Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Pembelaan dan Penyesalan Richard Lee Setelah Ditahan karena Dugaan Akses Ilegal

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vincentius Mario
Dokter kecantikan dan YouTuber Richard Lee kembali diperiksa di Unit Cyber Crime Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan akses ilegal dan penghilangan barang bukti, Rabu (8/9/2021).
|
Editor: Andi Muttya Keteng Pangerang

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya menahan dokter Richard Lee terkait kasus dugaan akses ilegal dan penghilangan barang bukti pada Senin (27/12/2021).

Hal itu setelah berkas perkara YouTuber tersebut sudah dinyatakan P-21 alias lengkap sehingga tersangka serta barang bukti segera dilimpahkan dari kepolisian ke kejaksaan.

Kasus dugaan illegal access dan penghilangan barang bukti ini berbeda dengan laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilayangkan artis Kartika Putri kepada Richard Lee pada Desember 2020.

Baca juga: Istri Jenguk Richard Lee yang Ditahan karena Kasus Illegal Access

Sebab, berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, Richard Lee diduga mengakses akun Instagram serta menghilangkan barang bukti yang telah disita dan dijadikan barang bukti atas laporan Kartika Putri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Agustus 2021, Richard Lee ditangkap atas kasus tersebut. Namun ketika itu, ia tidak ditahan.

Empat bulan kemudian, tepatnya akhir Desember ini, polisi lalu melakukan penahanan terhadap Richard Lee terkait kasus yang sama.

Baca juga: Kuasa Hukum Bakal Ajukan Penangguhan Penahanan Richard Lee dengan Jaminan Pihak Keluarga

1. Tidak tahu

Richard Lee melalui kuasa hukuman, Razman Nasution, memberikan pembelaan atas penahanannya terkait kasus dugaan akses ilegal dan penghilangan barang bukti.

Razman Nasution mengeklaim, Richard Lee tidak tahu bahwa unggahan yang diunggah ke Facebook bakal dibagikan juga ke akun Instagram miliknya.

"Awal Agustus 2021, bahwa katanya, dia coba posting. Tapi, kemudian ter-posting sendiri, ter-upload sendiri dari Facebook ke Instagram," kata Razman Nasution saat ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Bantah Akses Ilegal, Richard Lee Sebut Tak Tahu Kontennya Terunggah ke Instagram

"Dalam konteks pemikiran dokter Richard yang tidak mengerti hukum, bahwa yang sudah disita, idealnya tidak bisa dibobol," ujar Razman melanjutkan.

Menurut Razman, Richard Lee tidak dengan sengaja mengakses akun Instagram miliknya yang sudah disita untuk dijadikan barang bukti.

"Tidak adanya unsur kesengajaan dari Dokter Richard Lee untuk membobol, menduplikasi, atau meng-hack Instagram yang sudah disita oleh Cyber Crime Polda Metro," kata Razman.

Baca juga: Richard Lee Bantah Akses Ilegal atau Hilangkan Barang Bukti, tapi...

2. Sudah merasa

Beberapa hari sebelum ditahan, Richard Lee rupanya sudah mendengar bahwa dia akan ditangkap. Ia sudah mempersiapkan video yang belakangan diunggah di YouTube oleh stafnya.

"Kalau video ini tayang, artinya saya sudah ditahan, saya enggak tahu pihak kejaksaan atau kepolisian. Saya buat video ini jauh sebelum itu, saya buat tanggal 19 Desember 2021," kata Richard sambil menunjukkan tanggal di ponselnya, dikutip Kompas.com dari kanal YouTube-nya, Selasa (28/12/2021).

Video itu diunggah di kanal Youtube Richard Lee pada Senin malam kemarin, setelah penangkapan.

Baca juga: Kecewa Richard Lee Ditahan, Dokter Tirta: Yang Kabur Karantina Aja Bisa Bebas

"Ini sangat menyakitkan. Saya dapat kabar bahwa dalam waktu dekat, satu dua hari dalam minggu ini akan ditangkap lagi dan ini lebih berat karena akan maju di persidangan. Dan ini benar-benar menyakiti hati saya dan keluarga saya," katanya.

3. Tidak ikhlas

Influencer kesehatan itu mengaku tidak ikhlas ditahan Polda Metro Jaya.

Dia mengeklaim, yang telah dilakukan tidak sepadan dengan apa yang didapat, yakni penahanan kasus dugaan akses ilegal dan penghilangan barang bukti.

Baca juga: Dokter Richard Lee: Demi Tuhan, Saya Tidak Ikhlas Dipenjara

"Benar-benar saya enggak ikhlas, benar-benar enggak sepadan apa yang saya kerjakan. Saya cuma pengin bantu orang banyak, saya cuma pengin selamatkan orang banyak," ujar Richard Lee.

Richard Lee merasa tidak bersalah karena yakin tidak berniat jahat dalam kasus dugaan ilegal akses dan penghilangan barang bukti.

Bahkan, Richard Lee menegaskan bahwa dia tidak pernah melakukan tindak pidana seperti yang dinilai pihak kepolisian.

Baca juga: Berujung Penahanan, Richard Lee Menyesal Pernah Review Produk Kecantikan

"Tapi saya yakin, apa yang saya kerjakan benar, saya yakin, saya tidak berniat jahat. Saya tidak melakukan satu pun tindakan pidana. Saya tidak melakukan satu pun tindakan pidana," ucap Richard Lee.

"Illegal access yang ditujukan kepada saya, saya hanya meng-upload dari Facebook dan secara otomatis, itupun juga di bawah arahan asisten saya, dan saya sudah menjelaskan itu apa adanya," lanjut Richard Lee.

4. Menyesal review produk

Richard Lee pun menduga penangkapannya ini adalah efek dari langkahnya yang kerap membuat konten edukasi terkait produk kecantikan abal-abal.

Baca juga: Berujung Penahanan, Richard Lee Menyesal Pernah Review Produk Kecantikan

Namun, ia menilai proses hukum yang harus dilaluinya ini tak sepadan dengan konten-konten edukasi yang ia buat.

"Kalau review saya berujung penangkapan, upaya saya bongkar semua ini berujung pada saya ditangkap, benar-benar enggak pantas,” ucap Richard Lee.

Ia menyesalkan niat baiknya ingin menyelamatkan banyak orang dari produk abal-abal justru kini berakhir tragis.

"Saya bahagia ketika orang makin banyak yang saya selamatkan, tapi kalau saya harus mengalami seperti ini, sumpah saya benar-benar menyesal telah melakukan hal itu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi