Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Saling Bantah antara Terduga Korban dan Olivia Nathania Terkait Kasus Penipuan CPNS

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI
Terlapor Olivia Nathania (tengah) bersama kuasa hukumnya, Susanti Agustina, dalam jumpa pers di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, (30/9/2021).
|
Editor: Andika Aditia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus dugaan penggelapan, penipuan, dan pemalsuan surat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kini menjadi buah bibir di masyarakat.

Terlebih, kasus ini menyeret nama Olivia Nathania yang notabene merupakan putri salah satu pesohor.

Dalam kasus ini, terduga korban dari Olivia Nathania dan Rafly Noviyanto Tilaar disebut mencapai 225 orang dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 9,7 miliar.

Dalam Surat Keputusan (SK) pengangkatan CPNS yang diterima terduga korban, terdapat Nomor Induk Pegawai (NIP), Terhitung Mulai Tanggal (TMT), dan penjelasan golongan hingga jabatan CPNS.

SK tersebut juga memiliki hologram lambang garuda Indonesia, kop surat Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan tanda tangan Kepala BKN.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kasus Dugaan Penipuan CPNS, Terduga Korban dari Olivia Nathania Diperiksa 9 Jam

Karangan bebas

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Olivia Nathania melalui kuasa hukumnya, mengaku tidak mengenal dan bertemu langsung dengan 225 orang yang disebut sebagai korban dari tindakannya.

Mengenai 225 orang tersebut, pihak Olivia Nathania mengaku tidak pernah merekrut dan menyebut Agustin yang membujuk serta memberikan iming-iming pasti akan lulus kepada mereka.

Sebagai informasi, Agustin merupakan mantan guru Sekolah Menengah Atas (SMA) sekaligus terduga korban dari Olivia Nathania.

Anak penyanyi Nia Daniaty itu mengakui menerima uang senilai Rp 25 juta per kepala dari 225 orang tersebut.

Namun dia mengklaim, uang itu digunakan untuk kegiatan pelatihan CPNS, bukan untuk sepenuhnya keuntungan pribadi.

Baca juga: Agustin Akui Terima Sejumlah Uang dari Olivia Nathania, tetapi Klaim untuk Dikembalikan ke Korban

Dengan begitu, Olivia Nathania menyebut Agustin mengambil keuntungan dari nominal harga yang sudah dipatok, yakni Rp 25 juta.

Mengenai hal tersebut, Agustin dan kuasa hukumnya, Odie Hudiyanto, menilai bantahan dari Olivia Nathania itu adalah karangan bebas.

"Iya, itu karangan bebas Oi (sapaan Olivia). Terserah dia mau bela diri," ucap Agustin saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat, (1/10/2021).

"Dongeng dia itu, haknya Oi (bela diri)," timpal Odie.

Rekrut

Mengenai Olivia Nathania yang menyebut Agustin sebagai oknum yang mengajak, menawarkan, dan mempresentasikan kepada 225 orang untuk ikut CPNS, dia pun memberikan penjelasan.

Baca juga: Agustin Sebut Olivia Nathania Mengarang Bebas Saat Bantah Dugaan Penipuan CPNS

"Saya sudah buktikan, itu chat dari Olivia yang menawarkan saya, 'Bu, ada yang mau masuk CPNS tidak?'. Sudah jelas sekali. Saya langsung jawab, 'ada, anak saya'. Saya tanya, 'emang bisa?'," kata Agustin.

"(Dijawab) 'Saya sudah 4 tahun dan ini adalah tahun kelima', katanya. Itu artinya yang menawarkan adalah Olivia," ucap Agustin melanjutkan.

Rekening

Dalam jumpa pers, Olivia Nathania dan tim kuasa hukumnya membeberkan bukti transaksi melalui mobile banking.

Bukti-bukti tersebut sebagai bantahan pernyataan Agustin yang mengaku tidak menerima uang sedikitpun dari kasus ini.

"Rekening BNI atas nama Agustin Suartini, faktanya sering kali menerima transferan uang dari rekening Oi. Sejauh rekapan kami, jumlahnya mencapai Rp 215,5 juta," kata Susanti sambil membeberkan bukti.

Baca juga: Jawaban Olivia Nathania soal Tudingan Pemalsuan SK Pengangkatan CPNS Bertanda Tangan Kepala BKN

"Bukan hanya itu, Ibu Titin juga meminta Oi untuk melakukan transfer uang ke sejumlah orang yaitu rekening Mandiri atas nama Karnu senilai Rp 20 juta, BCA atas nama Nur Anwar Al Anshar yang merupakan anak kandung Ibu Titin sejumlah Rp 118 juta," ungkap kuasa hukum Olivia Nathania, Susanti Agustina.

Olivia Nathania menggarisbawahi, total keseluruhan yang sudah ia transfer ke sejumlah rekening yaitu lebih dari Rp 1 miliar.

"Perlu dicatat, ini hanya sebagian rekapan transaksi, sisanya masih dalam proses rekap karena terdapat banyak sekali bukti transaksi," bunyi keterangan resmi.

Agustin mengakui menerima sejumlah uang dari Olivia Nathania, seperti yang sudah dibeberkan Olivia Nathania dalam jumpa pers.

"Memang, saya tidak menyangka kalau ada transferan ke rekening saya. Tapi semua itu ada peruntukannya, saya sebutkan satu saja," ucap Agustin.

Baca juga: Jawaban Olivia Nathania soal Tudingan Pemalsuan SK Pengangkatan CPNS Bertanda Tangan Kepala BKN

Ia menjelaskan, dirinya hanya dititipi Olivia Nathania untuk mengembalikan dana kepada orang-orang yang sudah dijanjikan masuk PNS, tetapi tak kunjung diwujudkan.

"Karena dia (Olivia Nathania) sering ditagih, tapi tidak pernah meresponsnya. Akhirnya, saya bantu tagih. Akhirnya dia, 'Bu, saya titip ke Ibu, tolong diberikan ke nama tersebut', itu saja," kata Agustin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi