Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Setelah Nicholas Tse, Kini Gong Li Juga Disebut Melepas Kewarganegaraan Singapura

Baca di App
Lihat Foto
AFP PHOTO / ALBERTO PIZZOLI
Aktris asal China Gong Li berpose di karpet merah pada upacara pembukaan Festival Film Cannes ke-69 di Cannes, Perancis, pada 11 Mei 2016.
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Aktris Gong Li dikabarkan melepaskan kewarganegaraan Singapura, setelah dilaporkan masuk daftar hitam oleh pemerintah China karena memegang paspor asing.

Dari rumor yang beredar, bintang film Mulan itu diduga melepaskan kewarganegaraannya karena tindakan keras terhadap industri hiburan China dan mengajukan permohonan kembali untuk menjadi warga negara China.

Desas-desus ini muncul setelah aktor Hong Kong Nicholas Tse melepaskan kewarganegaraan Kanada-nya bulan lalu.

Baca juga: Jet Li Dikabarkan Akan Masuk Daftar Hitam Pemerintah China

Putra sutradara terkenal China Chen Kaige, aktor Arthur Chen Feiyu, yang lahir di Amerika Serikat, juga melepaskan kewarganegaraan Amerika Serikat-nya pada Agustus.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tse dan Gong keduanya dikabarkan masuk daftar hitam artis yang memegang kewarganegaraan asing.

Aktris papan atas China Vicki Zhao, yang tiba-tiba dihapus dari Internet di China pada bulan Agustus, juga dikatakan ada dalam daftar ini karena dia adalah penduduk tetap Singapura.

Gong, yang menikah dengan taipan Singapura Ooi Hoe Seong pada tahun 1996, diberikan kewarganegaraan Singapura pada tahun 2008.

Bintang film yang terkenal secara internasional seperti Raise The Red Lantern (1991) dan Memoirs Of A Geisha (2005) mempertahankan kewarganegaraan bahkan setelah perceraian pasangan itu pada tahun 2009.

Baca juga: Rumor Daftar Hitam Selebriti WNA di China, Nicholas Tse Pilih Lepas Kewarganegaraan Kanada

Dia kemudian menikah lagi dengan musisi elektronik Prancis Jean-Michel Jarre pada tahun yang sama dan sekarang tinggal di Prancis.

Desas-desus terbaru itu disambut dengan sorakan oleh netizen China yang menyambutnya kembali setelah bertahun-tahun mencemoohnya karena menolak negaranya sendiri.

Namun, di forum lokal, ada komentar sinis dari warga Singapura tentang Li yang dinilai menggunakan Singapura sebagai batu loncatan sementara tidak berkontribusi apapun pada negara tersebut.

Terlepas dari kabar ini, masih menjadi pertanyaan apakah bintang seni bela diri Jet Li, yang juga memegang kewarganegaraan Singapura, akan menjadi selebriti berikutnya yang menyerahkan kewarganegaraannya.

Baca juga: Setelah Vicki Zhao Dihilangkan, Keberadaan Putrinya Kini Jadi Pertanyaan

Seperti diberitakan sebelumnya, Jet Li disebut menjadi target pemerintah China berikutnya setelah Vicki Zhao.

Sebuah 'daftar reorganisasi' yang belum diverifikasi telah ramai beredar di internet September lalu.

Daftar itu menyebutkan, Administrasi Radio dan Televisi Nasional China akan menempatkan batasan baru pada selebritas dengan kewarganegaraan asing.

Mereka yang disebut ada dalam daftar antara lain Liu Yifei, Wilber Pan, Wang Leehom dengan kewarganegaraan Amerika, serta Nicholas Tse dan Mark Chao dengan kewarganegaraan Kanada.

Kemudian, Jet Li yang memiliki kewarganegaraan Singapura.

Jet Li diketahui lahir di Beijing, lalu menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1997.

Dia kemudian melepaskan kewarganegaraan Amerika-nya dan menjadi warga negara Singapura pada tahun 2009 karena Pemerintah Singapura tidak mengizinkan kewarganegaraan ganda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: asiaone.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi