Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Angelina Sondakh Menanti Kebebasan dan Trauma Bahas Politik

Baca di App
Lihat Foto
TRIBUNNEWS / HERUDIN
Angelina Sondakh memberikan kesaksian pada sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, dengan terdakwa Muhammad Nazaruddin, Rabu (6/1/2016).
|
Editor: Tri Susanto Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis dan politikus Angelina Sondakh tengah menanti kebebasannya atas kasus korupsi.

Saat ini Angelina Sondakh tengah mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Sekadar informasi, Angelina Sondakh menjadi tahanan KPK pada 2012 lalu. Angie tersangkut kasus anggaran di Kementrian Pemuda dan Olahraga dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: Kerinduan Angelina Sondakh pada Keanu yang Ditinggalkan Saat Berusia 2 Tahun

Angie terbukti menerima suap sebesar Rp 2,5 miliar dan USD 1,2 juta.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Sondakh awalnya divonis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dengan hukuman 4,5 tahun penjara serta denda sebesar Rp 250 juta.

Saat upaya hukum kasasi, Mahkamah Agung (MA) justru memperberat hukuman Angelina Sondakh dengan vonis 12 tahun penjara serta denda Rp 500 juta.

Baca juga: Rencana Angelina Sondakh Setelah Bebas Usai Dipenjara 10 Tahun

Namun saat itu, Angelina Sondakh mengajukan Peninjauan Kembali (PK). Sampai akhirnya Mahkamah Agung mengurangi hukuman terhadap Angelina Sondakh menjadi 10 tahun penjara serta denda Rp 500 juta subsider 6 bulan penjara.

Kompas.com merangkum pernyataan kuasa hukum Angelina Sondakh, Krisna Murti terkait menjelang bebas.

1. Bebas pekan depan

Krisna Murti mengatakan, Angelina Sondakh rencananya akan bebas pekan depan setelah 10 tahun menjalani hukuman penjara atas kasus korupsi.

Krisna memastikan proses administrasi Angelina Sondakh sudah rampung.

Baca juga: Angelina Sondakh Trauma Dengar Dunia Politik

“Dalam waktu dekat ini akan Insha Allah paling lambat minggu depan ya (bebas). Secara pengurusan administrasinya sudah beres semua berjalan lancar,” kata Krisna Murti saat dihubungi kepada Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Seharusnya Angie, sapaan akrab Angelina Sondakh bisa bebas pada bulan sebelumnya. Namun karena tak sanggup membayar denda membuat Angie harus lebih lama mendekam di penjara.

2. Tidak bisa tidur jelang bebas

Jelang bebas pada pekan depan, Krisna Murti mengatakan bahwa Angie tak bisa tidur. Perasaan Angie juga campur aduk.

“Pikirannya bercampur aduk, sulit tidur,” ujar Krisna.

Baca juga: Jelang Bebas Setelah 10 Tahun Dipenjara, Angelina Sondakh Sulit Tidur

Meski begitu, Krisna memastikan kondisi fisik Angie baik-baik saja.

“Kabarnya oke-oke saja. Artinya kalau secara fisik apa pun beliau mantan Ratu Indonesia, pasti terlihat cantiklah, aura kecantikannya tuh tetap masih ada, enggak pudar,” tutur Krisna.

3. Kerinduan terhadap anak

Selain itu, Angelina Sondakh juga mengaku rindu dengan putranya, Keanu Jabaar Massaid. Apalagi, dia meninggalkan Keanu saat berusia dua tahun.

Hal itu diungkap oleh Krisna Murti.

“Pastilah (rindu), ketika Keanu ditinggal mamanya kan, Keanu masih berumur 2 atau 3 tahun, sekarang Keanu sudah 13 tahun. Pasti rindu banget,” ungkap Krisna.

Baca juga: Angelina Sondakh Bebas Minggu Depan

Sayangnya, kata Krisna, tak ada penjemputan khusus dari Keanu. Krisna memastikan bahwa Angelina Sondakh melarang putranya menjemput lantaran covid-19 yang tengah melonjak.

“Tadinya kami ada mau penjemputan khusus, Keanu, opa dan oma tapi dua minggu atau 3 minggu lalu saya ada ke tempat Mba Angie, menandatangani ada administrasi yang mesti ditanda tangani surat-suratnya. Saya tanya ini gimana, dia (Angie) bilang ‘Mas sampaikan ke Keanu, Opa dan Oma enggak usah dijemput’, kenapa?, ‘takutlah, Mas, omicron lagi tinggi’” tutur Krisna Murti.

4. Trauma bahas soal politik

Angelina Sondakh memastikan tak akan kembali ke dunia politik. Mendengarnya saja, Angie langsung tak mau dan lebih memilih membahas yang lain.

“Dia (Angie) berkecimpung dalam dunia politik saat itu, lalu menjadi tokoh yang cukup penting di salah satu partai dan mewarnai fenomena politik di Indonesia,” ungkap Krisna Murti.

Baca juga: Hubungan Baik Reza Artamevia dengan Angelina Sondakh, Bekerja Sama Besarkan Anak

“Saya tanya apakah mau kembali ke politik, dia bilang, ‘Mas Krisna bisa enggak ngomong yang lain, jangan ngomong politik’, kenapa?, ‘saya trauma terhadap politik’, saya enggak mau lagi ke dunia politik,” tambah Krisna sembari meniru percakapannya dengan Angie.

5. Rencana ke depan

Setelah bebas nanti, Angelina Sondakh rupanya akan fokus bersama keluarga terutama anak. Sejauh ini belum ada rencana dari Angie, termasuk kembali ke dunia hiburan.

“Belum punya rencana apa-apa, yang pasti dia mau minta maaf sama opa oma lalu ingin bersama-sama dengan Keanu,” tutur Krisna.

Selain itu, Angelina Sondakh juga akan berziarah ke makam Adjie Massaid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi