Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ayah Vanessa Angel dan Ayah Bibi Andriansyah Cabut Permohonan Perwalian hingga Tempuh Jalur Hukum

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Ady Prawira Riandi
Didampingi oleh tim kuasa hukumnya, Faisal ayah dari mendiang Bibi Andriansyah mendatangi Pengadilan Agama Jakarta Barat untuk menyelesaikan permasalahan soal hak perwalian Gala Sky.
|
Editor: Andi Muttya Keteng Pangerang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadilan Agama (PA) Jakarta Barat menetapkan ahli waris dari Bibi Andriansyah adalah keluarga Bibi dan Gala Sky Andriansyah.

Permohonan penetapan ahli waris ini sebelumnya diajukan oleh tiga pihak, yakni ayah Bibi Andriansyah, Faisal, Ibunda Bibi, Dewi, dan ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat.

"Sebetulnya permohonan diajukan oleh tiga pihak, Pak Haji Faisal, Ibu Dewi (istri Pak Faisal), dan Pak Doddy," kata Wijayanto Hadi Sukrisno, salah satu kuasa hukum Faisal, saat ditemui usai sidang, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Pengadilan Tetapkan Ahli Waris Bibi Andriansyah Jatuh ke Keluarga dan Gala

Untuk permohonan penetapan ahli waris ini, pihak Doddy Sudrajat menarik diri untuk tak ikut campur di dalamnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh sebab itu, majelis hakim memutuskan ahli waris dari harta dan aset milik Bibi Andriansyah jatuh ke keluarga Bibi dan Gala Sky Andriansyah.

"Majelis hakim sudah menetapkan bahwa ahli waris dari Bibi adalah Pak Haji Faisal, Bu Haji (Dewi), dan Gala, yang ditetapkan dalam ahli waris Bibi," tutur Kris.

Baca juga: Ayah Mendiang Vanessa Angel Bakal Tempuh Jalur Hukum, Soal Apa?

1. Cabut permohonan perwalian

Pihak Doddy Sudrajat dan Faisal sebagai orangtua dari mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah resmi mencabut permohonan perwalian cucu mereka, Gala Sky.

"Jadi, kami jelasin hari ini ada dua nomor permohonan, dua-duanya aja permohonan. Yang satu (nomor perkara) 482 tentang perwalian, yang kedua tentang 483 tentang ahli waris," kata Kris.

Selanjutnya, pihak Faisal akan menggugat hak perwalian Gala Sky ke jalur hukum.

Baca juga: Doddy Sudrajat Fokus 40 Hari Vanessa Angel, Tolak Tanggapi Donasi untuk Gala

Gugatan ini sengaja dilayangkan karena pihak Doddy Sudrajat tidak menyetujui permohonan hak asuh untuk Gala.

"Artinya permohonan kami tidak disetujui oleh Pak Doddy. Karena tidak disetujui kami harus menggugat lagi. Kenapa tidak setuju, pihak pengadilan kan tidak mau meng-ACC kalau tidak disetujui, karena dia tidak mau, tentu kami gugat," kata Faisal menjelaskan duduk permasalahannya.

2. Bakal tempuh jalur hukum

Sementara, Doddy Sudrajat, dipastikan bakal menempuh jalur hukum ke salah satu pengadilan di Jakarta Pusat — entah Agama atau Negeri.

Baca juga: [POPULER HYPE] Ayah Bibi Andriansyah Merasa Dicurangi Ayah Vanessa Angel | Adik Vanessa Angel Kembali Dicibir

Kendati demikian, Doddy Sudrajat tidak memberitahu lebih lanjut mengenai perkara apa yang bakal dia tempuh jalur hukum.

"Nanti tanya saja Bang Milano, kami lagi cari formula yang baiklah untuk mengajukan ke Pengadilan Jakarta Pusat. Ya sudah ya, sudah, sudah," kata Doddy Sudrajat saat ditemui di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (30/11/2021).

Konsultan hukum Doddy Sudrajat, Milano Lubis, juga tidak menjelaskan secara eksplisit mengenai hal tersebut dan hanya memastikan bakal menempuh jalur hukum.

Baca juga: Video Musik Adik Vanessa Angel Dapat Banyak Dislike, Doddy Sudrajat: Biasalah

"Saya enggak bilang gugat, yang jelas nanti kalian lihat saja proses hukumnya seperti apa. Yang jelas kami tempuh secara proses hukum, tidak ngaco," ujar Milano.

3. Dugaan saling rebut

Milano Lubis memastikan tidak ada aksi saling rebut harta dan perwalian Gala Sky Andriansyah dalam keluarga besar mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah.

Pernyataan tersebut menyusul asumsi publik yang menilai keluarga besar mendiang pasangan tersebut saling menginginkan hak asuh Gala beserta warisannya.

Baca juga: Doddy Sudrajat Bantah Kehadiran Duet Adik Vanessa Angel Aji Mumpung

"Enggak ada, rebutan apa? Apa yang diperebutkan? Saya juga enggak mengerti apa yang diperebutkan. Kalau masalah harta, harta yang bagaimana?" ucap Milano Lubis.

Milano kemudian menjelaskan mengenai asumsi publik yang menilai Doddy Sudrajat terlihat ngotot untuk mengasuh Gala Sky Andriansyah.

Dia berujar, posisi Doddy Sukses setelah ditinggal pergi Vanessa Angel selama-lamanya dalam kondisi yang serba salah.

Baca juga: Demi Gala, Kak Seto Imbau Keluarga Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah Menahan Diri

"Kalau masalah Gala, kan sudah jelas. Dia (Doddy) enggak mau nanti kejadian seperti Vanessa lagi. Kalau dia enggak memperjuangkan, nanti dia dibilang enggak mau ngurusin, enggak mempertahankan haknya. Jadi, serba salah," ujar Milano Lubis.

"Saya berdiri di samping Pak Doddy untuk memastikan, apa yang jadi haknya Gala, itu benar-benar jadi haknya Gala, itu aja kepentingan saya untuk di samping Pak Doddy," ucap Milano Lubis melanjutkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi