Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Nama Lilibet Diana Akhirnya Tercantum di Daftar Ahli Waris Kerajaan

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/MR PICK
Meghan Markle dan Pangeran Harry menyambut kelahiran anak kedua mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, Jumat (4/6/2021).
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Lilibet Diana, putri dari Pangeran Harry dan Meghan Markle, akhirnya secara resmi ditambahkan dalam daftar ahli waris kerajaan.

Hal ini dilakukan tujuh minggu setelah kelahirannya di Santa Barbara Cottage Hospital, California, cukup lama jika dibanding Archie yang ditambahkan dalam daftar tersebut hanya dua minggu sejak kelahirannya pada tahun 2019.

Baru ditambahkannya nama Lilibet tujuh minggu setelah kelahirannya sempat menjadi perbincangan.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Disebut Ingin Membaptis Lilibet Diana di Kastil Windsor

Namun, akhirnya pembaruan di situs web resmi Royal.UK menunjukkan nama Lilibet sebagai ahli waris kedelapan dalam antrean takhta kerajaan Inggris.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Lilibet berada tepat di belakang kakaknya, Archie, dan dua di belakang ayahnya, Harry, yang saat ini menempati posisi keenam antrean penerus takhta Ratu Elizabeth.

Nama Meghan Markle sama seperti Kate Middleton serta pasangan kerajaan lain, tidak tercantum di sana karena mereka bukan keturunan kerajaan.

Baca juga: Nama Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle Hilang dari Daftar Penerus Kerajaan

Dasar hukum untuk garis penerus ini berasal dari abad ke-17 dan masa pemerintahan William III (atau dikenal sebagai William of Orange).

Hukum tersebut terakhir diubah pada tahun 2013 untuk mengakhiri sistem anak sulung laki-laki, yang secara otomatis menempatkan ahli waris laki-laki di atas saudara perempuan mereka dalam garis penerus.

Pada saat yang sama, amandemen tersebut juga menghapus aturan bersejarah bahwa seorang bangsawan tidak dapat mempertahankan posisi mereka dalam daftar jika mereka menikah dengan seorang Katolik Roma.

Dengan demikian, posisi Lilibet dalam daftar tidak ditentukan berdasarkan dia putri Harry dan Meghan, kelak posisinya bisa tergelincir lebih jauh ke garis penerus, jika di masa depan, salah satu dari anak-anak William dan Kate menjadi orangtua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: People
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi