Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

7 Rekomendasi Film Multilingual, Cocok untuk Belajar Banyak Bahasa

Baca di App
Lihat Foto
IMDb
My Name Is Khan (2010)
|
Editor: Mikhael Gewati

KOMPAS.com – Film multilingual merupakan jenis sinema atau dokumenter yang menggunakan lebih dari satu bahasa.

Film jenis ini biasanya menampilkan beberapa adegan dengan para pemain yang beralih antarbahasa dalam satu adegan.

Seperti diketahui, film bisa menjadi salah satu media untuk belajar budaya dan bahasa dari suatu negara atau tempat tertentu.

Dengan menonton film multilingual, Anda bisa lebih meningkatkan pemahaman dan keakraban dengan bahasa-bahasa yang digunakan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Anda yang tertarik menyaksikan film-film dengan banyak bahasa, berikut tujuh rekomendasinya, seperti dirangkum dari Bilingua, Rabu (22/6/2021).

1. Inglourious Basterds (2009)

Film bertema perang ini digawangi sutradara kenamaan Amerika Serikat (AS), Quentin Tarantino.

Selain itu, film ini dibintangi sejumlah nama-nama besar, di antaranya Brad Pitt, Christoph Waltz, Michael Fassbender, Eli Roth, Daniel Brühl, hingga Mélanie Laurent.

Baca juga: Menang Oscar 2020, Brad Pitt Berikan Pidato Menyentuh untuk Quentin Tarantino

Kisah film ini berfokus pada sejarah alternatif dua upaya untuk membunuh Hitler dan mengakhiri tirani Nazi Jerman di daratan Eropa.

Rencana pertama datang dari Shosanna Dreyfus (Mélanie Laurent), wanita Yahudi yang kehilangan seluruh anggota keluarganya akibat pembantaian yang dilakukan Kolonel Hans Landa (Christoph Waltz).

Ia berencana membalas dendam kepada Nazi dengan menyamar sebagai wanita pemilik bioskop.

Sementara itu, rencana kedua datang dari tim tentara AS yang dipimpin Letnan Aldo Raine (Brad Pitt).

Ia merekrut banyak tentara Amerika keturunan Yahudi ke kelompok bernama “Basterds”. Kelompok ini merupakan unit yang dibentuk untuk melancarkan aksi balas dendam kepada Nazi Jerman.

Ketika menonton film ini, Anda akan belajar empat bahasa sekaligus, yaitu Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia.

Baca juga: Sinopsis Jackie Brown, Film Kriminal Karya Sutradara Quentin Tarantino

2. Babel (2006)

Babel merupakan film drama-psikologis dari sutradara ternama asal Meksiko, Alejandro González Iñárritu. Naskahnya ditulis oleh Guillermo Arriaga.

Kisahnya berfokus pada empat rangkaian situasi dan karakter yang saling terkait satu sama lain. Kisah-kisah mereka tidak disampaikan secara berurutan, melainkan lewat segmen tertentu dan bersifat acak.

Untuk bisa memahami plot secara utuh, penonton harus menyaksikan film ini hingga akhir.

Setting tempat film ini mengambil beberapa negara, seperti Maroko, Jepang, Meksiko, dan AS. Dialog dalam film ini disampaikan dalam enam bahasa, yakni Inggris, Spanyol, Arab, Jepang, Bahasa Isyarat Jepang, dan Berber.

Baca juga: Resmi Hadir di Indonesia, Ini Film Terpopuler Lionsgate Play

Selain menggunakan banyak bahasa, Babel juga dibintangi sederet aktor ternama, di antaranya Brad Pitt, Cate Blanchett, hingga Gael García Bernal.

3. Blood Diamond (2006)

Blood Diamond menceritakan tentang kisah perang saudara yang terjadi di Sierra Leone untuk memperebutkan tambang berlian pada 1999.

Akibat perang tersebut, ribuan masyarakat tewas dan jutaan lainnya mengungsi untuk bertahan diri dan menyelamatkan keluarga masing-masing.

Namun, berdasarkan data dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), perdagangan berlian itu ternyata digunakan untuk membiayai perang saudara.

Hal itulah yang kemudian dijadikan dasar PBB untuk membentuk suatu kebijakan yang membatasi berbagai impor ilegal terkait berlian-berlian itu.

Baca juga: Sharon Stone Pernah Bayar Honor Leonardo DiCaprio dari Kantong Pribadi

Blood Diamond dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Jennifer Connelly, Djimon Hounsou, Arnold Vosloo, dan lainnya.

Selain itu, film ini mendapat lima nominasi Oscar 2007, yakni Best Actor, Best Supporting Actor, Best Sound Editing, Best Film Editing, dan Best Sound Effect.

Adapun bahasa-bahasa yang digunakan dalam film ini adalah Inggris, Afrikaans, Krio, dan Mende.

4. My Name is Khan (2010)

My Name is Khan mengisahkan kehidupan Rizwan Khan (Shah Rukh Khan), anak muslim yang tumbuh bersama saudara laki-lakinya, Zakir (Jimmy Shergill), serta ibunya.

Baca juga: Sinopsis Film My Name Is Khan, Kisah Perjuangan Shah Rukh Khan di Amerika

Rizwan sendiri merupakan anak berkebutuhan khusus penyandang autisme. Meski memiliki kekurangan, Rizwan sangat pandai dalam memperbaiki barang-barang.

Kondisi yang dimiliki Rizwan itulah juga yang membuat sang ibu memberi perhatian ekstra. Hal ini membuat Zakir iri dan akhirnya pergi merantau ke AS.

Selepas sang ibu meninggal, Zakir membawa Rizwan ke AS dan menghidupinya. Ketika berada di AS, Rizwan bertemu Mandira (Kajol), janda beranak satu yang membuat Rizwan jatuh hati. Keduanya pun memutuskan untuk menikah.

Namun, kehidupan keduanya bukan tanpa cobaan. Tragedi 11 September 2001 membuat pandangan AS terhadap warga muslim berubah.

Baca juga: Sinopsis Film My Name is Khan, Adu Akting Shah Rukh Khan dan Kajol

Film Bollywood garapan sutradara Karan Johar ini menggunakan tiga bahasa utama sebagai dialog, yakni Inggris, Hindi, dan Urdu.

5. Contempt (1963)

Contempt merupakan adaptasi dari puisi berjudul The Odyssey karya Homer. Plot film ini menceritakan kisah sutradara legendaris bernama Fritz Lang yang berusaha merampungkan film terbarunya.

Di tengah kerepotannya menyelesaikan film, ia harus berurusan dengan produser menyebalkan, Jerry Prokosch (Jack Palance). Prokosch lantas menyewa Paul (Michel Piccoli) untuk menyelesaikan naskah milik Lang.

Meski sedikit ragu, Paul akhirnya menyetujui permintaan tersebut. Hal ini dilakukan karena ia butuh uang untuk membayar biaya apartemen yang ditinggali bersama sang istri, Camille (Brigitte Bardot).

Keterpaksaan Paul itu juga ternyata tidak disukai Camille. Ia merasa bahwa pekerjaan baru itu membuat sang suami tak peduli lagi kepadanya.

Baca juga: Imajinatif, Berikut 5 Rekomendasi Film Bertemakan Time Travel

Ketika menonton Contempt, penonton bisa belajar empat bahasa secara bersamaan, yakni Italia, Jerman, Prancis, dan Inggris.

6. 3 Idiots (2009)

Film ini menceritakan kisah tiga mahasiswa dari jurusan teknik di Imperial College of Engineering (ICE). Mereka adalah Farhan Qureshi (Madhavan), Raju Rastogi (Sharman Joshi), dan Rancho Shamaldas Chanchad (Aamir Khan).

Ketiga mahasiswa tersebut merupakan sahabat karib yang menjalani masa-masa perkuliahan di bawah tekanan rektor kejam bernama Dr Viru Sahastrabudhhe atau kerap disebut sebagai Virus Komputer.

Semua mahasiswa di ICE sangat takut terhadap peraturan-peraturan menyebalkan dari Virus Komputer.

Namun, tidak dengan Rancho. Ia menentang aturan keras Virus Komputer yang terlalu ketat, sehingga menyebabkan beberapa mahasiswa di kampus bunuh diri karena depresi.

Baca juga: Satu Tahun Kepergian Irrfan Khan, Kareena Kapoor Unggah Foto Kenangan

Konflik memuncak ketika Rancho jatuh hari kepada putri Virus Komputer yang bernama Pia (Kareena Kapoor). Keadaan ini pun membuat Virus Komputer kian marah dan membuat masa kuliah tiga sahabat itu menjadi seperti neraka.

Film Bollywood dengan genre komedi ini disutradarai oleh Rajkumar Hirani dan mendapatkan apresiasi yang cukup memuaskan dari para penonton. Terbukti dari perolehan skor di situs IMDb sebesar 8.4 dan situs Rotten Tomatoes sebesar 100 persen.

Ketika menonton 3 Idiots, penonton akan disajikan dialog menggunakan tiga bahasa utama, yaitu Hindi, Urdu, dan Inggris.

7. Just Follow Law (2007)

Film komedi asal Singapura ini bercerita tentang sebuah insiden aneh yang menukar jiwa seorang wanita pengusaha sukses bernama Tanya Chew (Fann Wong) dengan Lim Teng Zui (Gurmit Singh), pria pekerja kerah biru dengan satu anak, Xiao Mei (Grace Ng).

Baca juga: Penuh Perjuangan, Ini 5 Rekomendasi Film Post-Apocalyptic

Namun, dua sosok tersebut merasa kesulitan menjalani kehidupan baru dengan kondisi jiwa yang tertukar.

Pasalnya, mereka memiliki kepribadian yang cukup kontradiktif satu sama lain. Hal ini menyebabkan banyak insiden pasang-surut dalam pekerjaan masing-masing.

Keduanya pun berjuang untuk menghadapi kesalahan masa lalu dan menemukan kembali hubungan bersama orang-orang yang mereka cintai.

Just Follow Law akan mengajarkan penonton tiga bahasa dalam dialognya, yaitu Inggris, Mandarin, dan Hokkian.

Baca juga: [KURASI KOMPASIANA] 3 Rekomendasi Film dan Serial untuk Pecinta Genre Horor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: bilingua
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi