Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ringo Starr Merilis Buku The Beatles, Berisi Cerita yang Belum Pernah Terungkap

Baca di App
Lihat Foto
REUTERS/JOHN STILLWELL/POOL
Drummer grup band legendaris The Beatles, Ringo Starr, mendapatkan penghargaan MBE (Member of the Order of the British Empire) dari kerajaan Inggris. Lencana kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Pangeran William yang bergelar The Duke of Cambridge di Istana Buckingham, London, Selasa (20/3/2018) waktu setempat. 
|
Editor: Andi Muttya Keteng Pangerang

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Ringo Starr merilis buku terbarunya, Lifted, yang bakal dipasarkan pada 14 Februari bertepatan dengan Hari Valentine.

Untuk pra-penjualan diumumkan mulai 21 Desember 2021.

Buku ini akan berisi kumpulan foto-foto dan cerita yang belum pernah terungkap dari kebersamaannya dengan The Beatles.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Maggie Mae - The Beatles

"Saya tidak menulis buku ini sebagai sejarawan Beatles. Saya menulis buku ini sebagai Beatles dan hanya ada beberapa dari kami yang bisa melakukannya,” kata Ringo Starr dikutip Kompas.com dari Ultimate Classic Rock and Culture Rabu (22/12/2021).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam proyek buku edisi terbatas ini terdapat banyak gambar langka dari The Beatles, tetapi dengan sajian cerita dari perspektif Ringo Starr.

Selain itu, buku ini juga akan hadir dengan tampilan modern.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Dig It - The Beatles

"Gambar-gambar fantastis ini kembali kepada saya dalam beberapa tahun terakhir dari sini. Dan entah bagaimana membantu saya kembali melihat hidup saya dengan The Beatles melalui sudut pandang yang segar," ucap Starr lagi.

“Foto-foto dalam buku ini saya lihat di ponsel dan komputer saya dan mengangkatnya karena membawa begitu banyak kenangan indah. Dalam beberapa tahun terakhir, saya mengumpulkan foto-foto Beatles yang terkadang hampir tidak saya ingat,” tambah Starr.

Dalam proyek buku ini, Starr dibantu oleh David Wild yang merupakan penulis buku sekaligus produser TV.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Dig a Pony - The Beatles

Lebih lanjut mengenai buku ini, Starr mengatakan bahwa dia senang ‘mengunjungi’ kembali era Beatles dalam bentuk fotografi.

“Ketika orang bertanya kepada saya tentang The Beatles, saya sering memberi tahu mereka, 'Sebaiknya Anda bertanya kepada Paul,' karena entah bagaimana dia sepertinya mengingat semuanya," tutur Starr.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Mr Moonlight - The Beatles

“Jadi ini adalah buku yang penuh dengan gambar Beatles yang belum pernah dilihat banyak orang dan cerita yang saya bagikan dengan sedikit bantuan dari teman penulis lama saya, David Wild,” tambah Starr.

Sementara itu, hasil dari penjualan buku ini akan disumbangkan ke The Foltus Foundation, badan amal yang berfokus pada penyalahgunaan zat, kelumpuhan otak, tumor otak, kanker, wanita yang dipukuli dan mereka anak-anak, tunawisma dan hewan yang membutuhkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi