Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

7 Rekomendasi Film Komedi Satir Bertema Politik, Enggak Bikin Bosen!

Baca di App
Lihat Foto
Betty Gilpin dalam film The Hunt (2020)
|
Editor: Rheisnayu Cyntara

JAKARTA, KOMPAS.com - Film yang berfokus pada politik yang penuh dengan intrik dan diambil dengan sudut pandang yang berbeda memang menarik untuk ditonton.

Segudang alasan mengapa film tema politik ini tayang seperti; untuk menyindir sistem yang sudah ada, pengambilan sikap serius atas masalah atau momen yang besar dalam sejarah dan ajang edukasi moral.

Berikut ini adalah tujuh rekomendasi film yang bertemakan politik:

Baca juga: Sinopsis The Dictator, Komedi Satir tentang Pemimpin Diktator

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. The Hunt (2020)

Film kontroversial ini terpaksa harus mengalami penundaan penayangan beberapa hari menyusul segudang kritik dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, serta dari media sayap-kanan karena film ini dianggap bias.

The Hunt bercerita mengenai Hilary Swank sebagai pemimpin kelompok liberal kaya Amerika yang dikenal sebagai "elite" yang berangkat untuk menculik dan memburu warga lain yang dikenal dengan ''orang konservatif jelata'' untuk bersenang-senang.

Suatu hari di padang rumput yang luas, beberapa orang terbangun dengan mulut yang dibekap dengan alat. Orang-orang di padang rumput ini tidaklah saling mengenal satu-sama lain tetapi satu-satunya kesamaan adalah mereka semua berada di sayap-kiri.

Baca juga: Sinopsis Money Heist Season 5 Volume 2, Akhir Kisah Professor dan Para Perampok

2. Negeri Tanpa Telinga (2014)

Film Tanah Air berjudul Negeri Tanpa Telinga ini berfokus pada seluk beluk politik di Indonesia baik dari politik bersih hingga kotor.

Negeri Tanpa Telinga adalah karya garapan sutradara sekaligus produser Lola Amaria berangkat dari kegelisahan Lola mengenai berita-berita tak sedap di media nasional mengenai skandal para pejabat (seks, korupsi).

Baca juga: Sinopsis Kupilih Cinta, Ketika Harus Memilih Antara Dua Cinta

3. A Taxi Driver (2017)

A Taxi Driver terinspirasi dari kisah kelam pelanggaran HAM besar-besaran yang terjadi di Korea Selatan pada 1980.

Film ini dikemas apik dengan menggambarkan situasi nyata berlatar 1980 ketika para mahasiswa di Gwangju berusaha untuk menyuarakan aspirasinya tiba-tiba tentara militer menyerang barisan mahasiswa tanpa ampun dengan tembakan senjata tanpa pandang bulu.

Baca juga: 5 Film Perang Dunia 2 dengan Rating Tertinggi Versi IMDb

4. Zero Dark Thirty (2012)

Sesuai dengan tagline pada promosinya ''the story of history's greatest manhunt for the world's most dangerous man'', Zero Dark Thirty menceritakan perburuan buronon nomor satu di dunia akibat kejadian 9/11 yaitu Osama Bin Laden.

Osama Bin Laden merupakan tersangka dibalik peristiwa pilu pada kejadian WTC atau lebih dikenal 9/11.

Film ini berfokus pada sudut pandang agen analisis CIA Amerika Serikat bernama Maya (Jessica Chastain) yang bertugas untuk menemukan lokasi persembunyian pimpinan Al-Qeeda, Osama Bin Laden.

Baca juga: Menegangkan, Berikut 5 Film Kriminal Korsel dari Kisah Nyata

5. Snowden (2016)

Snowden adalah film biografi drama-kriminal yang mengungsung tema intelijen atau hackers.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi pada 2013, seseorang bernama Edward Joseph Snowden.

Seorang anggota NSA (National Security Agency) dan CIA (Central Intelligence Agency) yang bertugas untuk mengulik kehidupan privat seseorang dengan cara mengintai alat elektronik yang berada di sekitar orang itu.

NSA juga melakukan beberapa tindakan pengintaian lainnya yang sangat merugikan bagi seseorang bahkan terhadap sebuah negara termasuk negara sekutu Amerika Serikat.

Baca juga: Sinopsis Film The Man with the Iron Heart, Misi Pemimpin Nazi yang Kejam dan Genosida

6. Milk (2008)

Perjuangan seorang tokoh kontroversial di San Fransisco, Harvey Milk (Sean penn), yang menjadi seorang aktivis pejuang hak para gay.

Di saat yang sama, ia pun mulai terjun di kancah politik yang akhirnya membawanya menjadi salah satu tokoh paling kontroversial di San Fransisco yang berakhir dengan pembunuhan.

Baca juga: Sinopsis I Dont Fire Myself, Diskriminasi Wanita di Tempat Kerja

7. Lincoln (2012)

Film drama sejarah biografi Amerika yang disutradarai dan diproduksi oleh sutradara kondang Steven Spielberg dan dibintangi aktor Daniel Day-Lewis sebagai Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln.

Lincoln bercerita mengenai perjuangan presiden Amerika Serikat yang berupaya untuk meluluskan amandemen ketigabelas untuk menghapuskan perbudakan.

Langkah nyata untuk membela serta melindungi kaum kulit hitam setelah banyak korban jiwa yang harus tewas di medan perang karena permasalahan ini.

Baca juga: Sinopsis West Side Story: Film Musikal Romantis Rachel Zegler

Itulah tujuh rekomendasi film komedi satir bertemakan politik yang layak untuk ditonton sebagai sarana edukasi dan hiburan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi