Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Usai Vakum Tahun Lalu, Event Indonesia Menari Kembali Hadir secara Virtual

Baca di App
Lihat Foto
Indonesia Kaya
Poster Indonesia Menari 2021
|
Editor: Agung Dwi E

KOMPAS.com – Setelah vakum pada 2020 akibat pandemi Covid-19, Indonesia Kaya kembali mengajak masyarakat untuk lebih dekat dengan tarian tradisional melalui event Indonesia Menari yang diadakan secara virtual.

Untuk diketahui, acara tersebut sudah diselenggarakan sejak 2012. Ajang Indonesia Menari pun sukses dilaksanakan secara serempak di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang pada 2019.

Program Director Indonesia Kaya Renitasari Adrian mengatakan, antusiasme besar masyarakat Indonesia terhadap kegiatan tersebut menjadi alasan utama event Indonesia Menari kembali diselenggarakan pada tahun ini.

“Semoga dengan diselenggarakannya Indonesia Menari secara virtual, semakin banyak penikmat seni dan pecinta tari dari berbagai kota di seluruh Indonesia yang ikut berpartisipasi,” ujar Renitasari dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (20/8/2021).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk menambah daya tarik, event tersebut turut menggandeng tiga koreografer berprestasi dari lintas generasi, yakni Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dapat diikuti oleh peserta kelompok, penyelenggaraan tahun ini hanya dapat diikuti oleh peserta individu.

Hal itu sejalan dengan himbauan pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), yakni menghindari kerumunan.

Pada program tersebut, Indonesia Kaya menargetkan sekitar 10.000 pendaftar dari berbagai kota di Indonesia.

Para peserta akan berlomba untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah yang dipersembahkan oleh Indonesia Kaya.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Indonesia Menari kali ini juga terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final.

Salah satu koreografer, Didik Nini Thowok mengatakan, menjadi koreografer dalam Indonesia Menari 2021 merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan baginya.

Ia bersama dua rekannya, yakni Eko Supriyanto dan Ufa Sofura akan berusaha menciptakan dan memadukan gerakan dari genre tarian masing-masing saat bertemu secara langsung di Jakarta.

Ketiganya akan memadukan tiga genre tarian, yakni tradisional, kontemporer, dan modern yang akan ditampilkan selama satu menit.

Selain itu, mereka akan dibantu oleh Eka Gustiwana yang bertugas untuk mengaransemen lagu di babak penyisihan, seperti “Suwe Ora Jamu” (Jawa Tengah), “Apuse” (Papua), “Indung-Indung” (Kalimantan Timur), “Rambadia” (Sumatera Utara), dan “Pakarena” (Sulawesi Selatan ).

“Semoga perpaduan karya kami dapat menjadi tarian yang diminati oleh masyarakat. Tunggu apa lagi, yuk buat videonya, daftarkan dirimu dan mari menari,” jelas Didik.

Selain menjadi koreografer, Didik bersama kedua rekannya tersebut akan berperan sebagai juri utama dalam kegiatan tersebut.

Syarat dan ketentuan

Masyarakat yang tertarik mengikuti ajang Indonesia Menari dapat mengunggah video melalui platform Instagram dan mendaftarkannya situs web www.indonesiakaya.com.

Adapun terdapat tiga kategori peserta pada ajang Indonesia Menari. Pertama, Kategori A untuk usia 19 tahun ke atas. Kedua, Kategori B untuk usia 13-18 tahun. Ketiga, Kategori C untuk usia 6-12 tahun.

Pada babak penyisihan, peserta diminta untuk memeragakan sebuah tarian untuk di-upload ke situs ataupun kanal Youtube Indonesia Kaya sejak Kamis, (12/8/2021).

Kemudian, mereka juga harus mengunggah rekaman tarian tersebut sesuai dengan periode waktu dari masing-masing kategori ke akun Instagram pribadi dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut.

Ketentuan akun Instagram

  1. Satu akun Instagram hanya untuk satu peserta. Peserta yang tidak memiliki akun Instagram pribadi dapat memakai akun milik orang atau institusi lain dengan tetap mengacu peraturan yang sama.
  2. Video harus tetap berada di feed Instagram peserta selama proses acara Indonesia Menari Virtual 2021.
  3. Tidak mengunci akun Instagram selama proses acara Indonesia Menari 2021. Akun yang terkunci akan otomatis didiskualifikasi.
  4. Follow @indonesia_kaya.

Ketentuan Video

  1. Wajib menggunakan framing dan musik Indonesia Menari Virtual 2021 untuk babak penyisihan yang sudah disediakan pada tautan https://tinyurl.com/FrameIMV2021
  2. Pengambilan gambar dilakukan secara utuh dengan musik yang sudah disediakan sesuai durasi dan dalam lingkungan yang kondusif. Diharapkan pula tidak ada suara lain yang mengganggu.
  3. Memastikan koreografi dan musik tersinkronisasi dengan baik.
  4. Pengambilan video dilakukan dengan satu arah dari depan dan tanpa pergerakan. Pengambilan video dapat menggunakan tripod atau sejenisnya.
  5. Pengambilan video dapat dilakukan dengan menggunakan semua jenis perangkat, baik telepon genggam maupun kamera digital.
  6. Video wajib menangkap semua gerakan dengan jelas, tanpa ada bagian tubuh yang terlewat dari batas video.
  7. Hasil kualitas video tidak memengaruhi penilaian, tetapi diharapkan dengan kualitas yang baik dan jelas untuk membantu penjurian.
  8. Video dapat diambil pada lokasi indoor atau outdoor dengan pencahayaan yang cukup.
  9. Diharapkan video tidak mengandung watermark dari aplikasi penyunting video.
  10. Dalam babak penyisihan, para peserta juga diwajibkan untuk mencantumkan tagar #MenariDiRumahAja, #IndonesiaMenariVirtual2021.

Peserta juga diwajibkan untuk mencantumkan tagar sesuai kategori yang diikuti, seperti #IMVKatA (kategori A), #IMVKatB (kategori B) atau #IMVKatC (kategori C).

Selain menuliskan tagar, peserta juga diharuskan untuk menuliskan nama lengkap, kategori, dan asal provinsi sesuai dengan yang dituliskan pada formulir pendaftaran dan disertai kalimat “Cinta Budaya, Cinta Indonesia”.

Untuk kostum, peserta dapat mengenakan pakaian bertemakan etnik modern ataupun kolaborasi baju berunsur etnik dengan sentuhan modern.

Hal terpenting, pakaian yang dikenakan tidak mengganggu aktivitas menari dan tidak ditambahkan properti lainnya.

Setelah mengikuti babak penyisihan, juri akan menentukan 100 peserta yang berhasil lolos dari masing-masing kategori dan berhak mengikuti babak semifinal pada 25 -29 September 2021.

Dari 100 peserta, akan dipilih lagi 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk mengikuti babak final yang berlangsung, Minggu (10/10/2021), dan dapat disaksikan secara virtual di Youtube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB.

Sebagai informasi, penyelenggaraan final Indonesia Menari 2021 juga bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-8 Galeri Indonesia Kaya dan HUT ke-3 Taman Indonesia Kaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi