm). Bersama timnya, ia berusaha untuk kreatif dalam membuat print ad dan television commercial (TVC) atau iklan televisi untuk para klien mereka.

Baca juga: Tayang Hari Ini di Netflix, Berikut Cuplikan dari Musim Kedua The Circle

Serial dengan total 92 episode ini akan mengajarkan para penonton tentang hal penting terkait komunikasi, kepemimpinan dan sifat manusia yang masih sangat relevan dengan kehidupan saat ini.

Namun, poin terpenting dari serial ini adalah bagaimana para pekerja kantoran, tidak hanya di agensi iklan, bisa membawa diri serta menjual bakat dan kemampuan untuk memberikan impresi yang baik bagi orang lain.

Selain John Hamm, serial ini turut dibintangi sejumlah nama besar Hollywood, di antaranya Christina Hendricks, January Jones, Elisabeth Moss, hingga John Slattery.

Serial Mad Men bisa disaksikan melalui platform Google Play Video, Amazon Prime Video, atau iTunes.

Baca juga: Tayang Hari Ini di Netflix, Berikut Potret Cinta Sejati dalam My Love: Six Stories of True Love

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: EU Startups
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi