Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Fans SID Gelar Aksi Damai, Tuntut Jerinx Bebas dan Bagikan 500 Nasi Kotak di Jalan

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO
Beberapa fans SID yang biasa disebut Outsider terlihat berkumpul di sekitar gedung Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa (22/2/2022). Mereka membawa beberapa poster, menuntut Jerinx bebas hingga tangkap Adam Deni.
|
Editor: Andi Muttya Keteng Pangerang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah fans grup band Superman is Dead atau SID yang biasa disebut Outsider, mengadakan aksi damai di sekitar jalan depan gedung Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa (22/2/2022).

Aksi tersebut digelar sekitar pukul 12.30 WIB dengan melibatkan lebih dari 30 Outsiders.

Para Outsiders yang hadir kebanyakan mengenakan kaus berwarna hitam dengan masker bertuliskan "Bebaskan JRX".

Baca juga: Hari Ini, Fans SID Gelar Aksi Damai untuk Dukung Jerinx di PN Jakarta Pusat

Mereka membawa beberapa poster berukuran kecil dan besar yang berisikan beberapa tuntutan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah poster diketahui menunjukkan sosok Jerinx dalam bentuk animasi ditemani tulisan "aksi solidaritas bersama JRX SID #bebaskanjrxsid".

Selain itu, sebuah poster lain menunjukkan foto diuga Adam Deni yang sedang mengacungkan jari tengahnya ke arah foto Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Hari Ini, Jerinx Jalani Sidang Pleidoi Kasus Dugaan Pengancaman terhadap Adam Deni

Sementara itu, menurut Echa Harahap, koordinator Outsiders, aksi tersebut mereka lakukan untuk meneruskan kebiasaan Jerinx di Bali, yakni membagi-bagikan makanan kepada para pengguna jalan di masa pandemi Covid-19.

"Saya dan teman-teman Outsiders di sini hanya meneruskan apa yang dilakukan Bli Jerinx, apa yang dia lakukan di Bali dari awal Covid, yaitu selalu membagikan pangan ke warga Bali. Nah, kami teruskan ini ke Jakarta," kata Echa saat ditemui di PN Jakarta Pusat, Selasa.

Echa menambahkan, aksi tersebut mereka lakukan guna membantah klaim Adam Deni bahwa fans SID bar-bar dan menakutkan.

Baca juga: Tanggapan Nora Alexander soal Tuntutan Jerinx, Syok dan Sedih Kembali Berpisah

"Karena Adam Deni ini selalu bilang dia takut dengan pengikut dan kawan Jerinx yang seram. Padahal itu tidak sama sekali," ujar Echa.

"Outsiders dan kawan-kawannya, kami tidak pernah ada niat seperti itu sedikitpun, tidak ada. Kami buktikan hari ini semua," ucap Echa.

Rencananya, aksi damai tersebut juga akan berlangsung pada sidang putusan Jerinx yang dijadwalkan pada Kamis (24/2/2022).

Baca juga: Jerinx Dituntut 2 Tahun Penjara, Terkejut tetapi Siap Mental

"Aksi damai aja, bagi-bagi makanan dan masker. Ada 500 kotak nasi, mudah-mudahan Kamis akan kami bagi-bagi lagi," ujar Echa.

Sementara itu, Jerinx kembali menjalani sidang lanjutan kasus dugaan pengancaman terhadap Adam Deni di PN Jakarta Pusat, Selasa, pukul 14.00 WIB.

Suami Nora Alexandra itu diketahui telah dituntut dua tahun penjara dengan denda Rp 50 juta subsider dua bulan oleh jaksa atas kasus pengancaman. 

Baca juga: [POPULER HYPE] Jerinx Dituntut 2 Tahun Penjara | Perjalanan Karier Zul Zivilia

Merasa tidak puas akan tuntutan tersebut, hari ini Jerinx dan tim kuasa hukum akan mengajukan nota pembelaan atau pleidoi.

Sebelumnya, Jerinx sendiri telah didakwa dengan Pasal 27 Ayat 4 juncto Pasal 45 Ayat 4 atau Pasal 29 juncto Pasal 45B Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomer 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi