Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Peluncuran Lagu Butter BTS Dirayakan dengan 300 Juta Twit

Baca di App
Lihat Foto
Twitter @BTS_official
BTS saat tampil di Billboard Music Awards 2021.
Penulis: Cynthia Lova
|
Editor: Kistyarini

KOMPAS.com - Fans BTS, atau yang biasa disebut ARMY, menyambut peluncuran "Butter, lagu terbaru boyband itu, dengan meramaikan media sosial.

ARMY menunjukkan semangat di Twitter dengan meluncurkan twit tentang “Butter” lebih dari 31 juta kali di seluruh dunia pada lagu itu dirilis.

Menurut keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (24/5/2021), total sejak sebulan menjelang lagu itu dirilis ARMY sudah membuat lebih dari 300 juta twit.

Baca juga: BTS Pecahkan Rekor YouTube dengan Single Butter

“Butter” dirilis pada Jumat (21/5/2021) pukul 13.00 KST atau 11.00 WIB. BTS kemudian menampilkan secara live untuk kali pertama di panggung Billboard Music Awards (BBMAs) pada Minggu (23/5/2021) malam waktu Los Angeles, AS.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa puncak twit berkaitan dengan BTS dan "Butter" terjadi pada 21 Mei pukul 01.00 tengah malam waktu AS atau sekitar pukul 12.00 WIB dengan 5 juta twit per jam.

Sebelum merilis lagu “Butter,” BTS meluncurkan emoji khusus di Twitter yang ditujukan untuk ARMY di seluruh dunia sebagai bentuk kegembiraan mereka atas peluncuran single tersebut.

Baca juga: BTS Sikat Habis 4 Penghargaan di Billboard Music Awards 2021

Setiap emoji dapat ditambahkan ke twit dengan menggunakan tagar #BTS_Butter bersama logo Butter, serta #BTS, dan #BTSARMY dengan logo kuning BTS dan ARMY.

Twitter juga memberi kejutan ARMY dengan merilis dua tagar baru #SmoothLikeButter, dengan gambar mentega cair yang mencerminkan liriknya, dan #Got_ARMY_Behind_Us untuk menunjukkan kecintaan BTS terhadap ARMY, setelah single tersebut dirilis pada 21 Mei lalu.

BTS juga merilis “Butter” melalui akun resminya, @bts_bighit, dan akun pribadi para member BTS, @BTS_twt.

Baca juga: Rekor BTS dengan Lagu Butter, Geser Posisi Justin Bieber dan Ed Sheeran

Menyusul perilisan “Butter,” BTS memenangi Top Social Artist Award, Top Duo/Group, Top Selling Song, dan Top Song Sales Artist di Billboard Music Awards (BBMAs), Minggu.

Sebagai catatan, BTS memenangi Top Social Artist Award lima kali berturut-turut sejak 2017.

BTS juga menjadi salah satu penampil di ajang penghargaan tersebut. Dari ajang itu, ARMY di seluruh dunia bisa menyaksikan koreografi utuh lagu "Butter" untuk kali pertama.

Baca juga: Ditonton 108,2 Juta Kali dalam 24 Jam, Butter BTS Tumbangkan Rekor Dynamite

Selama tiga jam dari pukul 14.00 hingga 17.00 waktu setempat saat BBMA digelar, penggemar di seluruh dunia mengirimkan lebih dari 14,4 juta Tweet terkait BTS.

Penggemar di negara-negara Korea Selatan, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, Jepang, Filipina, Meksiko, Thailand, India, dan Peru yang paling vokal dalam meratakan “Butter” di Twitter dan mendorong paling banyak percakapan .

Penggemar di seluruh dunia menggunakan tagar berikut untuk membicarakan “Butter” dan berbagi kegembiraan mereka, #BTS_Butter, #BTS # ?? ??? (BTS), #BTSBackWithButter, #BTSARMY, #SmoothLikeBTS, #GetItLetItRoll, #ButterToday, #SpreadTheButter, dan #SmoothLikeButter.

Baca juga: BTS Bicara soal Lagu Butter, dari Lirik hingga Koreografi

Head of Global K-pop Partnerships at Twitter YeonJeong Kim, mengatakan, ARMY sangat bersemangat dan terkenal karena kecintaan mereka pada BTS.

Lagu “Butter” telah menunjukkan bahwa penggemar BTS bisa meraih ketinggian baru dalam merayakan artis favorit mereka.

“Dari berbagi reaksi mereka saat meluncurkan lagu baru untuk memperingati pemandangan dan suara video musik yang dimulai tepat setelah rilis, penggemar BTS membagikan semua ini bersama-sama melalui Twitter. Twitter akan terus mendukung BTS dan ARMY tetap terhubung melalui percakapan publik di seluruh dunia tanpa hambatan apa pun,” tulis YeonJeong Kim.

Baca juga: Ludes Terjual Kurang dari Semenit Begini Bentuk Cookies Rp 200.000 BTS

Penggemar K-pop menemukan lebih banyak cara untuk tetap mendapatkan informasi tentang artis favorit mereka dengan menggunakan Topik Twitter.

Topik adalah cara lain untuk melihat konten yang paling menarik dan relevan tentang hal-hal yang mereka pedulikan, apakah itu BTS, BLACKPINK, NCT, SEVENTEEN, ITZY atau artis K-pop favorit mereka lainnya.

Penggemar musik dapat bergabung dalam percakapan tentang #KpopTwitter sekarang untuk mendapatkan pembaruan waktu nyata tentang artis K-pop favorit mereka dan banyak lagi.

Baca juga: Jungkook BTS Hanya Minum Air Selama Lima Hari Demi Video Musik Butter

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi