Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Klarifikasi TVOne soal Nirina Zubir Walk Out Saat Wawancara

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ Tria Sutrisna
Artis peran Nirina Zubir (tengah) usai mendatangi gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Rabu (17/11/2021). Stasiun televisi tvOne memberikan klarifikasi terkait aksi walk out Nirina Zubir dalam acara Apa Kabar Indonesia Malam Kamis (18/11/2021).
|
Editor: Fitri Nursaniyah

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun televisi tvOne memberikan klarifikasi atas aksi walk out atau keluarnya Nirina Zubir dari sesi wawancara langsung di program Apa Kabar Indonesia Malam, Kamis (18/11/2021).

Penanggung Jawab Program Apa Kabar Indonesia Malam, Eduardus Karel Dewanto dan timnya memberikan tiga poin klarifikasi terkait kondisi tersebut.

Pihak tvOne menyebut, kedatangan pengacara Riri Khasmita tidak dimaksudkan untuk menjebak Nirina.

Baca juga: ART Ternyata Juga Curangi Bisnis Kontrakan Milik Ibu Nirina Zubir

"Sama sekali tvOne tidak bermaksud menjebak, seperti disampaikan Mbak Nirina dengan menghadirkan pengacara tersangka Riri," kata Eduardus.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Semata mata, kehadiran pengacara tersangka tersebut untuk memenuhi kaidah pemberitaan yang seimbang dan menghormati asas praduga tak bersalah," lanjutnya.

tvOne mendatangkan pengacara Riri Khasmita demi memenuhi kaidah berimbang.

Baca juga: Tahan Emosi, Nirina Zubir Dipertemukan dengan Tersangka Mafia Tanah

Di awal sesi dialog dalam program Apa Kabar Indonesia Malam dilakukan, pemandu acara juga telah menyebutkan siapa saja narasumber yang akan hadir dan berbicara di sana.

"Kami memperoleh narasumber tersebut untuk memenuhi kaidah keberimbangan pun di menit terakhir menjelang on air," ujar dia.

"Kami merasa tidak bakal jadi persoalan, ketika dalam segmen awal dialog sudah disampaikan narasumber yang hadir. Saat itu, Mbak Nirina juga bersedia berdialog dengan pengacara tersebut," tuturnya.

Baca juga: Viral Video Nirina Zubir Walk Out Saat Wawancara di Televisi

Dialog berjalan lancar hingga pembawa acara memberikan kesempatan pada kuasa hukum Riri Khasmita untuk berbicara.

Eduardus menyebut, tvOne justru sepakat pada pemberantasan mafia tanah.

"Oleh karena itulah, kami menghadirkan narasumber yang kompeten lainnya, seperti Staf Khusus Kementerian BPN, Dirkrimsus Polda Metro Jaya dan Pengamat Pidana," kata dia.

Baca juga: Merasa Dijebak Saat Wawancara, Nirina Zubir Tuntut Permintaan Maaf Stasiun TV Ini

"Dari narasumber tersebut, disimpulkan semuanya setuju Mafia Tanah harus diperangi," lanjutnya.

Sebagai informasi, Nirina Zubir hadir di program Apa Kabar Indonesia Malam didampingi pengacara untuk menceritakan mendiang ibunya yang menjadi korban mafia tanah.

Namun, di tengah berjalannya acara, Nirina mengungkapkan rasa kekecewaanya pada pihak stasiun televisi karena telah mengundang kuasa hukum mantan asisten rumah tangga (ART) ibunya, Riri Khasmita yang diduga menggelapkan aset keluarganya senilai Rp 17 miliar.

Kondisi tersebut membuat Nirina merasa dijebak, melalui unggahan di Instagram Story-nya, ia pun menuntut permintaan maaf dari pihak tvOne.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi