Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Mengenal Lata Mangeshkar, Penyanyi yang Suaranya Sering Terdengar di Film Bollywood

Baca di App
Lihat Foto
Hindustan Times
Lata Mangeshkar, penyanyi di balik lagu-lagu film Bollywood
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Bagi penggemar film Bollywood tentu masih ingat dengan film India Kabhi Khushi Kabhie Gham, dimana salah satu lagunya yang memiliki lirik sama seperti judul film tersebut, lantang diperdengarkan di beberapa bagian film. 

Suara wanita yang terdengar di lagu tersebut merupakan milik penyanyi berusia 91 tahun, Lata Mangeshkar.

Perlu diketahui, tidak semua bintang Bollywood bisa menyanyi sehingga suara diisi oleh seorang playback singer atau penyanyi playback. 

Mereka ini adalah penyanyi yang rekaman lagu-lagunya dipakai dalam film oleh aktor atau aktris. Dimana ketika dilakukan pengambilan gambar, para aktor atau aktris ini akan berakting menyanyi (lip sync) di hadapan kamera.

Lahir tahun 1929, Lata merupakan salah satu playback singer dan juga direktur musik ternama di India.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mangeshkar mulai bernyanyi secara profesional pada usia 14 tahun dan aktris Bollywood dari tahun 1940-an hingga 2000-an telah menyinkronkan bibir dengannya di layar.

Dia tercatat telah menyanyikan hampir semua film Yash Chopra, termasuk Dilwale Dulhania Le Jayenge yang dibintangi Shah Rukh Khan dan Kajol, Dil To Pagal Hai yang dibintangi Shah Rukh Khan dan Madhuri Dixit, hingga film terkenal lainnya, Mohabbatein, dan masih banyak lagu lainnya. 

Di tahun 2001, Lata menerima penghargaan Bharat Ratna, yaitu penghargaan Kehormatan warga sipil tertinggi di India.

Dia juga pernah masuk dalam daftar The Guiness Book of Records sebagai artis dengan rekaman terbanyak dalam sejarah dengan jumlah mencapai kurang dari 30.000 lagu di periode 1948 hingga 1987.

Terlepas dari daftar tersebut, Lata sendiri tidak tahu persis berapa banyak lagu yang sudah dia rekam, bahkan dia tidak tahu darimana Guinness Book mendapat informasi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi