Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Steno Ricardo Beberkan Proses Cerai dari Mawar AFI, Ucap Talak pada Agustus 2021

Baca di App
Lihat Foto
Instagram @mysamawar
Steno Ricardo dan Mawar AFI
|
Editor: Fitri Nursaniyah

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membantah tudingan berselingkuh dari Mawar AFI, Steno Ricardo beberkan proses cerai dari mantan istrinya itu.

Melalui unggahan di Instagramnya, Steno ceritakan alasan serta kronologi cerai dari talak satu hingga resmi berpisah pada Januari 2022.

Sempat membantah berselingkuh dari Mawar AFI, Steno menjelaskan bahwa perceraiannya dengan mantan istrinya dilatarbelakangi oleh hubungan mereka yang tidak baik selama beberapa tahun terakhir.

Kata Steno, Mawar AFI sering mengeluh tidak hidup bahagia bersamanya.

Baca juga: Kuasa Hukum Steno Ricardo Laporkan Mawar AFI ke Polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya tidak menyalahkan sepenuhnya mantan isteri saya atas ini. Dia sering bilang hidupnya tidak bahagia dengan saya. Namanya perceraian pasti kedua belah pihak punya kesalahan. Apapun kesalahannya, baik dari mantan isteri maupun saya, sebagai mantan suami saya tidak mau mmebukanya di sini," tulis Steno dikutip Kompas.com dari Instagram @stenoricardo, Sabtu (26/2/2022).

Steno pertama kali mengucap talak pada 31 Agustus 2021.

Menurut pengakuan Steno, talak diucap setelah Mawar AFI berulang kali meminta cerai.

"Saya mengucap talaq pada tanggal 31 Agustus 2021, alasan utama memang mantan isteri saya yang berkali2 minta cerai," tulisnya.

Baca juga: Bantahan Steno Ricardo Paksa Mawar AFI Teken Surat Pernyataan Selingkuh, Benarkan Pula Pernikahan dengan Baby Sitter

Steno mengaku sempat minta rujuk, namun Mawar AFI mantap minta cerai. Usaha keduanya mempertahankan pernikahan disebut tidak menghasilkan titik temu.

Steno pun menunjuk seorang pengacara untuk membantu proses cerainya dari Mawar AFI.

"Lawyer saya sebenarnya buka untuk saya saja, namun untuk membantu kedua pihak dalam proses yang tidak menyenangkan ini," tulis Steno.

Kata Steno, dia dan Mawar AFI membuat surat kesepakatan hak asuh bersama yang ditandatangani tanpa paksaan.

Baca juga: [POPULER HYPE] Adam Deni Minta Maaf ke Ahmad Sahroni | Mantan Suami Mawar AFI Nikahi Baby Sitter

"Kami merevisi sampai lebih dari 5 kali surat kesepakatan hak asuh bersama, tujuannya agar anak2 kami bisa bertumbuh bersama kedua orang tua kandungnya," tulis Steno.

"Kesepakatan tersebut kami tandatangani tanpa paksaan dan mantan isteri saya juga mengetahui proses revisi tersebut," imbuhnya.

Steno Ricardo dan Mawar AFI resmi bercerai di Pengadilan Agama (PA) Depok, Jawa Barat. Akta cerai terbit pada 11 Januari 2022.

Sebagai informasi, kabar perceraian Mawar AFI dengan Steno Ricardo jadi santapan publik usai mencuat isu Steno berselingkuh dengan baby sitter anak-anaknya.

Baca juga: Kuasa Hukum Steno Ricardo Sebut Ada Indikasi Perselingkuhan Mawar AFI

Tudingan itu dibantah Steno yang saat ini sudah menikah dengan baby sitter tersebut.

Pihak kuasa hukum Steno, Marganda H Hutagulung, lalu membenarkan bahwa Mawa AFI lah yang terindikasi melakukan perselingkuhan.

Hal itu pun ditanggapi Mawar AFI lewat kolom komentar di Instagram. Ia mengaku dipaksa dan diancam menandatangani surat yang menyatakan bahwa dia berselingkuh.

"Surat yg menerangkan saya selingkuh dibuat mantan suami saya dan sy diminta ttd dengan paksaan dan ancaman bahwa sy akan kehilangan anak2 sy, begitupun dgn keterangan perselingkuhan di agenda cerai," tulis Mawar membalas pertanyaan netizen di kolom komentar Instagram.

“Itu pure karangan Steno dan kuasa hukumnya alasannya agar proses cerai cepat selesai. Karena kalau tidak ada masalah pelik gimana hakim bisa memutus cerai? Saya punya bukti kuat mengenai ini,” tulis Mawar AFI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi