Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia, Iwan Fals Luncurkan Singel Merah Putih

Baca di App
Lihat Foto
YouTube Iwan Fals Musica
Musisi legendaris Iwan Fals
|
Editor: Biru Cahya Imanda

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi kenamaan Indonesia, Iwan Fals, meluncurkan singel "Merah Putih" pada HUT ke-76 Republik Indonesia yang dirayakan kemarin, Selasa (17/8/2021).

Lagu ini menjadi singel kedua dari album penuhnya yang saat ini tengah dipersiapkan.

Sebelum meluncurkan lagu ini, Iwan Fals lebih dulu merilis singel "16/01" yang merupakan hasil kolaborasinya bersama penyanyi muda, Sandrayati Fay.

Lagu "Merah Putih" menjadi karya rekaman pertama Iwan Fals yang diiringi instrumen utama piano oleh Otta Tarega.

Baca juga: Iwan Fals Bagikan Cerita Proses Rekaman Singelnya dengan Sandrayati Fay, 16/01

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Sebenarnya piano sudah ada sejak dulu, tapi paling di konser-konser, bukan di rekaman. Pernah main sama Iwang Noorsaid, Bagus AA. Kalau langsung rekam, ya baru ini,” tutur Iwan Fals dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com pada Rabu (18/8/2021).

Tak hanya menampilkan kebaruan dalam karyanya, Iwan Fals juga menyuguhkan bunyi-bunyian khas miliknya, meliputi instrumen harmonika dan suara vokal yang menukik tajam.

"Merah Putih" menjadi cara Iwan Fals merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang hari ini dipenuhi dinamika dan kecepatan.

Baca juga: Iwan Fals Lelang Gitar untuk Bantu Pedagang UMKM Terdampak Pandemi

"Indonesia terus bergerak, terus berproses. Ibaratnya, jadi proses gabungan dari melodi dan syair kalau dalam konteks musik," tambah Iwan Fals.

Tak hanya merayakan kemerdekaan, lewat lagu ini Iwan Fals juga mengajak para pendengarnya untuk tidak saling mengganggu dan lebih mengutamakan keharmonisan, sambil menyadari bahwa kematian menunggu setiap manusia.

Meski demikian, Iwan Fals juga berpesan untuk tetap tidak menyerah dalam masa penantian tersebut, melainkan menjalaninya dengan senang dan lebih produktif untuk memberikan contoh pada generasi berikutnya.

Singel "Merah Putih" dari Iwan Fals sudah bisa dinikmati lewat berbagai platform musik digital sejak kemarin, Selasa (17/8/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi