Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Perjalanan NOAH sampai Project Remastering Lagu-lagu Hit Peterpan

Baca di App
Lihat Foto
Tangkapan layar YouTube NOAH OFFICIAL
NOAH dalam remake video musik lagu Menghapus Jejakmu.
Penulis: Cynthia Lova
|
Editor: Andika Aditia

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara tentang NOAH memang tidak pernah ada habisnya. Dari awal kemunculannya dengan nama Peterpan, hingga kini berganti menjadi NOAH pun seolah tidak pernah pudar eksistensinya sampai saat ini.

NOAH adalah salah satu grup band yang tetap konsisten berkarya sampai saat ini. Terlebih, baru-baru ini band NOAH remastering hit-hit mereka terdahulu dengan nama album Second Chance.

Dari empat album, ada tiga album Second Chance yang sudah NOAH rilis yakni Taman Langit, Bintang di Surga dan Hari yang Cerah.

Lagu hit di tiga album tersebut baru-baru ini juga dibuatkan video klip yang menarik perhatian publik.

Lantas berikut fakta-fakta tentang NOAH yang perlu Anda ketahui. Kompas.com merangkumnya sebagai berikut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.Berawal dari Topi

Sebelum terkenal dengan nama NOAH, band yang digawangi Ariel, Lukman, David ini dikenal dengan nama Peterpan.

Baca juga: Cerita Ariel NOAH di Balik Kemunculan Reza dalam Remake Video Musik Menghapus Jejakmu

Namun, jauh sebelum Peterpan, band ini lebih dulu dikenal dengan nama Topi. Topi didirikan tahun 1997 yang dibentuk Andika, selaku keyboardis.

Kemudian, bertambah personelnya dengan adanya Afrian dan Uki sebagai gitaris.

Lalu Abel dan Ari sebagai drummer dan bassis. Kemudian Nazriel Irham atau Ariel yang diajak menjadi vokalis saat itu.

Setelah manggung di sejumlah acara, beberapa waktu kemudian Ari mengundurkan diri dan Topi akhirnya bubar.

2. Berubah jadi Peterpan

Pada tahun 2000, Andika kembali mengumpulkan personel Topi Band yang tersisa yaitu Ariel dan Uki.

Untuk memberi warna musik yang lebih dewasa dan lebih kaya melodi, maka diajaklah Lukman, Indra dan Reza untuk bergabung.

Baca juga: NOAH Gelar Konser Bintang di Surga hingga Bicara soal 3 Video Klip Remake

Lalu, pada 1 September 2000, Andika, Ariel, Uki, Reza, dan Lukman mengubah nama band tersebut menjadi Peterpan.

Nama Peterpan dibuat Andika yang saat itu diambil dari nama sebuah warung sate yang pernah dikunjunginya.

3. Andika dan Indra mundur

Nama Peterpan pun semakin populer pada tahun 2000-an. Lirik lagu yang puitis dan bertema cinta membuat Peterpan banyak disukai masyarakat. Terlebih suara dan kharismatik Ariel sebagai vokalis menjadi kekuatan utama Peterpan.

Mereka sukses merilis album Taman Langit dan Bintang Surga saat itu. Namun, di tengah kesuksesannya grup tersebut, pada 4 November 2006, Andika dan Indra resmi keluar dari Peterpan.

Dua mantan personel Peterpan ini akhirnya memutuskan membentuk grup musik bernama The Titans. Mundurnya Andika dan Indra saat itu menjadi berita hangat. Sebab Andika banyak berkontribusi dalam pembentukan band Peterpan kala itu.

Situasi sempat memanas usai Andika keluar saat itu. Sebab Andika maupun ibunya saat itu keberatan kalau teman-temannya menggunakan nama Peterpan untuk manggung.

4. David dan Lucky bergabung

Usai Andika dan Indra mundur, posisi keyboardist dan bass Peterpan diisi David dan Lucky. Dengan formasi baru pada Mei 2007, Peterpan merilis album keempat berjudul Hari yang Cerah.

Baca juga: Reza Eks NOAH Kembali Muncul di Video Klip Menghapus Jejakmu, Ariel Beri Penjelasan

Walau awalnya album tersebut disebut album terakhir mereka dengan nama Peterpan, ternyata pada tahun 2018 Peterpan kembali merilis album kompilasi bertajuk Sebuah Nama Sebuah Cerita.

Album tersebut adalah karya terakhir Peterpan.

5. Akhirnya NOAH terbetuk

Ariel dan personel lainnya kemudian mulai mencari nama pengganti bandnya.

Ada beberapa pilihan nama yang diusulkan, tetapi pada akhirnya tanggal 2 Agustus 2012, grup musik tersebut mengumumkan nama baru mereka, yaitu NOAH.

Menurut Ariel, NOAH berarti membuat nyaman, memberi ketenangan dan panjang umur. Mereka juga mengganti nama penggemarnya menjadi Sahabat NOAH.

Setelah berganti nama, grup ini merilis singel "Separuh Aku" yang kala itu melejit di pasaran usai Ariel comeback setelah menjalani hukuman di penjara atas kasus penyebaran video asusila.

Ada lima personel NOAH saat itu, yakni Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David.

Baca juga: Ariel Noah Ceritakan Kisah di Balik Remake Lagu Menghapus Jejakmu

Sementara, Lucky tak bergabung kembali dengan NOAH karena dianggap belum cocok mengisi bass.

6. Konser 2 Benua 5 Negara

Setelah NOAH berkibar, lima personel, yakni Ariel, Uki, Lukman, David, dan Reza melakukan langkah besar dengan menggelar konser 2 Benua 5 Negara pada tahun 2012.

Konser 2 Benua 5 Negara itu disebut juga konser Born to Make History.

Konser tersebut digelar pada September 2012. Dimulai pada tengah malam 15 September 2012 di Australia, kemudian dilanjutkan pada 16 September di Hongkong, Kuala Lumpur, Malaysia, Singapura dan puncaknya di Jakarta, Indonesia.

Berkat kerja sama tim, konser tersebut akhirnya sukses dijalankan. Sebab NOAH memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai grup musik Indonesia pertama yang menyelenggarakan konser di lima negara dalam satu hari.

7. Reza dan Uki mundur

Setelah bendera NOAH mulai berkibar, tiba-tiba saja Reza (drummer NOAH) memutuskan untuk keluar pada tahun 2015.

Baca juga: Gelar Konser Bintang di Surga, NOAH Tak Sabar Sapa Penggemarnya di Yogyakarta

Reza memutuskan untuk keluar dari NOAH karena akan menimba ilmu saat itu di Pakistan. Karena alasan hijrah, Reza keluar dari NOAH.

Menyusul Reza mundur, Uki selaku gitaris pun juga memutuskan mundur dari NOAH pada tahun 2019.

Higga akhirnya grup band NOAH hanya beranggotakan Ariel, Lukman dan David.

8. Remastering lagu-lagu hit Peterpan terdahulu

Jauh sebelum dua personel NOAH itu ke luar ternyata mereka masih ada project untuk remake lagu-lagu yang pernah mereka bawakan saat masih bernama Peterpan.

Hal tersebut diungkap Ariel baru-baru ini dalam jumpa pers virtual.

Ariel mengatakan, project remastering lagu-lagu mereka terdahulu memang sudah dikerjakan NOAH sejak tahun 2015. Lagu-lagu yang mereka aransemen tersebut disatukan menjadi album Second Chance.

"Nah pada tahun itu memang semuanya masih lengkap tuh, memang masih ada Reza dan Uki. Kalau enggak salah dalam beberapa bulan kita bisa semua (aransemen) musiknya. Sudah hampir jadi semuanya," kata Ariel.

Baca juga: Tiga Video Musik NOAH yang Di-remake Masuk Jajaran Trending, Ariel: Satu Tim Senang

Namun, album Second Chance itu tidak segera diluncurkan saat masih ada Reza dan Uki lantaran masih ada beberapa proyek yang harus mereka dahulukan untuk digarap.

9. Masuk jajaran trending remasting lagunya

Akhirnya, satu per satu lagu dalam rangkaian album Second Chance NOAH dirilis. Dimulai dari album Taman Langit dengan singel "Yang Terdalam" yang dirilis NOAH pada 17 Desember 2021 lalu.

NOAH juga menyajikan video klip "Yang Terdalam" di saat yang bersamaan. Cukup menjadi perhatian publik karena ada sosok Iqbaal Ramadhan yang menjadi model video klip rilisan tahun 2003 itu.

Setelah video klip "Yang Terdalam" mencuri perhatian, ada juga album Bintang di Surga dengan lagu "Bintang di Surga" yang juga dirilis dan dibuatkan video klip. Video klip itu juga menjadi sorotan karena diperankan Anya Geraldine dan Jefri Nichol.

Kemudian, NOAH juga merilis album Hari yang Cerah dengan lagu "Menghapus Jejakmu" yang juga dibuatkan video klip.

Kehadiran Reza Eks NOAH di video klip "Menghapus Jejakmu" sukses membuat penggemarnya bernostalgia. Lalu, kehadiran Vanesha Prescillia dan Angga Yunanda juga menjadi perhatian publik.

Baca juga: Tiga Video Musik NOAH yang Di-remake Masuk Jajaran Trending, Ariel: Satu Tim Senang

Kejutan-kejutan tersebut membuat tiga lagu remastering yang dibuatkan video klip oleh NOAH berhasil masuk jajaran trending. Hal itu membuat NOAH sangat senang.

Ia bersyukur jerih payah yang sudah disiapkan dari beberapa tahun lalu oleh NOAH kini tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

“Karena kalau kami hanya launching lagunya saja, orang mungkin enggak tercapai semudah itu. Karena kan yang lebih mudah sekarang visual, jadi kita sekarang bikin rencana tentang video klipnya, hope-nya apa, trust-nya apa," ungkap Ariel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi