Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Dari Thriller hingga Kriminal, 5 Film Barat 2021 Ini Diadaptasi dari Karya Buku Terbaik

Baca di App
Lihat Foto
Warner Bros. Pictures
Rebecca Ferguson dan Timothée Chalamet dalam film fiksi ilmiah Dune (2020).
|
Editor: Mikhael Gewati

KOMPAS.com – Judul buku best seller kerap kali menjadi inspirasi dalam pembuatan film. Beberapa buku populer bahkan sengaja diadaptasi ke dalam bentuk film untuk mendongkrak popularitas buku-buku tersebut.

Meski demikian, pembuatan film yang mengacu pada buku populer memiliki sejumlah tantangan, mulai dari menyaring poin untuk cerita hingga menyalurkan inti dari buku tanpa harus mengubah banyak alur atau plot.

Salah satu buku terlaris yang berhasil diproduksi dalam bentuk film adalah It (1986) karya penulis kontemporer Amerika Serikat (AS) Stephen Edwin King. Ia dikenal sebagai penulis novel bergenre horor, fiksi ilmiah, dan fantasi.

Jika Anda penggemar berat film adaptasi buku, maka tidak ada salahnya menyaksikan dalam bentuk visualnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Rekomendasi Film Barat Bertema Penipuan, Dua di antaranya Kisah Nyata

Apabila tertarik untuk menonton, berikut ini lima film barat 2021 yang diadaptasi dari karya buku terbaik, seperti dilansir Esquire.com, Jumat (12/3/2021).

1. Dune (1 Oktober 2021)

 

Film Dune diangkat dari novel karya Frank Herbert (1965) dengan judul yang sama. Novel klasik ini diklaim sebagai karya epik fiksi ilmiah terbaik yang pernah ditulis.

Selain alur cerita menarik, film Dune juga dibintangi aktor tampan Timothée Chalamet sebagai Paul Atreides.

Tak hanya itu, film ini diarahkan pula oleh sutradara dari film Blade Runner 2049, Denis Villeneuve.

Film Dune menceritakan perjalanan seorang pemuda dari keluarga terpandang di planet Caladan, Paul Atreides (Timothee Chalamet). Ia harus rela meninggalkan kehidupan damainya untuk menjaga Arrakis, planet gurun kaya rempah yang berperan vital bagi kelanjutan alam semesta.

Baca juga: Intip Sosok Timothee Chalamet di Trailer Baru Dune

Bukan tugas yang mudah, sebagai pemilik sekaligus penjaga Arrakis, Paul dan keluarganya menjadi incaran musuh dari kerajaan saingan dan para penduduk asli planet ini yang disebut Fremen.

2. Cruella (28 Mei 2021)

Anda mungkin mengaitkan Cruella de Vil dengan franchise 101 Dalmatians milik Disney.

Faktanya, Cruella merupakan karakter dalam novel The Hundred and One Dalmatians (1956) karya Dodie Smith.

Dalam filmnya sendiri, karakter utama Cruella diperankan oleh Emma Stone. Ia berprofesi sebagai perancang busana muda yang terobsesi dengan kulit dan bulu anjing.

Obsesi tersebut telah mengubah Cruella menjadi sosok penjahat dan memiliki konflik internal dengan bosnya yang juga arogan, Baroness (Emma Thompson).

Baca juga: Sinopsis Cruella, Kisah Tokoh Jahat Ikonik Disney

3. Cherry (26 Februari 2021)

Film Cherry merupakan adaptasi dari novel semi-autobiografi berjudul sama karya Nico Walker. Ia menulis kisahnya sendiri sebelum berakhir di penjara Ashland, Kentucky.

Alur film Cherry berawal saat pemeran utama, yaitu Cherry (Tom Holland) lebih memilih putus kuliah dan bergabung bersama Angkatan Darat (AD) AS sebagai petugas medis di Perang Irak.

Profesi tersebut membuat Cherry mengalami trauma karena kekejaman yang telah ia saksikan dalam pertempuran. Hal ini turut memengaruhi kehidupannya hingga harus berjuang melawan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Baca juga: Sinopsis Cherry, Film Baru Tom Holland, Arahan Sutradara Avengers: Endgame

Sulitnya melawan penyakit PTSD membuat Cherry dan istrinya, Emily (Ciara Bravo) terjerumus menjadi pecandu narkoba. Di samping itu, kondisi keuangan mereka pun berantakan.

Faktor ekonomi menjadi alasan utama Cheery untuk merampok sebuah bank. Aksi ini dilakukan sekaligus sebagai cara untuk mendukung ketergantungan obat narkotika jenis opioid yang dideritanya.

4. House of Gucci (24 November 2021)

House of Gucci merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul The House of Gucci: A Sensational Story of Murder, Madness, Glamour, and Greed (2001) karya Sara Gay Forden.

Novel tersebut terinspirasi dari kisah nyata tentang kronologi meninggalnya cucu dari pendiri perusahaan Gucci, Maurizio Gucci pada 1995. Ia ditemukan tewas di depan kantornya dengan luka tembak.

Sementara itu, film House of Gucci sendiri mengisahkan jatuh bangunnya istri Maurizio, Patrizia Reggiani yang dituduh sebagai otak dari pembunuhan suaminya.

Baca juga: Mengapa Keluarga Besar Gucci Kecewa pada Film House of Gucci?

Aktris sekaligus penyanyi Hollywood ternama Lady Gaga didapuk sebagai Patrizia Reggiani, sedangkan aktor Adam Driver berperan sebagai Maurizio Gucci.

Berdasarkan kasus nyata, Reggiani terbukti bersalah dan dijatuhi hukuman selama 19 tahun penjara lantaran merencanakan pembunuhan itu.

5. Things Heard and Seen (29 April 2021)

Things Heard and Seen adalah film bergenre thriller horor yang dibintangi Amanda Seyfried dan James Norton. Film ini didasarkan pada novel All Things Cease to Appear karya Elizabeth Brundage.

Film Things Heard and Seen mengambil latar belakang di sebuah rumah hantu yang menyimpan sejarah mengerikan dari tragedi pembunuhan.

Ceritanya berawal dari sepasang suami-istri, Catherine Claire (Amanda Seyfried) dan George Claire (James Norton). Karena pekerjaan baru George, pasangan ini terpaksa pindah dari wilayah metropolitan New York ke sebuah kota di bagian utara AS.

Baca juga: Sinopsis Things Heard and Seen, Tatkala yang Terlihat Hanyalah Ilusi

Awalnya, Catherine merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru serta rumahnya yang menyeramkan. Dari sini, lantas ia mengetahui rahasia besar yang telah disembunyikan oleh suaminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Esquire
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi