Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Duduk Perkara Jerinx SID Ancam Adam Deni, Kini Menunggu Tuntutan dari Jaksa

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS
Terdakwa kasus pengancaman ke Adam Deni, drummer SID, Jerinx (I Gede Ari Astina) di PN Jakarta Pusat, Rabu (16/2/2022) saat sidang tuntutan ditunda.
|
Editor: Andika Aditia

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa Jerinx SID sebentar lagi bakal menghadapi tuntutan dari jaksa atas kasus dugaan pengancaman disertai kekerasan terhadap Adam Deni.

Ya, Adam Deni merupakan pemuda yang melaporkan Jerinx ke Polda Metro Jaya dan berhasil menyeret penabuh drum SID itu ke meja hijau.

Selama proses persidangan, banyak fakta baru terungkap dari saksi-saksi yang dihadirkan oleh masing-masing pihak, baik jaksa maupun Jerinx SID.

Terlepas dari itu, apakah sahabat Kompas.com tahu perseteruan awal antara Adam Deni dan Jerinx?

Semua itu berawal ketika Adam Deni beberapa kali berkomentar di akun Instagram Jerinx. Dia meminta bukti daftar artis Tanah Air yang menerima endorse untuk mengaku positif Covid-19.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Siap dengan Tuntutan Hukum Kasus Adam Deni, Jerinx: Saya Diajarkan Jadi Kesatria

"Orang itu balasannya, 'Sana, tanya Raffi dan istri, Blok'. Gue langsung bingung, gue tanya sopan tapi dibalasnya 'blok'. Kalau 'blok', anak sekarang tahu itu apa, berarti goblok," ucap Adam Deni seperti dikutip Kompa.com dari kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, Senin (12/7/2021).

Sebagai informasi, Jerinx merupakan salah satu figur publik yang vokal dan dianggap bertentangan dengan orang yang mengumumkan positif Covid-19.

Pada Jumat, 2 Juli 2021, akun Instagram Jerinx mendadak hilang. Istrinya, Nora Alexandra, mengumumkan akun @jrxsid terkena banned atau dinonaktifkan oleh Instagram.

Sebelum akun tersebut hilang, drummer Superman Is Dead (SID) itu sempat berseteru dengan gitaris DeadSquad, Stevi Item, mengenai pandangan soal pandemi Covid-19.

Tudingan dan ancaman

Berangkat dari sepengetahuannya bahwa Adam Deni memiliki ilmu dasar Information Technology (IT) dan sempat berkomentar, Jerinx menuduh pria kelahiran Desember 1995 itu sebagai dalang di balik akun @jrxsid yang mendadak hilang.

Baca juga: Sidang Tuntutan Ditunda, Jerinx Berharap Jaksa Bisa Lebih Bijaksana

Melalui sambungan telepon yang telah ia rekam, Adam Deni mengaku dihina, dimaki-maki, hingga menerima ancaman dari Jerinx.

Sementara Adam Deni berani bersumpah bahwa ia bukanlah orang atau dalang di balik menghilangnya akun Instagram Jerinx.

"Di situ gue enggak tahu ternyata akun Bli ini hilang. Pas dia telepon, (bicara soal) hilangnya akun, telepon mati, gue langsung cek. (Ternyata) Benar hilang," kata Adam Deni.

Adam Deni kemudian membuat pengakuan melalui unggahan Instagram-nya bahwa ia menerima ancaman hingga makian dari Jerinx.

Minta maaf

Selanjutnya, Jerinx kembali menelpon untuk meminta maaf atas makian yang ia lontarkan kepada Adam Deni.

Baca juga: Penjelasan Eks Kuasa Hukum Adam Deni soal Uang Damai Rp 15 Miliar dan Tawaran Tanah di Bali dari Jerinx

Hal ini ia sampaikan melalui unggahan Instagram selanjutnya pada hari yang sama. Adam menyebut Jerinx telah meminta maaf melalui sambungan telepon.

Dari kolom komentar unggahan tersebut, Nora Alexandra membenarkan Jerinx telah meminta maaf.

Nora juga turut menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya yang diterima Adam Deni.

Beberapa waktu kemudian, Nora Alexandra menghubungi Adam Deni untuk meminta agar permasalahan ini jangan sampai dibawa ke ranah hukum.

"Istrinya Bli ini curhat ke saya, 'Dam, tolong jangan diperpanjang'. Terus saya (sempat) mempertimbangkan karena keselamatan dan kesehatan istrinya," ungkap Adam Deni..

Mediasi

Setelah berkonsultasi dengan kuasa hukumnya, Machi Achmad, Adam Deni akhirnya menghubungi Nora Alexandra dengan maksud ingin berdamai dengan Jerinx.

Baca juga: Penjelasan Eks Kuasa Hukum Adam Deni soal Uang Damai Rp 15 Miliar dan Tawaran Tanah di Bali dari Jerinx

Kendati demikian, dia menawarkan persyaratan yang menurutnya tidak neko-neko karena bisa membuat pengakuan melalui unggahan Instagram.

"Gue bikin statement (tidak akan laporkan Jerinx). Mereka berdua atau Bli ini bikin statement untuk meminta maaf kepada masyarakat karena sudah membuat pandemi ini semakin runyam dengan statement-nya," kata Adam Deni.

Gagal damai

Permintaan tersebut rupanya tidak diindahkan oleh Jerinx. Adam Deni mengaku kembali mendapatkan makian hingga direndahkan.

"Saya direndahkan lagi. Saya dibilang, 'kamu bukan siapa-siapa. Kamu ngapain suruh seperti itu?'," ujar Adam Deni menirukan perkataan Jerinx.

"Akhirnya ada statement, 'kita tanding hukum'. Ya ada statement dari suami, 'kita tanding hukum'," ucap Adam Deni melanjutkan.

Baca juga: Jelang Sidang Tuntutan Dugaan Pengancaman kepada Adam Deni, Jerinx: Main Catur Aja Tiap Malam

Oleh karena itu, Adam Deni memutus komunikasi dan tidak melanjutkan perdamaian dengan pihak Jerinx.

Laporan

Adam Deni menyambangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya pada Sabtu 10 Juli 2021.

Dia melaporkan Jerinx atas kasus dugaan perbuatan disertai ancaman dan atau pengancaman melalui media elektronik.

Adam Deni menyangkakan Jerinx melanggar Pasal 335 KUHP dan atau Pasal 29 juncto Pasal 45b Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 Perubahan Atas Undang Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

Baca juga: Hari Ini, Jerinx Akan Hadapi Sidang Tuntutan Kasus Dugaan Pengancaman ke Adam Deni

"Gue enggak akan mencabut laporan dengan alasan apa pun," tegas Adam Deni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi