Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

5 Fakta di Balik Layar “Dune”, Ada Aktor Dandan 80 Jam hingga Bikin Lebih dari 1.000 Kostum

Baca di App
Lihat Foto
Warner Bros Pictures
Film Dune
|
Editor: Mikhael Gewati

KOMPAS.com – Film Dune resmi tayang di Indonesia pada Senin (13/10/2021). Film fiksi ilmiah besutan sutradara Denis Villeneuve ini pun langsung jadi buah bibir, bahkan sejak mulai diproduksi.

Pasalnya, proyek ambisius senilai 165 juta dollar AS ini menghadirkan aktor-aktor papan atas Hollywood, minim efek visual, musik latar bombastis, hingga kisah-kisah menarik di behind the scenes atau di balik layar.

Untuk membekali perjalanan Anda ke bioskop, Kompas.com telah menghimpun fakta-fakta menarik seputar film Dune dari berbagai sumber.

Simak delapan fakta menarik dari film diangkat dari serial novel Frank Herbert berikut ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Aktor dandan hingga 80 jam

Dari wawancara dengan IndieWire, Rabu (14/4/2021), aktor veteran Stellan Skarsgård mengatakan, menghabiskan hampir 30 persen waktunya atau sekitar delapan jam sehari untuk dirias.

Skarsgård sendiri terlibat delapan sampai sepuluh hari dalam pembuatan film. Jadi ia telah menghabiskan waktu 64-80 jam untuk dirias.

"Saya terlibat dalam pembuatan film delapan sampai sepuluh hari. Jadi karakter saya tidak terlalu banyak muncul, tetapi kehadiran saya di film sangat terasa,” kata Skarsgård.

Baca juga: Mulai Tayang, Intip Kisah Film Dune yang Disebut Menandingi Game of Thrones

Skarsgård mengaku "tidak banyak berakting" karena sebagian besar perannya di film ini bertugas mengintimidasi lewat "kekuatan fisiknya" dan setelan yang cocok sebagai Baron Vladimir Harkonnen.

Dalam novelnya, karakter Harkonen ditulis sangat pintar, kejam, dan haus akan kekuasaan. Sifat-sifat itu direpresentasikan oleh fisik Harkonen yang kegemukan. Oleh karena itu, penggambaran fisiknya pun perlu menunjukkan keserakahan.

2. Minim efek visual

Dalam sebuah wawancara di Festival Film Internasional Shanghai, Villeneuve mengatakan, hanya "set nyata yang bisa membawa inspirasi sejati" ke film.

Oleh karenanya, selain syuting di lokasi yang terkenal ekstrem seperti Yordania. Set besar pun dibangun di Budapest untuk bagian dalam ruangan, seperti istana Kaisar di Arrakis.

Baca juga: Legendary Berusaha Jegal Langkah Warner Bros. Rilis Godzilla dan Dune ke HBO Max

Meski begitu, efek visual (CGI) masih digunakan dalam film untuk adegan yang melibatkan hal-hal seperti ratusan spice harvester (alat pemanen rempah) atau sandworms (cacing pasir raksasa), tetapi sebagian besar set dan alat peraganya praktis.

3. Kapal luar angkasa sungguhan

Dalam wawancara yang sama dengan OSSA Movies, Supervisor Efek Visual Dune Paul Lambert membeberkan bahwa banyak kapal dibuat menggunakan efek praktis, tetapi terlihat nyata. Contohnya 'thopter yang dibangun menggunakan gimbal di bukit tertinggi di Budapest.

Aktor bisa duduk di dalam kokpit mereka. Adapun efek gerakan menaikkan, menurunkan, memutar, atau apa pun yang diperlukan untuk adegan tersebut di kokpit digerakkan oleh kru.

Baca juga: Intip Sosok Timothee Chalamet di Trailer Baru Dune

Oleh karena itu, ketegangan dramatis yang dialami aktor yang mengemudikan kapal dalam situasi berbahaya bisa diperagakan lebih menawan. Alhasil adegan ini menarik bagi para penonton.

4. Hans Zimmer bikin instrumen musik sungguhan

Komposer musik kondang Hans Zimmer dipaksa keluar dari zona nyamannya untuk mengerjakan latar musik dalam film ini.

Dia bahkan menemukan instrumen baru, mengembangkan bahasa sendiri untuk aransemen paduan suara, dan membuat skornya terdengar seperti memasukkan musik "dari dunia lain."

Menurut Variety, Dune menitikberatkan Arrakis (planet dalam jagat Dune) yang memiliki rasa budaya berbeda dan lanskap asing, tanpa meminjam terlalu banyak unsur dari suara bumi.

Baca juga: Rilis Trailer Perdana, Berikut Kisah yang Diangkat dalam Film Dune

Untuk itu, Zimmer menggunakan musik sebagai salah satu cara terpenting untuk membawa penonton ke dalam narasi film.

Terlebih, dia tahu penonton perlu merasa seperti berada di alam semesta yang sama sekali berbeda.

5. Kostum lebih dari 1.000 buah

Perancang kostum Jacqueline West dan Bob Morgan menciptakan lebih dari 1.000 kostum untuk Dune. Kostum tersebut mengambil inspirasi dari mitologi Yunani dan Romawi serta tragedi dramatis yang mendefinisikan materi sumbernya.

Salah satu kostum paling susah dibuat dalam film ini adalah yang dirancang berdasarkan masing-masing pemeran. Ini mengingat gerakan para aktor secara teknis "mengaktifkan" kostum itu dan mengharuskan mereka menyesuaikan bentuknya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Film Bertema Dunia Pararel yang Tak Boleh Dilewatkan

Tidak hanya ada unsur-unsur tragedi Yunani dan Romawi, kostum di Dune kali ini juga terinspirasi oleh zaman kuno. Selain itu, film ini memiliki belasan aktor utama dan ratusan figuran. Tak heran, kostumnya pun dibuat sangat banyak.

Itulah lima fakta menarik dari Dune. Kalau Anda hendak menontonnya di bioskop, jangan lupa patuhi protokol kesehatan. Selamat menonton!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: IndieWire
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi