Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Aktor Ji Soo Tuntut Pembuat dan Penyebar Hoaks Kekerasan Seksual

Baca di App
Lihat Foto
Instagram @actor_jisoo
Ji Soo
|
Editor: Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Ji Soo dan firma hukum Shin & Kim mengumumkan bahwa mereka telah mengambil tindakan hukum terhadap orang-orang yang membuat dan menyebarkan tuduhan palsu.

Dua bulan lalu, Ji Soo dituduh menjadi pelaku kekerasan di sekolah ketika masa sekolah menengah pertama.

Ada juga beberapa tuduhan kekerasan seksual dengan paksaan. Agensi Ji Soo saat itu, KeyEast Entertainment secara resmi membantah tuduhan tersebut.

Baca juga: Kontrak Ji Soo Diputus oleh KeyEst Entertainment

"Ketika tuduhan kekerasan di sekolah dilontarkan, klien kami langsung mengunggah permintaan maaf dengan tulisan tangan di media sosialnya dan menjangkau orang-orang yang dapat dihubungi untuk secara pribadi meminta maaf kepada mereka," tutur firma hukum Shin & Kim, Kamis (27/5/2021).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firma hukum itu menambahkan ada beberapa tuduhan yang dibuat berbeda dari kebenaran atau sepenuhnya salah dari fakta.

Saat itu, untuk menunjukkan bahwa ia merefleksikan perilaku masa lalunya, Jisoo tidak mengambil tindakan apa pun terhadap tuduhan tersebut.

Baca juga: Akui Tak Mudah Gantikan Ji Soo, Na In Woo Sebut Berat Badannya Turun 8 Kg

"Namun, tuduhan yang jelas salah, seperti tuduhan bahwa dia 'adalah pelaku kejahatan seksual,' diperluas dan dibagikan secara online, dan sementara klien kami tetap diam dan merenung, klaim yang tertulis di atas diterima seolah itu (klaim yang) benar," jelas firma hukum.

Ji Soo telah mengajukan pengaduan pidana atas pencemaran nama baik untuk mengoreksi informasi palsu dan mengungkap kebenaran.

Investigasi terhadap orang-orang yang mengunggah postingan palsu tersebut saat ini sedang berlangsung.

Baca juga: Tim Produksi River Where the Moon Rises Gugat Ji Soo dan KeyEast Rp 38 Miliar

Selain itu, dikatakan bahwa Ji Soo akan terus aktif mengambil tindakan hukum terhadap orang-orang yang mencemarkan nama baiknya dengan mengunggah informasi palsu atau mengutuk dan menghinanya dengan kata-kata yang tidak dapat diucapkan.

Di sisi lain, setelah Ji Soo dikeluarkan dari drama River Where the Moon Rises, perusahaan produksi Victory Contents mengajukan gugatan ganti rugi terhadap agensi KeyEast Entertainment.

Pada 27 Mei, KeyEast mengumumkan bahwa mereka mengakhiri kontrak dengan Ji Soo setelah kesepakatan bersama dengan aktor tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Soompi
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi